Media Info Belajar

Saturday, June 10, 2017

Dua Web Tool Ini akan Membantu Anda Membuat Video Animasi untuk Presentasi Pembelajaran

Ada banyak cara untuk menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas baik dengan cara konvensional maupun dengan bantuan teknologi. Dalam pembelajaran, siswa cenderung akan lebih menyukai penggunaan teknologi dalam kelas dibanding hanya dengan cara penyampaian konvensional. 

Salah satu alat yang sering kita gunakan dalam membuat penyampaian materi berbasis teknologi adalah dengan pemakaian slide- slide dalam Powerpoint. Yap, tidak dapat dipungkiri, Powerpoint merupakan tool yang sangat familiar bagi kita dalam mempresentasikan pelajaran dalam kelas. 

Sahabat Ahzaa, pernahkah anda melihat saat kita membuka sebuah channel pembelajaran dalam Youtube  dengan tampilan yang sangat menarik dalam bentuk animasi- animasi video. Mungkin saat itu terbersit dalam pemikiran kita, bisakah kita membuat video animasi tersebut untuk diterapkan dalam kelas- kelas kita?  satu hal yang pasti dalam jaman teknologi saat ini adalah tidak ada yang tidak mungkin untuk mengaplikasikan hal tersebut. 

Nah, pada post kali ini saya akan berbagi informasi tentang dua buah web tool yang akan menuntun anda untuk membuat presentasi pembelajaran dengan konten video animasi yang menarik yang nantinya akan diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas kita. 

Baik, langsung saja, inilah Web Tool yang akan membantu anda membuat video animasi pembelajaran anda, 

Animaker

Animaker merupakan pembuat video animasi yang memungkinkan anda membuat konten video yang menarik. Teman- teman guru bisa menggunakan Animaker untuk membuat tutorial, video penjelasan pelajaran, video presentasi, maupun membuat video infografis. 

Web Tool ini menyediakan semua alat dan materi yang anda butuhkan untuk membuat video animasi secara profesional. Penggunaannya cukup mudah, cukup drag dan lepaskan elemen seperti karakter, latar belakang, visual yang tersedia. Teman- teman juga dapat mengedit video, menambahkan efek pop up, animasi, dan transisi adegan. 

Saat selesai, teman- teman bisa mendownloadnya dan mengunggahnya ke YouTube atau berbagi dengan orang lain melalui situs media sosial. Teman- teman bisa memilih dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar. Tentunya versi berbayar akan menawarkan lebih banyak pilihan fasilitas dan konten. teman- teman bisa mengunjungi https://www.animaker.com untuk mencobanya.

PowToon

Dalam membuat video animasi, kita bisa menggunakan PowToon sebagai alternatif dari Animaker. Pembuatan video animasi yang berisikan presentasi, pembelajaran, maupun tutorial dengan menggunakan PowToon sangatlah mudah. Kita akan dipandu dari langkah awal sampai akhir. Prosesnya pun sangat mudah, ditunjang dengan banyak konten yang disediakan. 

PowToon juga menyediakan versi gratis dan berbayar. Versi berbayar tentu saja menyediakan konten- konten yang lebih lengkap daripada versi gratis. Bila masih belum mampu menggunakan versi berbayar, kita bisa mencoba memilih versi gratis yang menurut saya juga memiliki konten yang cukup lengkap. Oya, untuk mencobanya, teman- teman bisa langsung ke https://www.powtoon.com. Teman- teman bisa menggunakan alamat Gmail maupun Facebook untuk mendaftar terlebih dahulu. 

Demikian ulasan dua web tool untuk membuat video animasi dalam pembelajaran. Bila sahabat Ahzaa memiliki pengalaman dengan menggunakan web tool video animasi yang lain, silahkan saja tambahkan melalui kolom komentar di bawah ini. 

Semoga bermanfaat.