Media Info Belajar

Tuesday, September 13, 2016

Cara Mudah Belajar dan Mengingat Kosakata Baru dalam Bahasa Inggris dengan Delapan Cara Ini

Bahasa Inggris saat ini sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan kita, baik dalam pekerjaan, sekolah, pengajuan beasiswa, maupun dalam hal yang lainnya. Sebagai bahasa kedua setelah bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dipandang sebagai bahasa yang sangat sulit untuk dikuasai. Beberapa orang berpendapat bahwa bahasa Inggris terlalu kompleks untuk dipelajari dan yang lain mengalami kesulitan dalam penguasaan kosakata yang ada di dalamnya. Berbicara mengenai penguasaan kosakata dalam bahasa Inggris, hal ini merupakan bagian yang penting dalam proses pembelajarannya. Namun dalam penerapannya, menguasai kosakata bukanlah hal yang mudah apalagi kosakata tersebut masih terbilang baru. 
gambar Ilustrasi
Menyikapi hal ini, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu anda dalam belajar dan mengingat kosakata  baru dalam Bahasa Inggris dengan mudah.

1. Membaca
Membaca merupakan cara yang terbaik dalam belajar dan mengingat kosakata baru dalam bahasa Inggris. Dalam membaca, anda bisa memilih bahan bacaan yang sesuai dengan minat baca anda misalkan komik, majalah, artikel website atau apapun yang anda suka. Keuntungan dari aktivitas membaca adalah kita bisa mendapatkan kosakata baru dan mendapatkan informasi dari apa yang telah kita baca. 

2. Memahami Konteks
Memahami konteks membantu anda memahami saat sebuah kata digunakan secara tepat dalam konteksnya. Dalam hal ini membaca adalah hal yang sangat penting, karena bacaan akan memberikan anda kata yang tepat yang sesuai dengan konteksnya. Tentunya hal ini akan membantu anda memahami makna dan penggunaan kata yang tepat dalam kalimat. 

3. Menulis kosakata
Dalam aktivitas membaca, mendengarkan musik, atau menonton film anda pasti akan menemukan kosakata baru yang anda belum tahu arti dan maknanya. Tuliskan kosakata tersebut dengan pensil atau pen dalam sebuah buku catatan yang bisa anda bawa kemanapun. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat mudah dilakukan untuk meningkatkan kekayaan vocabulary anda. 

4. Mengucap Keras
Mengucapkan kata dengan keras dan menggerakkan mulut akan membuat koneksi dengan sistem otak anda. Dengan berbicara anda akan lebih mudah dalam mengingat kata- kata dalam bahasa Inggris. Saat ini, anda bisa  menggunakan kamera , ponsel atau webcam untuk merekam diri anda berlatih kosa kata baru.

5. Membuat Kalimat
Membuat kalimat akan membantu anda dalam menerapkan beberapa kosakata yang sudah anda pelajari sebelumnya. Menggunakan kosakata dalam sebuah kalimat akan mempermudah dalam menghafal kosakata. Buatlah kalimat sederhana terlebih dahulu dengan satu kata kerja dalam berbagai konteks dan tenses yang berbeda.

6. Mempelajari Turunan Kata
Dalam bahasa Inggris, anda akan menemukan turunan kata atau yang biasa disebut dengan derivatives. Kata seperti beauty, beautiful, beautify, beautifully adalah beberapa kata yang saling berhubungan satu sama lain. Kita bisa menggunakan bantuan kamus, aplikasi smartphone, atau internet untuk memahami beberapa turunan kata.  

7. Membuat Flashcards
Membuat Flashcards adalah cara yang populer untuk belajar kata-kata baru. Anda bisa membuat Flashcards dan menempatkannya ditempat- tempat tertentu agar anda bisa melihat dan membacanya secara rutin. Dengan seringnya melihat dan membaca kosakata yang sudah kita buat dalam bentuk Flashcards, maka secara tidak langsung kosakata kita akan bertambah.

8. Bermain Game
Cara ini merupakan cara yang sangat menyenangkan, namun lebih membutuhkan penguasaan kosakata yang agak banyak. Anda bisa bermain game seperti Scrabble untuk mengasah dan melatih penguasaan kosakata yang sudah anda pelajari sebelumnya.

Demikian beberapa tips tentang cara mudah belajar dan mengingat kosakata baru dalam Bahasa Inggris. Semoga tulisan ini bisa membantu anda yang sedang berusaha untuk menguasai kosakata dalam bahasa Inggris. Bila ada pertanyaan, saran mengenai tulisan diatas, sudilah kiranya untuk mengisikannya di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.