Wednesday, February 24, 2016

Sekilas Tentang Apa Itu Tes TOEIC

Bagi siswa SMK, TOEIC bukanlah suatu hal yang baru karena pada dasarnya materi pembelajaran bahasa Inggris di SMK merujuk pada materi TOEIC yang didasarkan pada penguasaan bahasa Inggris untuk mempersiapkan lulusan siap kerja yang berkualitas dengan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris berstandar internasional. Sekarang ini banyak perusahaan yang merekrut para karyawannya dengan menggunakan sertifikat tes TOEIC karena tes tersebut dipandang sesuai dengan kebutuhan kerja perusahaan- perusahaan tersebut. Nah, seperti apa tes TOEIC tersebut berikut pembahasannya.
sumber gambar : www.itc-indonesia.com
Tes TOEIC merupakan salah satu produk dari ETS (Educational Testing Service) yang berpusat di Amerika Serikat. TOEIC singkatan dari Test of English for International Communication atau dalam kata lain tes TOEIC merupakan tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dalam berkomunikasi bahasa Inggris. Tes TOEIC dikembangkan untuk mendapatkan gambaran yang nyata mengenai kemampuan bahasa Inggris seseorang yang akan atau sedang bekerja dalam perusahaan asing maupun perusahaan dalam negeri atau organisasi pemerintahan.
Dalam tes TOEIC memfokuskan pada penggunaan ungkapan sehari- hari dalam dunia kerja seperti menerima telepon, membaca surat, membaca memo dan lain sebagainya sehingga materi untuk tes yang diujikan juga tidak lepas dari beberapa materi tersebut diatas.  Ada tiga jenis tes TOEIC yaitu TOEIC Listening and Reading, TOEIC Speaking and Writing, dan TOEIC Bridge.
TOEIC Listening and Reading digunakan sebagai standar untuk mengukur keahlian mendengar dan membaca sebagai kelengkapan kemampuan untuk bekerja di lingkungan internasional. TOEIC Speaking and Writing digunakan untuk melengkapi tes TOEIC Reading and Listening dalam mengukur ketrampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Sedangkan TOEIC Bridge didesain untuk tingkat pemula yang sedang memulai belajar bahasa Inggris.
Dalam tes TOEIC Listening and Reading soal terbagi menjadi dua bagian yaitu Listening comprehension and Reading comprehension. Untuk sesi Listening Section alokasi waktunya adalah 45 menit dan sesi Reading Comprehension alokasi waktunya 75 menit. Dalam Listening Section dibagi lagi menjadi empat skop pertanyaan yaitu photograph; 10 soal, questions- responses; 30 soal, short conversations : 30 soal dan short talks : 30 soal. Sedangkan untuk Reading Comprehension dibagi menjadi tiga skop pertanyaan yaitu Incomplete Sentence: 40 soal, Error Recognition and Text Completion: 12 soal, dan Reading Comprehension ( single passage : 28 soal dan double passage : 20 soal). 
Sistem penskoran dalam tes TOEIC Skor Listening and Reading terdiri dari dua bagian dengan total total nilai berkisar antara 10-990. Pembagian skor antara lain sebagai berikut pada bagian listening dengan kisaran 5-495 dan bagian reading dengan kisaran 5-495. Skor tersebut diatas ditentukan berdasarkan jumlah soal yang dijawab dengan benar yang kemudian dikonversi dalam skala penentuan skor.
Selain tes TOEIC sebenarnya ada tes  lain yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris seperti TOEFL. Meskipun sama- sama digunakan sebagai tes internasional, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan yaitu Tes TOEFL dimaksudkan sebagai salah satu syarat untuk masuk ke perguruan tinggi di luar negeri. Materi TOEFL berisikan seputar topik akademik misalnya biologi, fisika, kimia, sejarah, ekonomi, ilmu sosial, biografi dan seni. Sedangkan skor penilaian pada tes TOEFL berkisar antara 0 - 120 dan menggunakan sistem CBT (Computer Based Test) sejak tahun 2005.
Bagi rekan- rekan guru SMK, Tes TOEIC ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan mutu pengajaran bahasa Inggris kita ke siswa karena secara tidak langsung kita akan lebih mampu mempersiapkan anak didik kita dalam menghadapi dunia kerja mereka. Apalagi pada masa sekarang sudah masuk MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) yang secara tidak langsung memberikan tantangan kepada para generasi muda kita untuk bisa bersaing dengan negara- negara lain di kawasan asia khususnya.
Salam.
Sumber Informasi TOEIC: 
www.http://itc-indonesia.com