Saturday, June 15, 2019

Inilah Hal- hal yang Mesti Diperhatikan Mendaftar SMK Negeri pada PPDB SMK Negeri Tahun Pelajaran 2019/ 2020

PPDB SMK Negeri Tahun Pelajaran 2019/2020 di Provinsi Jawa Tengah saat ini sudah dimulai dalam tahapan proses awal. Siswa atau calon pendaftar baru akan mulai on progress terlibat langsung dalam proses pendaftaran mulai tanggal 17 Juni sampai 28 Juni 2019 mendatang untuk proses pengajuan akun dan verifikasi berkas. Pada tahun pelajaran ini, ketentuan seleksi untuk SMK belum ditetapkan untuk persyaratan zonasi atau bedasarkan jauh tidaknya tempat tinggal ke sekolah.

Kiat sukses masuk ke SMK negeri favorit

Banyak hal yang mesti dilalui seperti verifikasi berkas administrasi yang dipersyaratkan, kesehatan, bakat dan minat. Verifikasi bakat dan minat disesuaikan dengan bidang keahlian pada satuan pendidikan kejuruan yang dipilih calon peserta didik masing- masing.

Nah, sehubungan dengan pendaftaran peserta didik baru SMK Negeri di Jawa Tengah tahun pelajaran 2019/ 2020, berikut ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, antara lain:

Pahami tata cara pendaftaran - Tata cara pendaftaran merupakan hal yang utama diperhatikan. Kemudahan sistem PPDB secara online seperti saat ini adalah tersedianya website resmi yang memberikan kemudahan para pendaftar untuk mencari informasi tentang bagaimana proses pendaftaran sampai dengan tahapan terakhir. Perhatikan pada jadwal, syarat dan proses tahapan pendaftarannya. Calon peserta didik wajib datang ke salah satu satuan pendidikan yang akan dipilihnya guna melakukan verifikasi berkas yang dipersyaratkan dan sekaligus untuk memperoleh akun pendaftaran. Calon siswa SMA/SMK Negeri di Jawa Tengah wajib mengambil token sebelum pendaftaran dalam jaringan (daring/ online). Token itu nantinya menjadi kode untuk mengaktivasi akun agar tidak digunakan orang lain.

Dokumen Utama - Pada saat verifikasi data, calon peserta didik harus mempersiapkan dokumen utama baik dokumen yang hanya fotocopy maupun dokumen yang mesti melampirkan dokumen asli. Yang bersifat fotocopy dengan menunjukkan aslinya misalnya Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga, sedangkan yang beserta dokumen asli yaitu seperti Piagam Prestasi, SK anak guru dan Surat Keterangan Sehat dari dokter. Surat keterangan sehat ini dari dokter pemerintah dengan menerangkan hasil pemeriksaan kesehatan sesuai dengan bidang keahlian yang dipilih calon peserta didik SMK Negeri. 

Tes Khusus - Satuan pendidikan bisa saja menerapkan tes khusus dan tes kesehatan dengan standar dari satuan pendidikan masing- masing. Misalnya saja, tes akademik, tes psikologi dan wawancara. Untuk itu, persiapkan saja hal- hal tersebut diatas bilamana saat proses pendaftaran terdapat tes tersebut. Tes khusus ini dilaksanakan di sekolah saat mengumpulkan berkas kelengkapan.

Pilihan Peminatan - Calon peserta didik SMK dapat mendaftarkan diri pada 4 (empat) pilihan kompetensi keahlian dalam 2 (dua) Bidang Keahlian yang sesuai pada 1 (satu) satuan pendidikan atau lebih. Misalnya saja,
Si Budi memilih bidang keahlian teknologi dan rekayasa, dengan pilihan pertama, program studi teknik otomotif pada SMK A, kemudian memilih teknik mesin pada SMK B untuk program studi kedua, lalu memilih program studi ketiga, yaitu teknik grafika pada SMK C, dan memilih program studi keempat, yaitu teknik perkapalan pada SMK D.
Atau
Si Budi memilih bidang keahlian teknologi dan rekayasa, dengan pilihan pertama, program studi teknik otomotif pada SMK A, kemudian memilih program studi kedua, teknik mesin pada SMK A, memilih program studi ketiga, yaitu teknik grafika pada SMK C, dan memilih program studi keempat, yaitu teknik perkapalan pada SMK C.
Nah, untuk lebbih mengetahui informasi lanjut mengenai PPDB SMK Negeri tahun pelajaran 2019/ 2020, adik- adik bisa membuka website resminya di https://jateng.siap-ppdb.com lalu memilih menu SMK Negeri.

Semoga Sukses...

No comments:

Post a Comment