1/16/2018

Sebelum Mendaftar SNMPTN 2018, Alangkah Baiknya Perhatikan Hal Berikut Ini

Info SNMPTN 2018- Salah satu jalur penerimaan masuk perguruan tinggi negeri adalah melalui jalur SNMPTN. Jalur ini dipandang lebih aman dan mudah daripada seleksi yang lainnya karena sistem penerimaan seleksinya tidak didasarkan pada seleksi ujian melainkan melalui nilai rapor dan prestasi-prestasi akademik lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih.

Tidak lama lagi pendaftaran Seleksi nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan resmi dibuka mulai tanggal 21 Februari 2018 sampai dengan 6 Maret 2018. Pada proses pendaftarannya, para siswa harus teregristrasi dan terverifikasi terlebih dahulu melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sebelum mendaftar melalui laman www.web.snmptn.ac.id.

Nah, bagi adik- adik yang sedang merencanakan mendaftar SNMPTN, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda mendaftar SNMPTN.

1. Baca informasi secara cermat mengenai seleksi penerimaan SNMPTN.
Membaca informasi merupakan langkah yang sangat penting karena dengan adanya informasi yang lengkap mengenai SNMPTN, adik- adik bisa mencermati semua informasi dari proses dan tahapan SNMPTN yang sedang berlangsung melalui  laman www.snmptn.ac.id dan bila ada pertanyaan mengenai informasi lebih lanjut tentang informasi tersebut, adik- adik bisa melihatnya melalui laman www.halo.snmptn.ac.id.

2. Tentukan pilihan program studi dan urutannya
Ketika mendaftar SNMPTN tentunya adik- adik harus sudah mempunyai gambaran tentang jurusan yang akan adik- adik pilih sesuai dengan minat dan kemampuan karena hal tersebut akan menentukan karir ketika proses perkuliahan atau setelah lulus nanti. Jadi jangan sampai memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan bakat adik- adik semua. Jangan lupa untuk mengurutkan program studi karena peletakan program studi adalah hal yang penting dalam strategi untuk diterima atau tidak.

3. Perhatikan nilai program studi.
Nilai program studi berhubungan nilai rapor semester satu sampai lima yang diinputkan melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Dari nilai rapor tersebut maka akan dibuat pemeringkatan berdasarkan mapel- mapel tertentu yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Pemeringkatan sangat penting karena akan menentukan daya saing siswa yang mendaftar melalui jurusan yang sama dalam satu sekolah.

4. Perhatikan beberapa hal mengenai prediksi penilaian SNMPTN berikut ini.
Nilai Ujian Nasional tahun 2018 ditetapkan bukan sebagai penentu SNMPTN. Namun kita bisa melakukan prediksi penilaian akan SNMPTN berdasarkan diskusi dan pengalaman dari berbagai pihak untuk bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam seleksi penerimaan yang mana disebutkan sebagai berikut :
  • Jenis kelas dan akreditasi sekolah 
  • Nilai rapor semester satu sampai lima 
  • Peringkat parallel siswa
  • Prestasi siswa yang pernah dicapai
  • Rasio alumni yang diterima
  • Rasio alumni yang diterima atau yang mendaftar pada perguruan tinggi negeri tujuan siswa
  • Tren IPK alumni pada perguruan tinggi negeri
  • Track record sekolah  

5. Pesaing program studi yang sama di satu PTN dalam sekolah yang sama
Dalam hal ini anda harus jeli melihat adanya pesaing yang sama yang mendaftar program studi yang sama di satu PTN. Namun seperti dijelaskan pada poin nomor tiga tadi bahwa kemungkinan diterima bila adik- adik mempunyai pesaing yang mendaftar program studi yang sama adalah dengan pemeringkatan mapel tertentu sesuai dengan program studi yang dipilih.

6. Simulasi penerimaan SNMPTN pada bimbingan belajar
Menjelang musim penerimaan siswa di perguruan tinggi, beberapa bimbingan belajar pasti menggunakan kesempatan untuk bisa menggaet calon siswa. Mereka akan berlomba memberikan pelayanan yang terbaik, salah satunya dengan menyediakan fasilitas simulasi penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi negeri untuk seleksi SNMPTN. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bila adik- adik mengikuti simulasi yang sering diselenggarakan beberapa bimbingan belajar tertentu di kota terdekat karena dengan hal tersebut bisa mengetahui gambaran kemungkinan adik- adik diterima sesuai dengan program studi yang anda pilih.

Demikian informasi dari kami tentang hal- hal yang mesti diperhatikan sebelum mendaftar SNMPTN tahun 2018 ini. Semoga bisa bermanfaat dan membantu anda dalam memilih dan mendaftar SNMPTN. Semoga sukses.

No comments:

Post a Comment