Media Info Belajar

Thursday, July 21, 2016

Inilah Tes yang Mesti Dipersiapkan untuk Bisa Lolos dalam Seleksi Masuk Sekolah Tinggi Kedinasan

Setelah lulus SMA, melanjutkan ke perguruan tinggi kedinasan menjadi salah satu tujuan yang difavoritkan oleh sebagian besar siswa. Selain dengan biaya yang relatif lebih murah karena umumnya disubsidi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sekolah kedinasan juga banyak yang memberikan kesempatan lulusannya untuk diangkat langsung menjadi pegawai negeri sipil dalam suatu instansi. 
Di Indonesia, beberapa perguruan tinggi kedinasan yang sangat banyak peminatnya diantaranya adalah Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Sekolah Tinggi Sandi Negara (Lemsaneg), Sekolah Penjaga Lapas dan Imigrasi (Kementerian Hukum dan HAM), Politeknik Keuangan Negara STAN (Kementerian Keuangan), sekolah Pengamat Gunung Berapi (BMKG), dan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) (Kemendagri).
Ilustrasi foto : PKN STAN

Namun, bagi adik- adik SMA yang bermaksud melanjutkan ke sekolah tinggi kedinasan,  untuk bisa masuk ke sekolah tinggi kedinasan tersebut tentunya bukanlah hal yang mudah. Ketatnya persaingan para pendaftar serta rangkaian ujian yang bisa dibilang sulit dari kebanyakan ujian pada umumnya membuat masuk ke sekolah tinggi kedinasan menjadi sebuah kesulitan bagi pendaftarnya. 
Tentu saja lolos dalam seleksi bukanlah hal yang tidak mungkin lagi bila jauh- jauh hari sudah mengetahui pola dan persiapan apa yang mesti dilakukan. Sebagian besar siswa yang lolos dalam seleksi memang sudah mempersiapkan ujian seleksi masuk lama sebelum pelaksanaan, bahkan ketika mereka masih bersekolah di SMA.
Nah, bagi adik- adik yang saat ini masih bersekolah di SMA dan  bercita- cita ingin masuk ke sekolah kedinasan, tidak ada salahnya saat ini mengetahui tentang apa saja sih yang sebenarnya tes yang harus dihadapi dan dipersiapkan untuk bisa lolos dan keterima di sekolah tinggi kedinasan. 
Dan berikut persiapan beberapa tes atau ujian seleksi masuk sekolah kedinasan
 
1. Tes Administrasi
Dalam tes administrasi, mungkin bisa dilengkapi menjelang pelaksanaan pendaftaran, namun tidak ada salahnya tahu apa yang dipersiapkan dalam tes administrasi tersebut. Usahakanlah nilai rata-rata adik- adik diatas  7,0. Oleh karena itu, sebelum terlambat, belajarlah lebih rajin dan giat lagi. Selain nilai, syarat yang lain adalah usia yaitu minimal 17 tahun dan maksimal 20 tahun per tanggal 1 Desember 2016. Kemudian  lengkapi dengan Fotocopy KTP, Fotocopy Akte kelahiran, Fotocopy Ijazah / STTB (legalisir), Surat Keterangan Berbadan Sehat, Surat Pernyataan belum pernah menikah, Pasfoto, dan tidak cacat badan, bebas dari narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya.

2. Tes Kesehatan
Lakukan pemeriksaan kesehatan berupa tes mata, buta warna, gigi dan mulut, tekanan darah, rontgen paru-paru, detak jantung, tinggi dan berat badan. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada penyakit-penyakit yang dapat menggugurka saat tes kesehatan

3. Tes Kesamaptaan
Tes kesamaptaan menuntut kemampuan fisik adik- adik, maka rajinlah berolahraga, tidak merokok dan kurangi atau hilangkan mengkonsumsi minuman suplemen penambah energi

4. Tes Psikotest
Tes psikotest biasanya mudah tetapi sulit, maka sebelum tes, pelajarilah materi tes psikotest dengan banyaknya latihan.

5. Tes Wawancara
Tes wawancara biasanya dilakukan bila tes sebelumnya lolos. gambaran dalam tes wawancara ini adalah pertanyaan seputar sekolah kedinasan yang akan dimasuki. Keterampilan dalam wawancara akan membuat adik- adik lolos dalam tahapan tes ini. Banyaklah berlatih dalam berbicara yang baik dan sopan, banyak baca buku untuk memperluas wawasan.

6. Tes Akademis
Tes akaademis akan menguji adik- adik dalam kemampuan uji akademik. hal yang tepat dilakukan adalah dengan mempelajari materi dan contoh soal dari tahun-tahun sebelumnya, umumnya mereka mempunyai pola yang sama, soal sejenis akan diujikan kembali. Perlu diingat bahwa materi yang muncul dalam soal- soal tes akademis bisa berbeda dengan materi yang pernah diajarkan di sekolah, maka lebih baiknya berlatihlah mulai dari sekarang untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Demikian beberapa tes yang mesti dipersiapkan untuk bisa lolos dalam seleksi masuk sekolah kedinasan. Tentunya setiap sekolah tinggi kedinasan mempunyai tes yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, namun tidak ada salahnya mengetahui jenis tes apa yang diujikan secara umum pada seleksi sekolah tinggi kedinasan. Semoga bermanfaat.