Media Info Belajar

Friday, March 4, 2016

Seperti Apa Sih Guru yang Ideal itu? Berikut Kriterianya

Guru mempunyai peran sentral dalam proses pendidikan. Keberhasilan sebuah generasi merupakan salah satu peranan guru juga. Dalam proses belajar mengajar, guru tidak hanya bertugas mengajar saja tetapi juga harus mendidik siswa untuk menjadi lebih baik. Bahkan menurut Undang- Undang guru dan dosen No. 14 tahun 2005, tugas guru  adalah mencakup kegiatan pokok yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan. Menjadi guru ideal adalah harapan bagi semua guru. Tentunya ideal disini bukanlah menjadi sempurna karena kriteria untuk menjadi ideal bagi guru itu relatif tergantung segi pandangan yang digunakan.  Dan sebenarnya seperti apa sih kriteria guru ideal itu, berikut ini kami rangkum beberapa pendapat dari rekan- rekan sahabat Ahzaa Media tentang kriteria guru ideal.
Ilustrasi guru mengajar
Role Model
Guru ideal adalah guru yang bisa memberikan panutan atau role model yang baik pada siswanya baik masalah disiplin waktu, mengajar, maupun dalam kesehariannya.  
Percaya diri
Seorang guru yang ideal adalah guru yang mempunyai rasa percaya diri. Guru bisa menunjukkan sikap yang positif melalui ekspresi yang bisa tergambar di wajahnya terhadap siswa ketika mengajar. Salah satu kunci memupuk percaya diri adalah memiliki konsep diri yang baik .
Menguasai Materi
Guru ideal itu menguasai materi yang diajarkan. Tentunya seorang guru harus kompeten terhadap materi artinya menguasai subjek atau pelajaran yang diajarkan. 
Inovatif
Guru ideal itu adalah guru yang inovatif, bisa menciptakan hal- hal yang baru dalam proses belajar- mengajar. Guru mempunyai tugas mentransformasikan ilmu kepada para siswanya. Pembelajaran konvensional bisa dianggap membosankan bagi sebagian siswa. Dengan pembelajaran inovatif, siswa akan lebih tertarik untuk belajar dan memahami ilmu. Guru yang baik akan menciptakan pembaharuan- pembaharuan dalam pengajarannya.
Jelas dalam menerangkan
Guru ideal itu menyampaikan materi secara jelas baik dalam tulisan maupun penjelasan di kelas. Dalam pembelajaran, guru pasti akan menghadapi karakter siswa yang bermacam- macam. Seorang guru yang ideal pasti akan bersikap sabar dalam menghadapi keanekaragaman karakter di kelasnya. Guru juga bisa menerapkan metode khusus sesuai dengan keadaan yang ada di kelasnya. 
Guru yang Terbuka
Guru ideal itu adalah guru yang "terbuka", maksudnya adalah guru tidah hanya menguasai satu bidang saja namun harus mempunyai pengetahuan yang luas tentang keadaan terkini. Guru juga bisa menerapkan pengalaman- pengalaman hidupnya dengan berbagai konteks pelajaran yang diajarkan. Persiapan yang matang, adalah modal utama bagi seorang guru. 
Memiliki rasa humor
Seorang guru yang ideal memiliki rasa humor yang baik. Namun, humor- humor tersebut masih dalam tahapan yang wajar atau tidak melampaui batasan. Humor akan membawa proses pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak kaku.

Demikianlah tulisan kami tentang kriteria guru ideal. Semoga bermanfaat.