Media Info Belajar

Monday, June 12, 2017

Aplikasi Berikut Ini Akan Membantu Anda Membuat Infografis dalam Pembelajaran

Sebagai seorang guru kita pasti mengetahui bahwa beberapa dari siswa kita memiliki kesulitan untuk menangkap pembelajaran di kelas. Hal tersebut terjadi karena mungkin saja kita menggunakan alat dan metode yang kurang tepat dalam pembelajaran. Seperti kita ketahui bahwa otak manusia memang tidak dirancang untuk menerima dan menyerap informasi yang bersifat monoton selama beberapa waktu tertentu. Oleh karena itu, pembelajaran yang menarik sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian siswa. 

Penggunaan gambar, foto, dan alat- alat yang bersifat visual ternyata memiliki peran yang kuat dalam penerimaan informasi bagi siswa. Dalam penggambaran visual pembelajaran, salah satu alat yang digunakan adalah dengan menggunakan infografis (baca juga : Mengenal Sekilas Mengenai Infografis dalam Mengajar).  Penerapan infografis dipandang sangat tepat dalam mengajar guru karena penyampaian melalui gambar akan mempermudah siswa menyerap materi atau pelajaran yang disampaikan. 

Dilansir dari blog Pictochart.com, ada empat langkah dalam menerapkan infografis dalam mengajar, yaitu pertama, buat infografis anda sendiri kemudian kedua, buatlah konteks pembelajaran yang ingin disampaikan, lalu instruksikan siswa menganalisis infografis yang disampaikan dan terakhir, siswa menyimpulkan materi dalam infografis tersebut.  

Nah, berdasarkan uraian diatas tentunya hal yang pertama yang kita pikirkan dalam langkah- langkah tersebut diatas adalah pembuatan infografis itu sendiri. Dalam hal ini, kita tidak perlu khawatir lagi, karena sekarang ini banyak aplikasi yang akan membantu anda dalam membuat infografis pembelajaran anda. Dan berikut ini beberapa aplikasi yang akan membantu anda dalam membuat infografis pembelajaran anda.


Canva merupakan salah satu alat yang menarik untuk membuat desain dalam infografis. Berbagai macam fitur disediakan untuk membuat presentasi pengajaran dengan infografis menjadi anda lebih menarik. Langkah- langkah pembuatannya pun relatif mudah, anda hanya tinggal drag and drop saja dan pilih salah satu desain layout yang tersedia. Untuk memulainya langkah awalnya adalah buat akun, kemudian pilih template yang tersedia, upload foto sendiri atau gambar- gambar yang telah tersedia, sesuaikan gambar dan edit teks dan simpan.


Easelly memberikan kemudahan bagi anda untuk membuat infografis anda sendiri. Dengan fitur- fitur yang tersedia, memungkinkan anda berkreasi membuat ide- ide pembelajaran anda dalam bentuk visual. Langkah- langkah pembuatan infografis dengan web tool ini terbilang mudah, daftar kemudian pilih template yang anda inginkan dan sesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran anda. 


Piktochart memungkinkan anda membuat infografis dan presentasi hanya dengan beberapa klik. Anda juga dapat memodifikasi seperti warna, font, memasukkan grafik maupun mengunggah bentuk dan gambar dasar. Kerangka grid yang berjejer juga memudahkan penggabungan elemen grafis dan mengubah ukuran gambar secara proporsional. Namun disini tersedia versi gratis dan berbayar. Versi gratis menawarkan tiga tema dasar, sementara yang berbayar tentu menyediakan tema yang beragam.


Salah satu web tool menarik pembuat infografis lainnya adalah Venngage. Venngage memungkinkan anda membuat infografis dengan sangat sederhana dan mudah. Anda dapat memilih dari template, tema, dan ratusan grafik dan ikon serta mengunggah gambar dan latar belakang anda sendiri, atau menyesuaikan tema yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran anda. 


Salah satu alternatif dari empat pilihan alat diatas, anda bisa memanfaatkan Visualize sebagai alat untuk membuat infografis anda. Pembuatan infografis dengan visualize pun relatif mudah, dengan banyaknya template - template yang tersedia sesuai dengan kebutuhan pembelajaran anda. 

Dari kelima aplikasi atau web tool yang sudah sedkit saya ulas tadi silahkan pilih salah satu yang sekiranya paling sederhana dan mudah untuk digunakan. Bila sahabat Ahzaa memiliki alternatif aplikasi atau web tool lain dalam pembuatan infografis, sudilah kiranya bisa berbagi melalui kolom komentar di bawah. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi sahabat semua yang sedang membutuhkan untuk membuat presentasi pembelajarannya lebih menarik lagi. Jangan lupa bubuhkan komentar anda di kolom di bawah ini.