Sunday, February 7, 2016

Perbedaan Penggunaan Still, Yet, Just dan Already dalam Present Perfect Tense

Dalam penggunaan bahasa Inggris sehari - hari seringkali kita menemukan kata-kata seperti still, yet dan already. Pada pembelajaran bahasa Inggris kali ini, kami akan membahas mengenai penggunaan still, yet, just dan already. Ketiga kata tersebut biasanya ditemukan dalam present perfect tense. Seperti kita ketahui sebelumnya, present perfect tense digunakan untuk menyatakan suatu aktivitas yang dilakukan sebelum sekarang dan masih ada hubungannya dengan waktu sekarang ini. Dan langsung saja untuk lebih jelas, berikut ini penjelasan mengenai still, yet, just dan already dalam present perfect tense. 
Pada pembahasan yang pertama adalah bentuk "still". Kata "still" berarti masih ( keadaan yang sama seperti sebelumnya). Contohnya bisa kita lihat dalam kalimat "It was raining two hours ago". (Dalam kalimat diatas, berarti dua jam yang lalu keadaan sedang hujan, namun hujan masih belum juga berhenti, sehingga pada waktu sekarang ini keadaan masih sedang hujan). Contoh yang lain bisa kita lihat dalam kalimat "They were waiting for the train".Dalam kalimat diatas, Mereka sedang menunggu kereta namun kereta belum juga datang sehingga sampai saat sekarang ini mereka masih menunggu kereta.
Sedangkan pada bentuk "yet", Kata "yet" bermakna masih dan biasanya digunakan dalam kalimat negatif dan juga kalimat tanya dengan diletakkan di akhir dari kalimat. Berikut contoh penggunaan yet dalam kalimat negatif dan tanya. Contoh dalam kalimat negatif adalah sebagai berikut ini "The people have waited the film but it hasn't started yet" dan dalam kalimat "She has bought a new dress but she hasn't worn it yet". Contoh dalam kalimat tanya adalah sebagai berikut ini "Have you started your new job yet? dan bisa dilihat dalam kalimat "Have you written your letter yet?"
Dan untuk mengetahui perbedaan "yet" dengan "still" silahkan perhatikan juga pada contoh berikut ini. "John was looking for a job" yang bermakna sama dengan "John is still waiting for the job" Dalam kalimat tersebut, John sedang mencari pekerjaan di masa sebelumnya, namun saat ini dia masih menantikan pekerjaan tersebut dan sampai sekarang dia belum juga mendapatkan pekerjaan.
Selain contoh tersebut, penggunaan yet dan still berikut ini juga merupakan bentuk dari penggunaan still dan yet. "An hour ago Linda was sleeping" maka "Linda are still sleeping" dan bisa menggunakan kalimat "Linda hasn't got up yet" yang berarti Linda sedang tidur satu jam yang lalu, namun saat ini dia masih tidur dan dia belum bangun juga saat ini.
Pada penggunaan kata "just", kata "just" bermakna baru saja (a short time ago). Contoh dalam kalimatnya adalah "They have just arrived here" dan "We have just had dinner so we are not hungry". 
Sedangkan kata "already" juga bermakna sudah atau telah namun dalam konteksnya "already" digunakan untuk menyatakan sudah/ telah dalam keadaan sebelum diharapkan (before I/ you expected). Untuk lebih jelasnya berikut contoh kalimatnya "It's only nine o'clock and Shinta has already gone to bed" dan pada kalimat "I don't want to see the film because I have already seen the film."
Demikian pembahasan kami mengenai penggunaan Still, Yet, Just dan Already dalam present perfect tense. Semoga bermanfaat.