Wednesday, April 20, 2016

Berikut ini Materi Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Pelajari Untuk Menghadapi USM STIS 2016

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau yang biasa dikenal dengan STIS merupakan salah satu sekolah kedinasan yang pada tahun ini membuka peluang calon peserta didik lumayan banyak. Banyak siswa SMA yang mengharapkan bisa diterima di sekolah tinggi ini karena prospek masa depan yang menjanjikan setelah lulusnya. Maka tidaklah mengherankan bila antusiasme siswa calon pendaftar semakin banyak setiap tahunnya. 
Dalam tahapan ujian seleksi masuk, STIS akan mengadakan tes atau ujian seleksi dalam tiga tahapan yaitu tahap I, II, dan III. Khusus dalam tahap I, materi yang akan diujikan adalah materi pelajaran matematika dan bahasa Inggris.
Pada tulisan ini yang ingin saya bahas adalah tentang isi dari materi ujian STIS pada tahap yang pertama khususnya bahasa Inggris. Berdasarkan soal- soal STIS tahun sebelumnya, soal bahasa Inggris berjumlah 60 butir soal dengan alokasi waktu 60 menit. Nilai jawaban tiap soal adalah 4 untuk jawaban benar, 0 untuk kosong atau tidak ada jawaban dan -1 untuk jawaban yang salah atau lebih dari satu. 
Bagi kamu yang berencana mendaftar ke STIS dan  masing bingung akan gambaran materi apa yang harus dipelajari dan dikuasai khususnya dalam bahasa Inggris. Berikut ini akan saya jelaskan secara detail materi yang harus dikuasai. Pada soal bahasa Inggris terbagi menjadi dua bagian (part). Pada bagian yang pertama adalah tipe soal dengan bentuk Structure. Bentuk soal ini membutuhkan kejelian dan kemampuanmu dalam tata bahasa Inggris (Grammar).
Dan inilah gambaran materi grammar bahasa Inggris berdasarkan soal pada ujian seleksi masuk STIS pada tahun 2015 yang lalu.
1. Tenses
Materi tentang tenses adalah salah satu materi yang harus kamu kuasai dalam ujian. Ada banyak varian soal yang menyinggung masalah tenses. Tips-nya adalah kuasailah bentuk tenses dan macamnya serta perhatikan bentuk penanda waktu (time signal) dari setiap macam tenses. 
2. Passive Voice
Bentuk pasif dalam bahasa Inggris sering sekali dimunculkan dalam soal USM STIS beberapa tahun terakhir. Perhatikan bentuk dan ciri- ciri kalimat pasif yang terdapat dalam kalimat misalnya pemakaian "by" atau bentuk kata kerjanya yaitu penggunaan Be dan Past Participle. 
3. Subjunctive
Dalam soal USM STIS, materi subjunctive mencakup past wish dan present wish. Biasanya pertanyaan dengan pola subjunctive adalah diminta untuk menyatakan fakta yang sesuai dengan arti kalimat pada soal. 
4. Conditional Sentence
Soal dalam bentuk conditional sentence biasanya bertipe melengkapi clausa yang terdapat dalam kalimat. Untuk menjawabnya, perhatikan terlebih dahulu pola yang digunakan apakah menggunakan bentuk tipe I, II, maupun III.
5. Conjunction
Salah satu bab yang sering muncul dalam soal USM STIS beberapa tahun terakhir adalah penggunaan conjunction dalam kalimat. caranya adalah perhatikan hubungan antar kalimat dan tentukan conjunction yang tepat untuk menghubungkan keduanya misalnya saja menyatakan hubungan sebab akibat atau syarat.
6. Degree of Comparison
Dalam soal dengan materi degree of comparison, perhatikan tipe perbandingan kemudian tentukan ciri- cirinya.
7. Gerund dan To Infinitive
Tips dalam mengerjakan soal dengan Gerund dan To Infinitive adalah perhatikan perbedaan penggunaan Gerund dan To infinitive manakah kata kerja yang diikuti oleh Gerund maupun kata kerja yang diikuti oleh To Infinitive.
8. Causative 
Causative berarti menyuruh, dengan menggunakan pola tertentu seperti have/ has/ had/ get/  dan sebagainya. Pelajarilah bentuk atau pattern dari setiap kata kerja yang termasuk dalam Causative.
9. Noun Phrase
Bila menemukan soal- soal yang menginstruksikan mengurutkan beberapa kata sifat menjadi bentuk phrase maka itulah ciri- ciri soal dengan materi bab Noun phrase. Perhatikan susunan kata sifat secara berurutan untuk membuat frase yang tepat.
10. Direct and Indrect Speech
Soal yang bermaterikan Direct and Indirect speech dalam USM STIS tahun lalu bertipe mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung.

Pada bagian yang kedua (part 2) adalah tentang penguasaan vocabulary dan Reading comprehension. Soal berjumlah 10 soal dengan menyajikan berbagai macam tema teks reading dengan tipe soal menyatakan informasi baik tersirat maupun tersurat yang terdapat dalam teks. Selain itu ada beberapa pertanyaan yang menyinggung tentang vocabulary misalnya sinonim maupun antonim.

Bila kamu ingin berlatih semua materi bahasa Inggris diatas, kamu bisa masuk ke menu Materi Belajar submenu Bahasa Inggris pada blog ini juga.


Semoga sukses.