Media Info Belajar

Tuesday, March 22, 2016

Perlukah Lulusan SMK Melanjutkan Kuliah?

Berbicara mengenai SMK tentunya tidak bisa terlepas dari sistem pendidikan yang dirancang untuk mencetak lulusan yang profesional dan siap kerja. Tidak mengherankan bila sebagian besar lulusan SMK memilih untuk langsung bekerja dibandingkan dengan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi sehingga kebanyakan siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi masih didominasi oleh lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA). 
Ilustrasi Praktik Perakitan siswa SMK
Dengan adanya persaingan dalam dunia kerja sekarang ini, melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi menjadi pilihan bagi siswa SMK setelah lulus. Dengan bekal keterampilan dan keahlian yang diperoleh di SMK saja ternyata belum cukup untuk bersaing dengan situasi dan kondisi yang ada sekarang ini. Perkembangan jaman menuntut lulusan SMK untuk bisa bersaing dengan lulusan dengan tingkat yang lebih tinggi misalnya lulusan perguruan tinggi. Dan apabila lulusan SMK melanjutkan studinya, maka keahlian dan keterampilan mereka juga akan lebih berkembang, dengan hal ini secara otomatis akan meningkatkan daya saing dan juga kompetensi lulusan yang ada. 
Lulusan SMK saat ini diberikan kesempatan untuk memilih program studi yang relevan dengan jurusannya ketika mereka sekolah. Hal ini juga sesuai ketentuan berbagai seleksi masuk perguruan tinggi. Pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), para siswa SMK juga memiliki kesempatan yang sama seperti siswa SMA namun siswa lulusan SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
Dan berikut ini beberapa fakta mengapa lulusan SMK perlu melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.
1. Perkembangan jaman
Daya saing yang ketat sekarang ini menuntut lulusan untuk lebih berkembang lagi dalam segi kompetensi dan keahliannya. Kuliah di perguruan tinggi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya saing yang sangat ketat sesuai dengan perkembangan jaman sekarang ini. 
2. Perubahan cara pandang dan pengalaman
Bagi siswa SMK, kuliah merupakan cara untuk merubah cara pandang mereka tentang bagaimana menatap masa depan. Dengan kuliah, cara pandang dan pengalaman tentunya akan berbeda dalam menghadapi era atau jaman dalam hal persaingan, keahlian, dan kompetensi. 
3. Kompetensi keahlian
Kompetensi keahlian  bagi lulusan SMK yang melanjutkan ke perguruan tinggi membuka kesempatan bagi mereka untuk lebih siap dalam menghadapi dunia industri yang ditawarkan sekarang ini. 

Nah, dari hal diatas bisa disimpulkan bahwa lulusan SMK mempunyai kesempatan yang lebih terbuka untuk menghadapi dunia kerja. Namun dengan keadaan dan situasi industri yang ditawarkan sekarang ini, siswa lulusan SMK alangkah lebih baiknya meng-upgrade keahlian dan kompetensi yang sudah dimiliki dengan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Bekerja sambil kuliah merupakan langkah yang tepat bagi siswa lulusan SMK untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya. 
Dan bagi anda lulusan SMK, bagaimanakah pendapat anda? Perlukah siswa lulusan SMK melanjutkan ke perguruan tinggi? Silahkan tuliskan pendapat anda pada kolom komentar berikut ini
Terima kasih, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kekurangan. Salam.