Tuesday, October 18, 2016

Lima Website Penting untuk Belajar Listening Bahasa Inggris Melalui "Audio Stories" dan "Audio Books"

Halo sahabat Ahzaa semuanya bagaimana kabarnya? Sudah hampir sebulan nih, admin tidak memposting artikel baru. Sahabat Ahzaa, pada kesempatan ini saya akan berbagi hal menarik dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk mengasah skill listening melalui "audio stories" dan "audio books". 
Ilustrasi gambar
Dalam pembelajaran bahasa Inggris, listening merupakan salah satu keterampilan yang wajib dikuasai untuk menunjang keberhasilan dari keterampilan bahasa Inggris yang lainnya. 
Sebenarnya ada berbagai macam trik dan cara yang bisa dikembangkan untuk mengasah skill ini misalnya dengan lagu, film atau melalui mendengarkan cerita dalam bahasa Inggris misalnya dengan audio books atau audio stories
Nah, berkaitan dengan pembelajaran listening melalui audio stories dan audio books, melalui artikel ini saya akan menyampaikan beberapa website penting yang bisa digunakan sebagai medianya. Oke, langsung saja berikut lima website yang menyediakan "audio stories" dan "audio books" untuk bisa diakses dalam pembelajaran listening anda.

1. Storynory
Stroynory merupakan salah satu website penyedia storybooks terbaik. Ada berbagai macam audio stories yang disediakan dalam website ini seperti original stories, fairytales stories, classic audio books, educational stories, myths and world stories dan masih banyak lagi. Selain bisa diperdengarkan secara langsung, Audio Stories dalam website ini juga bisa di download secara gratis melalui Android, IOS iPhone, iPad, Microsoft Windows maupun iTunes.  Website ini bisa diakses melalui http://www.storynory.com.

2. MeeGenius
MeeGenius adalah salah satu website penyedia audio books dan audio stories yang mesti dicoba. Melalui website ini disediakan berbagai audio stories yang menarik untuk siswa. Ada dua versi akses dalam website ini yaitu versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya anda hanya bisa mengakses hanya beberapa audio stories saja, namun bila anda mendaftar untuk yang berbayar, maka akan mendapatkan akses audio stories yang lebih banyak. Untuk mengaksesnya, silahkan dibuka melalui laman http://www.meegenius.com

3. Storyline Online
Menurut saya, platform website audio stories yang ketiga ini merupakan platform audio stories yang menarik, karena kita akan ditemani dengan narrator yang mengiringi cerita dalam videonya. Namun, sayangnya tidak ada teks yang mengiringi audio dalam cerita, sehingga bagi kita yang belum begitu terlatih dalam mendengarkan bahasa Inggris, kita akan merasa kesulitan dalam mencerna setiapa kata atau kalimat yang diperdengarkan. Tetapi bagi saya platform website ini menjadi media berlatih listening melalui audio story patut dicoba untuk dikunjungi. Untuk lengkapnya, kunjungi website nya di http://www.storylineonline.net.

4. Children's Storybooks
Bagi rekan- rekan yang ingin mengajar level yang berbeda dalam pembelajaran listening melalui audio stories, platform website ini merupakan pilhan yang tepat karena menyediakan tingkatan level yang berbeda  yaitu level   young children, older children dan young adult. Untuk sistem audio stories-nya menurut saya tidak jauh berbeda dengan yang disediakan website yang sudah saya sebutkan tadi. Nah, kalau penasaran, silahkan kunjungi melalui http://www.magickeys.com

5. Loyal Books
Loyal Books sebenarnya merupakan penyedia ebooks dan audio books populer. Hampir semua cerita berbentuk format audio bisa diunduh secara gratis. Anda bisa mengunduh dari genre populer misalnya dari cerita anak- anak, komedi, fairy tales, fiction, romances bahkan  sampai cerita misteri. Untuk jelasnya bisa mengunjungi ke website nya langsung melalui http://www.loyalbooks.com.

Demikian tulisan saya mengenai Lima Website Penting untuk Belajar Listening Bahasa Inggris Melalui "Audio Stories" dan "Audio Books", semoga bisa menambah pengalaman rekan- rekan semua dalam mewujudkan pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan bagi siswa- siswanya. Bila ada pertanyaan, tanggapan, atau saran mengenai tulisan saya diatas, silahkan ungkapkan melalui kolom komentar di bawah. Ditunggu kunjungannya di website ini kembali. 
Terima kasih.