Belajar Bahasa Inggris Melalui Film, Mengapa Tidak?

Ada berbagai macam cara untuk belajar bahasa Inggris, baik melalui membaca buku, koran, majalah, komik, bermain games, atau bahkan melalui  film. Semua cara  tersebut pada intinya sama, yang terpenting adalah bisa menumbuhkan ketertarikan dan semangat belajar bahasa Inggris. Perlu diingat disini bahwa belajar bahasa Inggris harus melalui cara yang menyenangkan. 
Ilustrasi Film Fantasic Beasts
Nah, melalui artikel ini saya akan berbagi pengalaman mengenai salah satu cara dalam belajar bahasa Inggris melalui film. Dua hal yang akan saya kemukakan disini adalah mengenai alasan mengapa kita seharusnya belajar melalui film dan cara belajar bahasa Inggris melalui film. 
Menurut saya, belajar bahasa Inggris melalui film sangatlah efektif karena selain kita bisa menikmati cerita dalam film, kita juga akan menemukan hal- hal yang baru dalam bahasa Inggris baik kata, frase, aksen, maupun pengucapan- pengucapannya. 

Alasan Belajar Bahasa Inggris Melalui Film
Dan selain hal- hal diatas beberapa alasan berikut ini juga mendasari mengapa kita belajar bahasa Inggris melalui film.

1. Menemukan kata bahasa Inggris sesuai konteksnya
Saat kita berbicara dengan bahasa Inggris, kadang ada beberapa pengucapan kata kita yang dipandang kurang pas dalam konteks percakapan kita. Tentunya hal ini akan terjadi miskomunikasi terjadi dalam percakapan kita. Dalam hal ini hal yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan mempelajari dan menemukan kata dan frase yang sesuai dengan konteksnya. Dan melalui film adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya. Film akan memberikan pengalaman bagi kita dalam menguasai kata yang sesuai dengan konteksnya. Dengan demikian, kita tidak hanya memiliki pengalaman penguasaan kata hanya berdasar satu konteks saja, namun kita juga akan menemukan kata tersebut digunakan dalam konteks yang lain. Sebagai contoh saat kita menonton film bergenre petualangan, kita akan sering sekali menemukan kata- kata yang sesuai dengan konteks cerita tersebut, misalnya, kata " discovery" atau "journey". Jadi, menonton film akan membuat kita kaya akan penguasaan konteks kata dan penggunaannya.  

2. Mendengar bagaimana kata itu diucapkan
Film tidak hanya menyuguhkan alur cerita yang menarik bagi pemirsanya, namun film juga akan menunjukkan beberapa hal seperti ekspresi pemain saat mengucapkan kata, frase, kalimat dalam film tersebut. Dalam film bergenre thriller, misalnya,  beberapa kata mungkin diucapkan dengan penekanan- penekanan tertentu. Atau dalam film drama, kita akan mendapatkan ekspresi yang mendalam ditampilkan oleh aktornya. Dan hal tersebut tidak akan kita dapatkan melalui buku atau majalah bahasa Inggris yang kita baca. 
Sebagai tambahan, melalui film, kita akan mendapatkan "Real English", bukan "Textbook English". Oleh karena itu, pastinya hal tersebut akan mempermudah dalam belajar berbicara bahasa Inggris karena kita mendengar langsung dan  dari penutur aslinya.

Kiat Belajar Bahasa Inggris Melalui Film
Setelah mengetahui alasan menonton film dalam pembelajaran bahasa Inggris, tentunya ada beberapa hal yang sangat penting diperhatikan adalah mengenai cara belajar bahasa Inggris melalui film tersebut. 

1. Pilihlah Film yang menarik
Setiap orang tentu memiliki ketertarikan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sebagian orang mungkin menyukai film yang bergenre horor, thriller, komedi, science fiction, dan sebagainya. Dalam hal ini, kita harus memilih film yang sesuai dengan ketertarikan kita. Dengan film yang menarik, kita akan lebih menikmati dari jalan cerita film tersebut. Demikian juga film yang membosankan akan membuat kita menjadi malas untuk menontonnya. Maka, pilihlah film yang menarik sesuai dengan ketertarikan kita.

2. Bawalah kamus
Saat menonton film tentunya kita akan menemukan banyak kata- kata baru yang masih asing di telinga kita. Oleh karena itu bawalah kamus saat menonton film, terjemahkan kosakata yang masih asing lalu ingatlah agar kita tidak lupa.

3. Catat dan ucapkan frase kata dalam film
Sering kita mendengar frase kata yang terdengar asing di film yang kita tonton, maka dari itu catatlah frase dan kemudian ucapkanlah frase tersebut agar tidak lupa. Kemudian terapkanlah frase- frase kata yang masih asing tersebut dalam percakapan. 

4. Gunakanlah Subtitle Bahasa Inggris
Menonton film dengan subtitle bahasa Inggris adalah cara yang efektif dalam belajar bahasa Inggris melalui film. Pertama kalinya mungkin agak susah karena banyak kosakata baru yang harus kita catat dan terjemahkan. Namun lama kelamaan kita akan terbiasa dengan kosakata yang masuk ke memori kita. Kosakata baru yang kita temukan dapat kita terjemahkan melalui kamus seperti pada poin nomor tiga diatas. Namun saat tingkatan level kita mahir dan terbiasa, kita bisa menghilangkan subtitle bahasa Inggris kita.

5. Tinggalkan kata- kata yang sulit dan lewati
Tujuan utama menonton film adalah mendapatkan hiburan bagi diri kita. Sedangkan bisa belajar bahasa Inggris merupakan nilai tambah dari menonton film. Saat menghadapi beberapa kata, frase, atau kalimat yang terlewatkan, maka lewati saja karena tujuan utama kita adalah menonton film dengan meneyenangkan, jadi,  kita nikmati alur cerita film tersebut.

Nah, sahabat Ahzaa, demikian beberapa hal seputar  menonton film bahasa Inggris dan manfaatnya khususnya dalam belajar bahasa Inggris. Semoga artikel ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi kita semua. Amin.


Belajar Bahasa Inggris Melalui Film, Mengapa Tidak? Belajar Bahasa Inggris Melalui Film, Mengapa Tidak? Reviewed by Ayunara Bahar on 11:03:00 AM Rating: 5
Powered by Blogger.