Wednesday, November 22, 2017

Langkah Mudah Menerapkan Tes Formatif dengan Aplikasi Plickers

Setiap guru pasti tahu bahwa pemahaman siswa akan materi yang diajarkan menjadi hal yang utama dalam proses belajar. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengukur pemahaman siswa, salah satunya dengan memberikan tes atau ulangan. Nah, berbicara mengenai tes atau ulangan, ada sebuah web tool untuk tes atau ujian formatif yang sangat menarik untuk diterapkan di kelas kita yaitu dengan Plickers.
ilustrasi/ source : Plicker Image

Plickers merupakan sebuah alat penilaian untuk memberikan pengujian secara cepat akan pengetahuan siswa anda melalui soal berbentuk pilihan ganda, .pernyataan benar atau salah, poling dan masih banyak lagi. Plickers memungkinkan kita membuat kelas interaktif khususnya dalam memberikan penilaian ke siswa. Untuk menerapkannya di kelas, caranya cukup mudah, siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan tidak membutuhkan alat atau gawai, namun hanya perlu kertas atau kartu dengan gambar kode tertentu mirip seperti QR Code kemudian akan digunakan untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Guru akan mengecek jawaban dengan gawai yang sudah terinstal Plickers App di dalamnya. Anda bisa menggunakan smartphone atau tablet baik dengan IOS maupun Android.

Untuk menerapkan Plickers di kelas anda, berikut langkah- langkahnya. 

Bagian I
Masuk ke website Plickers, lalu sign up atau daftar akun. Anda bisa mendaftar menggunakan akun Google anda.
Setelah sukses pendaftarannya, akan ada dua pilihan yaitu Demo dan Add New Class, disini saya memilih "add new class"
Isikan nama kelas, tingkatan kelas sampai dengan warna untuk masing- masing kelas lalu klik save.
Tuliskan nama siswa, misalnya saja Rudi Hartanto, lalu enter. Berikutya tambahkan nama siswa yang lain sampai selesai dengan langkah yang sama. Sebagai contoh saya mengisikan tiga nama siswa.
Masuk ke menu library
Tambahkan soal dengan memilih "new question"
Pada halaman New Question, pilih jenis pertanyaan, apakah bentuk multiple choice atau true/ false lalu isikan soal pada kolom yang tersedia, centang juga jawaban yang benar. Klik save and create new.
Akan tampil soal dalam library anda yang sudah dibuat sebelumnya.
Kemudian pilih menu cards, pada tampilan berikut, saya memilih kartu standar, karena kita memilih versi gratis.
Selamat, kartu Plickers anda sudah dapat di download. Cetak kartu dan perhatikan kode kecil yang ada di sekeliling kartu.

Bagian II

  • Install smartphone atau tablet anda dengan Plickers App melalui Playstore ( bila menggunakan OS android) lalu sign in dengan akun yang sudah dibuat.
  • Berikan pertanyaan ke siswa, siswa akan mengangkat kartu plicker mereka untuk menjawab pertanyaan anda, kemudian dengan aplikasi plicker, pilih pertanyaan yang ingin anda gunakan dan pindai ruangan dengan memilih tombol kamera yang akan muncul di bagian bawah layar. Anda akan melihat nama anak dan jawaban masing-masing untuk setiap pertanyaan yang dipilih di bagian atas layar di smartphone saat respons mereka dipindai. 
  • Bila anda memakai proyektor, anda dapat menampilkan grafik batang untuk melihat keseluruhan data grup dan jumlah siswa yang telah menanggapi. 
Nah, untuk lebih menarik lagi, anda bisa berkreasi dengan menambahkan gambar atau image pada soal anda. Semoga bahasan ini bisa memberikan manfaat bagi kita semuanya.
Selamat Mencoba...