Friday, October 20, 2017

Pemakaian Bentuk Participle dalam Kalimat dan Soal Bahasa Inggris

Participle merupakan kata kerja yang di-kata sifatkan sehingga berfungsi sebagai kata sifat (adjective) yang memberikan keterangan kepada kata benda (noun). Dalam kalimat, participle dapat berupa bentuk continuous tense dan perfect tense, dan dalam bentuk tersebut participle tetap berfungsi sebagai kata kerja. 
Ilustrasi Gambar

Ada dua jenis participle yaitu Present Participle dan Past Participle. Keduanya memiliki penggunaan yang berbeda pula. Pada umumnya participle dapat digunakan bersama dengan auxiliary verb atau modal sehingga membentuk progressive (Continuous) Tense, Perfect Tense, dan Passive Voice. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada contoh berikut ini.

  • She is studying Math now.
  • He was sleeping when his mother got home.
  • They have danced well.
  • I've forgotten his name.
  • She was being followed.
  • We will be told as soon as possible about the new rules.


Present Participle merupakan kata kerja yang berakhiran dengan -ing yang mengandung makna aktif dan menunjukkan waktu sekarang, sedangkan bentuk Past participle mengandung makna pasif serta menunjukkan waktu lampau dengan bentuk akhiran -ed untuk kata kerja beraturan dan bentuk yang tiak teratur untuk kata kerja yang tidak beraturan. 

A. Present Participle.

Pengertian dan penggunaan Present Participle
Present Participle digunakan sebagai kata sifat (adjective) yang diletakkan sebelum kata benda. Fungsinya adalah memberikan keterangan sifat kepa kata benda tersebut sebagaimana kata sifat biasanya. Makna dalam bentuk Present Participle adalah "Aktif" dan sebagai contohnya bisa dilihat pada kalimat dibawah ini.
  • She opened the envelope with trembling hand.
  • The girl is swept by rushing water.

Selain itu, Present Participle yang dipakai sebagai kata sifat (adjective) bisa ditempatkan dibelakang kata benda tersebut apabila diiringi oleh kata- kata yang lain. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat dalam contoh berikut ini.
  • The first team winning  four games is awarded the championship.
  • At last we come to a small village lying to the north of the Mount Lawu.
  • The spices flavoring the meal were quite distinctive.

Present Participle juga dapat dinyatakan bila ada dua peristiwa yang memiliki subyek yang sama dan terjadi pada waktu yang bersamaan (hampir). Contohnya bisa dicermati pada kalimat berikut ini.
  • He rode away. He whistled as he went.  === He rode away whistling.
  • When I was walking to school, I saw him there.  ===Walking to school, I saw him there.


Present Participle dalam Soal
Meskipun sudah dijelaskan penggunaannya diatas, saat menghadapi pertanyaan atau soal Bahasa Inggris baik TOEFL maupun soal- soal masuk perguruan atau sekolah tinggi, penggunaan present participle kadang bisa membuat kita menjadi bingung apakah bentuk v-ing tersebut difungsikan sebagai kata kerja atau adjective. Untuk jelasnya, bisa diperhatikan pada dua kalimat berikut ini.
  1. The girl is talking to the man.
  2. The girl talking to the man won the speech contest.

Pada kalimat yang pertama, kata "talking" adalah bagian dari kata kerja karena didahului oleh "is". Sedangkan paa kalimat kedua, kata "talking" merupakan sebuah adjective an bukan merupakan kata kerja karena tidak dilengkapi dengan  bentuk "be". Kata kerja dalam kalimat tersebut adalah "won".

Bentuk Present Participle dalam soal silahkan dilihat pada contoh berikut ini,
  • The boy ___ reading in the library is my friend.

          (A) now
          (B) is
          (C) he 
          (D) was
Dalam kalimat diatas, kita bisa melihat bahwa "The boy" merupakan subject dari verb tersebut. Saat kita berfikir bahwa kata "reading"  adalah bagian dari kata kerja, maka kita pasti akan menjawab pilihan (B), atau (D). Kata "reading" tersebut diatas bukan merupakan bagian dari kata kerja. Kata tersebut lebih menyatakan bentuk participial adjective daripada bentuk kata kerja, karena kata kerja yang digunakan dalam kalimat tersebut adalah "be". Oleh karena itu, jawaban yang benar aalah (A).

B. Past Participle.
Bentuk Past Participle digunakan sebagai kata sifat (adjective) yang diletakkan sebelum kata benda. Fungsinya tidak lain adalah memberikan keterangan sifat kepada kata benda tersebut sebagaimana kata sifat biasanya. Makna dalam bentuk Past Participle adalah "Pasif" dan sebagai contohnya bisa dilihat pada kalimat dibawah ini.
  • The sorted mail was delivered to the offices before noon.
  • The imprisoned men were unhappy with their living conditions

Sebagai kata sifat, Past Participle juga dapat diletakkan setelah bentuk "be" atau "have" seperti pada contoh berikut ini.
  • I am very pleased to see you again.
  • You are too late; he has gone away.
  • The girl was frightened by a cockroach that ran into the house.

Past Participle juga dapat digunakan sebagaimana adverb yang menjelaskan bagaimana atau mengapa sesuatu hal terjadi dan berikut contoh kalimatnya.
  • Having lost all my money, I went home.
  • Rejected by all his friends, he decided to suicide.
  • Having finished his work, she went home.

Past Participle juga dapat digunakan setelah kata- kata kerja berikut ini yang biasanya memiliki arti pasif, yaitu have, get, wish, want, see, prefer, like, find, feel, make dan sebagainya.
Contoh :
  • I found the car covered with dust.
  • She gets the car repaired.


Past Participle dalam Soal
Seperti halnya Present Participle, soal- soal yang berkenaan dengan Past Participle -pun kadang- kadang membingungkan apakah berfungsi sebagai verb atau berfungsi sebagai adjective. Bentuk Past Participle yang berfungsi sebagai verb, biasanya muncul setelah kata kerja "have" atau "be". Misalnya saja pada contoh berikut ini.
  • The artist has released a new album.
  • The poem was written by John.

Pada kalimat pertama, kata "released" merupakan bentuk dari kata kerja karena dilengkapi dengan kata "has" sedangkan pada kalimat kedua, bentuk kata "written" juga merupakan kata kerja karena dilengkapi dengan bentuk "was".
Bentuk Past participle dalam soal bisa dilihat pada contoh berikut ini.
  • The mail ____ sent to Jakarta will arrive Saturday. 

          (A) has
          (B) was
          (C) which
          (D) just

Kata "mail" merupakan subjek dari kalimat tersebut. Kata "sent"  dalam kalimat tersebut bukanlah bertindak sebagai kata kerja, namun sebagai Participial Adjective. Pilihan (A) dan (B) bukanlah pilihan yang benar, karena kata "sent" bukanlah kata kerja dan tidak membutuhkan kata kerja bantu seperti "has" dan "was",  Oleh karena itu jawaban yang paling tepat adalah (D). 

Demikian pembahasan singkat mengenai pemakaian bentuk Participle dalam kalimat dan soal bahasa Inggris. Mohon maaf bila ada kekurangan dan Semoga bermafaat.