Tuesday, November 8, 2016

Mau Tahu Tugas Siswa Kita Plagiat atau Tidak, Yuk Cek Melalui Aplikasi dan Web Tool Berikut Ini

Hai sahabat Ahzaa, Seperti kita ketahui plagiarisme merupakan isu yang akhir- akhir ini sangat mengkhawatirkan bagi kita semua. Plagiarisme atau yang lebih dikenal dengan penjiplakan atas hasil karya orang lain merupakan suatu perbuatan yang tidak hanya merugikan pencipta dari karya tersebut namun juga lambat laun akan merusak tatanan ilmu pengetahuan yang ada.
Plagiarisme sekarang ini sudah merambah ke berbagai lini sektor dan tak terkecuali kalangan pendidikan. Ada banyak kasus yang terjadi berhubungan dengan plagiarisme dalam kalangan pendidikan atau akademisi misalnya penjiplakan karya tulis, skripsi, bahkan tugas kuliah atau sekolah.
Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana mencegah plagiarisme di kalangan anak didik kita dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini yaitu dengan bantuan aplikasi dan web tool dalam website. Dan apa saja alat atau aplikasi yang digunakan, berikut ulasannya.

1. Wcopyfind

Wcopyfind merupakan sebuah program berbasis opensource yang digunakan untuk memeriksa dokumen. Sistem kerja dari aplikasi ini adalah dengan membandingkan dokumen dengan menitikberatkan pada kesamaan  kata atau frase yang digunakan dalam dokumen- dokumen tersebut. kelebihan dari aplikasi ini adalah kita bisa menggunakannya tanpa menginstal program tersebut di laptop atau komputer kita. File aplikasinya juga besarnya sekitar 2 MB an, jadi sangat kecil sekali. Namun, jangan lupa sebelum menggunakannya untuk membaca terlebih dahulu panduannya agar lebih mudah mengoperasikannya. Tertarik untuk menggunakannya silahkan saja kunjungi web- nya di http://plagiarism.bloomfieldmedia.com

2. PaperRater

PaperRater merupakan sebuah web tool untuk plagiarism checker dan proofreader . Menurut saya website tool ini sangat lengkap sekali, Selain kita bisa mengecek plagiarisme juga dalam tugas siswa kita,  PaperRater juga mengecek kesalahan tata bahasa / ejaan, pilihan kata, dan struktur kalimat. Hal tersebut tentu saja membantu guru dalam mempersingkat waktunya untuk mengoreksi kesalahan- kesalahan dasar siswa dalam penulisan dasar ( basic writing). Penggunaannya sangat mudah, kunjungi websitenya di http://www.paperrater.com kemudian dalam tampilannya silahkan copy paste kan teks yang ingin kita cek. Anda tidak perlu mendaftar, atau login dan tentu saja gratis tanpa pembayaran apapun.


Demikian artikel dari saya mengenai aplikasi dan web tool untuk mengecek plagiarisme, semoga bermanfaat bagi rekan- rekan guru yang sedang membutuhkannya. Dalam hal ini Aplikasi dan web tool yang saya sebutkan diatas bukanlah sponsor blog saya, disini saya hanya mengulas dan memberikan informasi berdasarkan pengalaman- pengalaman saya selama ini.
Terima kasih dan ditunggu kunjungannya kembali.