Media Info Belajar

Saturday, February 27, 2016

Tips Sukses Wawancara Kerja Bagi Siswa SMK

Bagi siswa SMK, dunia kerja bukanlah hal yang baru karena selama sekolah mereka memang dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja. Skill (keterampilan) mereka memang sudah terlatih dengan berbagai pembelajaran yang ada di SMK. Namun meskipun mereka mempunyai keterampilan (skill) banyak siswa- siswa SMK mengalami masalah dalam tahap wawancara kerja. Kemampuan (skill) komunikasi mereka ternyata tidak seimbang dengan keterampilan yang mereka miliki, maka dari itu perlu dipersiapkan pembelajaran komunikasi bagi siswa- siswa SMK agar mereka bisa sukses dalam berkomunikasi khususnya dalam menghadapi wawancara kerja. 
Dan pada tulisan berikut ini kami akan membagikan pengalaman bagaimana cara sukses wawancara bagi siswa SMK.
1. Berdoalah
Sebelum memulai wawancara, yang pertama anda bisa lakukan adalah dengan berdoa terlebih dahulu. Berdoa akan membawa kita tetap optimis, fokus, mantap terhadap rencana anda. Selain itu dengan berdoa akan menghilangkan rasa gugup sebelum wawancara. 
2. Kesan yang Meyakinkan
Buatlah suatu kesan yang meyakinkan ketika pertama kali masuk ke ruang wawancara kerja. Kesan yang pertama akan sangat menentukan kesan- kesan berikutnya. Anda bisa melakukannnya dengan berpakaian yang rapi, salam, menyapa dengan sopan, senyum, berjabat tangan, dan pandangan mata yang mantap dan tanpa keraguan dan gunakanlah bahasa tubuh yang meyakinkan. Sangat mungkin pewawancara menentukan diterima atau tidaknya anda berdasarkan kesan pertama yang dilihat. 
3. Persiapkan dan pelajari informasi dengan baik
Tahapan wawancara adalah saat yang menentukan anda diterima atau tidak dalam pekerjaan. Usahakan persiapkan diri anda dengan baik, berlatihlah dan pelajari semua tentang CV atau jenis pekerjaan yang anda ajukan dalam perusahaan tersebut. Sangat dianjurkan anda melihat profil perusahaan atau jenis pekerjaan yang anda ajukan. Pewawancara akan menanyakan kemampuan, keterampilan, dan pengalaman anda serta bertanya mengenai rencana anda ketika anda diterima nanti. 
4. Gunakan bahasa komunikasi yang baik
Komunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi anda ketika menghadapi wawancara. Cara berkomunikasi yang baik menentukan nilai tambah bagi anda untuk diterima di perusahaan. Pergunakanlah bahasa yang baku dan sopan serta jawablah pertanyaan dengan tegas dan benar. Namun bila anda merasa ragu atau kurang yakin, berfikirlah sejenak atas pertanyaan tersebut. Karena dengan gegabah menjawab pertanyaan akan berakibat buruk bagi anda.
5. Sikap positif 
Poin utama ketika anda melakukan interview adalah pewawancara akan melihat sikap positif anda. Sikap positif merupakan dasar dalam bekerja dan sikap positif anda akan memberikan nilai tambah ( added value) bagi pertimbangan perusahaan melalui pewawancara. Sikap positif juga bisa berarti sikap optimisme anda dalam menghadapi pekerjaan.
6. Jujur
Dalam setiap pertanyaan yang diajukan bersikaplah jujur. Perusahaan tidak akan menerima orang yang mempunyai sikap (attitude) tidak jujur. Hindarilah kebohongan dalam setiap jawaban dalam wawancara. Setiap kebohongan yang anda lakukan akan berlanjut pada kebohongan lain selanjutnya.