Tuesday, November 28, 2017

Langkah Mudah Membuat Website Kelas dengan Google Sites

Website kelas tidak hanya difungsikan sebagai sarana berkomunikasi antar anggota kelas namun juga sebagai salah satu cara untuk menerapkan dan mengedepankan teknologi dalam kelas. Website kelas akan memudahkan kita, sebagai guru, untuk berkonsolidasi dengan anggota kelas khususnya siswa- siswa kita seperti pembuatan tugas, kalendar kegiatan, pengumuman- pengumuman dan kegunaan yang lainnya.
Google Sites
Nah, pada tulisan kali ini, saya akan membahas mengenai pembuatan website kelas. Ada berbagai penyedia layanan pembuatan website untuk kelas, salah satunya Google dengan Google sites-nya. Google sites dipandang sebagai media yang tepat untuk pembuatan karena fitur- fitur yang mudah, menarik dan sesuai dengan kebutuhan kita di kelas. Namun sebelum membuatnya, anda harus terlebih dahulu memiliki akun Google dan Masuk ke Google Sites

Pada bagian kanan bawah, Pilih tombol berbentuk lingkaran dan buat sites baru

Akan tampil halaman sites baru anda. lalu silahkan berikan nama sites kelas anda.

Tambahkan halaman pada website anda dengan memilih menu Pages di bagian setting menu bagian kanan halaman, dan add page.
Anda bisa mengganti tema sesuai dengan yang anda inginkan dengan memilih Themes pada setting menu bagian kanan.
Tambahkan konten pada website Google anda dengan memilih menu insert pada menu bagian kanan.
Anda bisa mengisikan konten dengan menggunakan text box, images, link URL, Video (You Tube), Google Docs, atau dokumen anda sendiri di dalam komputer. Sebagai contoh disini saya ingin memasukkan dokumen di Google Docs saya, yaitu dengan memilih Docs.
Nah, sebelum di publish, lebih baik anda melihat terlebih dahulu dengan tombol preview di menu atas.
Anda juga bisa mengundang editor lain untuk website anda, dengan memilih tombol add editors, undang editor dengan link atau email lalu pilih done.


Mudah bukan?
Nah, kini saatnya kreasikan kreatifitas anda untuk membuat website kelas anda  semenarik mungkin. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk menerapkan teknologi pembelajaran di kelas. Nantikan beberapa tips lainnya untuk mempercantik website kelas anda berikutnya.
Salam.