Media Info Belajar

Wednesday, February 24, 2016

Smartphone untuk Belajar, Mengapa Tidak?

Pengguna smartphone dikalangan pelajar meningkat dengan pesat akhir- akhir ini. Namun, sebagian besar siswa menggunakan smartphone dalam jejaring sosial, main game, ataupun ngobrol dengan orang lain. Tentunya bila smartphone digunakan di sekolah maka hal tersebut bisa sangat mengganggu pelajaran. Namun ada beberapa sisi positif dalam penggunaan smartphone apabila kita sebagai guru bisa mengarahkan mereka untuk menggunakan smartphone secara efektif disekolah. 
Ilustrasi : Smartphone
Smartphone sebenarnya mempunyai banyak kelebihan bila dimanfaatkan secara baik dalam pembelajaran. Dengan fungsinya, konektivitas dan juga kemudahannya, smartphone akan membawa kita menuju pembelajaran yang modern. Kebanyakan siswa lebih tertarik belajar dengan menggunakan sistem online karena bisa dilakukan dimana saja dan dengan waktu yang lebih efektif sehingga siswa akan lebih mudah meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang akademik karena setiap informasi akan ada dalam genggaman mereka kapanpun mereka berada. Nah, pertanyaannya apakah kita sebagai guru mampu tidak mengarahkan anak didik kita menggunakan smartphone sebagai media  pembelajaran efektif? 
Pembelajaran tidak hanya berada di dalam kelas namun bisa terjadi dimanapun kita berada baik dirumah, di mobil, di halte, atau ditempat yang lain atau yang disebut dengan mobile learning. Kelebihan dari mobile learning adalah kita bisa belajar dari manapun kita berada dengan hanya menggunakan sentuhan jari kita. 
Sebagai contoh adalah seorang guru memberikan pembelajaran dan tugas dalam bentuk presentasi yang kemudian di upload ke dalam grup atau kelompok belajar siswa. Kemudian para siswa akan mencari jawaban dengan beberapa referensi yang ada di beberapa situs internet dengan menggunakan smartphone mereka dan mengupload tugas, essay atau proyek mereka melalui penyimpanan online dan membuat shared- folder.  Hal ini bisa menghemat waktu dan juga biaya untuk pencetakan kertas. 
Selain hal tersebut diatas, keuntungan dengan pembelajaran ini adalah mempersempit jarak antara guru dan murid. Para siswa bisa langsung berkonsultasi dengan guru mereka bila menemukan kesulitan dalam materi atau bahan pembelajaran pada sebuah grup atau kelompok belajar dan guru akan memberikan solusi yang tepat bagi permasalahan tersebut.
Dan apa saja tips yang harus dilakukan untuk memanfaatkan smartphone anda untuk belajar berikut beberapa tips yang bisa dilakukan 
  • Buatlah grup atau kelompok belajar untuk mempermudah koordinasi antar siswa atau siswa dengan guru.
  • Manfaatkan aplikasi pembelajaran di smartphone yang bisa didownload secara gratis atau berbayar.
  • Gunakanlah fitur- fitur yang tersedia di smartphone secara tepat dalam mengerjakan tugas khususnya  bagi siswa
  • Buatlah media penyimpanan online yang bisa diakses kapanpun.
Namun sebagai kesimpulan perlu diingat bahwa smartphone bukanlah media belajar utama, smartphone hanyalah media alternatif dalam belajar. Disini kita sebagai guru hanya memaksimalkan penggunaan smartphone untuk hal - hal yang bisa mendukung proses belajar- mengajar dengan baik, ya kan? 
Salam.