Media Info Belajar

Tuesday, October 13, 2015

Cara Mengajukan NISN Siswa Baru Di VervalPD

Kelengkapan data sekolah , Sarana Prasarana, data PTK maupun data siswa merupakan hal pokok yang harus dipenuhi dalam pengisian data pada aplikasi Dapodik. Tentunya masih banyak kendala yang terjadi dalam prosesnya. Salah satunya adalah pengajuan NISN bagi siswa yang belum punya NISN di sekolah sebelumnya. Sebetulnya banyak siswa yang sudah punya tetapi kasusnya disini adalah NISN yang diperoleh dari sekolah yang sebelumnya tidak terdata oleh data yang ada di pusat.
Pengajuan NISN siswa pada masa yang lalu, masih bisa melalui NISN.data.kemdikbud.go.id, dengan mengirimkan email pengajuan. Namun dengan diluncurkannya aplikasi Dapodik, maka pengajuan NISN bisa melalui verval pd. 
Bagi rekan - rekan operator sekolah, berikut ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang bagaimana cara memasukkan atau mengajukan NISN Siswa di verval PD. Tentunya siswa baru tersebut harus benar- benar tidak mempunyai NISN atau data siswa tersebut harus sesuai dengan data yang ada di dokumen sebelumnya seperti ijazah dan SKHUN. 


Langkah - langkah mengajukan NISN Siswa Baru di Verval PD

  • Silahkan masuk ke situs vervalpd.data.kemdikbud.go.id lalu silahkan login data operator anda. dan password yang digunakan sama dengan username dan password yang digunakan pada aplikasi dapodik anda.


  • Pada tab menu atas, silahkan pilih Residu, maka akan muncul data siswa yang belum mempunyai NISN, 


  • Silahkan pilih pada siswa ingin diajukan NISN nya. Maka secara otomatis, data akan menunjukkan pencarian menurut nama dan data siswa yang bersangkutan. Anda bisa melihat pada bagian bawah tampilan layar anda.


  • Bila masih belum cocok dengan data siswa yang bersangkutan, anda bisa melakukan pencarian dengan menge-klik Search Next


  • Bila masih belum menemukan data yang cocok, anda bisa mengulangi langkah yang sama seperti tadi sampai pencarian ke-5


  • Dan bila pada pencarian ke-5 data NISN  data siswa masih belum ditemukan atau belum ada, maka anda bisa mengajukan NISN siswa baru dengan menge-klik Not Match.


  • Silahkan Klik OK pada tampilan pop up bila anda ingin mengajukan NISN baru.


  • Bila berhasil, silahkan masuk ke tab menu Referensi dan silahkan dilihat, siswa yang anda ajukan NISN tadi sudah masuk ke ke daftar siswa yang sudah mempunyai NISN. 


Demikian tulisan singkat saya mengenai cara mengajukan NISN Siswa baru di Verval PD, semoga bisa membantu rekan - rekan operator yang mengalami kesulitan dalam mengajukan NISN siswa baru melalui verval PD ini.  Bila ada pertanyaan atau kesulitan mengenai tulisan saya diatas, silahkan isikan kotak komentar di bawah ini.
Semoga bermanfaat.
Terima Kasih.