11/11/2016

Skor yang Tinggi dalam Tes Bahasa Inggris? Yuk Coba Delapan Langkah Berikut Ini

Menguasai Bahasa Inggris merupakan salah satu komponen penting dalam menghadapi era globalisasi seperti saat ini. Bila dicermati, memiliki keterampilan bahasa Inggris menjadi nilai tambah dalam kehidupan seperti pendidikan, pekerjaan ataupun jenjang karir. Oleh karena itu, keterampilan dalam bahasa Inggris baik lesan maupun tulisan semestinya harus dimiliki. Berkaitan dengan hal tersebut, tentu kita tidaklah asing lagi dengan berbagai macam tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris kita misalnya TOEFL, TOEIC ataupun IELTS. Tentu saja hasil atau skor nilai yang didapatkan akan menjadi tolak ukur dari keterampilan dan penguasaan bahasa Inggris kita.
Nah, bagi anda yang ingin mendapatkan nilai atau skor yang baik, berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Seperti disitat dari laman topuniversities.com, ada delapan hal yang bisa dilakukan untuk menguasai kemampuan dalam tes bahasa Inggris.

1. Persiapkan tes lebih awal
Dalam menghadapi tes bahasa Inggris, langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan tes secara seksama. Selain itu anda juga harus mengetahui secara detail kapan waktu dan tempat dilaksanakannya tes agar ketika pelaksanaan tes berjalan dengan lancar.

2. Perbanyak Latihan
Sebagian tes bahasa Inggris menggunakan format yang jelas dan dapat diprediksi, artinya menggunakan pola yang sama seperti tes- tes sebelumnya. Untuk mencapai atau mendapatkan skor tertinggi, tentu saja anda mesti familiar dengan format dan persyaratan dalam ujian.
Anda bisa melatih diri anda dengan latihan tes yang sekarang ini banyak tersedia di internet secara gratis. Biasanya latihan tes tersebut dirancang khusus untuk jenis atau macam tes yang akan anda ambil.  

3. Membeli buku tes penunjang atau buku panduan persiapan tes
Untuk mendapatkan nilai yang maksimal, tidak ada salahnya bagi anda untuk mempertimbangkan membeli buku- buku dan  materi persiapan yang dirancang khusus untuk tes bahasa Inggris. Meskipun agak mahal dan, hal itu sebagai penunjang belajar anda dan sangat berguna untuk investasi dalam ilmu pengetahuan.

4. Mencatat kata baru setiap hari.
Mencatat kata baru setiap hari merupakan ide yang baik untuk memperluas kosakata anda saat belajar menghadapi tes bahasa Inggris. Anda bisa mencoba mencatat hanya beberapa kata baru per hari dan mengaplikasikannya untuk mudah diingat. Kata- kata baru bisa anda dapatkan melalui hal- hal yang ada disekitar anda misalnya game, film, berita di majalah, koran maupun berita online bahasa Inggris. 

5. Perbanyak latihan mendengarkan Podcast
Podcast mungkin masih terdengar asing di telinga kita, namun bila diluar negeri Podcast sudah umum digunakan khususnya dalam pembelajaran. Podcast memang berbentuk audio yang hampir mirip seperti radio, namun berbeda. Podcast adalah hasil rekaman dengan berbagai macam topik yang akan diperdengarkan. Dengan Podcast anda bisa memilih kategori apa yang sesuai dengan minat anda misalnya politik, ekonomi, musik, kesehatan bahkan games. Anda bisa mendengarkan Podcast dengan waktu- waktu tertentu seperti di perjalanan, ataupun saat menjelang tidur. Secara tidak langsung anda akan memperoleh kosakata baru, dan pengalaman belajar yang menyenangkan dengan Podcast. Anda bisa berkunjung di situs yang menyediakan Podcast seperti situs BBC maupun iTunes.

6. Menonton acara TV atau melihat film tanpa subtitile
Seperti kita ketahui bahwa secara tidak menonton acara TV dan menonton film bahasa Inggris akan melatih kemampuan bahasa Inggris anda karena dengan menonton film dengan bahasa Inggris tanpa subtitle anda akan terbiasa mendengar, mengerti pengucapan, serta menemukan kosakata baru yang terdapat dalam film tersebut. Banyak yang sudah berhasil dengan metode tersebut, dan tentu saja tidak ada salahnya anda coba. 

7. Membaca surat kabar atau majalah bahasa Inggris
Mampu membaca berita dalam bahasa asing adalah indikator yang sangat baik dari tingkat kefasihan Anda. Membaca koran dan majalah bahasa Inggris kemudian mencari kata-kata yang ketahui akan menambah kosakata dan penguasaan anda. Anda bisa menganalisa berbagai macam kata, frase, kalimat maupun idiom yang digunakan dalam artikel atau tulisan koran atau majalah. Dan hal tersebut akan memperkaya penguasaan bahasa Inggris anda.

8. Belajar melalui aplikasi 
Saat ini tersedia secara luas bermacam aplikasi untuk menunjang persiapan tes bahasa Inggris anda. Anda bisa berlatih beberapa simulasi soal yang tersedia di berbagai aplikasi tersebut. Teruslah berlatih bermacam jenis dan tipe soal dalam mempersiapkan tes anda. 

Semoga Sukses!!

Sumber Gambar :
http://www.topuniversities.com

No comments:

Post a Comment