Tuesday, April 19, 2016

Berikut Ini yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Ambil Tes TOEFL

TOEFL tes merupakan salah satu tes yang dikeluarkan oleh English Testing Service (ETS) untuk menyaring mahasiswa yang mendaftar di perguruan tinggi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Tes TOEFL termasuk dalam tes proficiency, artinya menguji keterampilan berbahasa untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang tanpa ada kaitannya dengan proses belajar mengajar. 
Ada tiga macam tes TOEFL yaitu International TOEFL test, Institutional TOEFL test dan TOEFL Like -Test. Perbedaan dari ketiganya adalah dalam bentuk soalnya. Soal International test memakai soal yang baru dalam setiap pelaksanaan tes. Sedangkan soal untuk institutional test dan TOEFL Like-test memakai soal- soal yang bersumber pada soal beberapa tahun sebelumnya. 
Reach your dreams
Masa berlaku tes TOEFL juga berbeda- beda. Untuk jenis International TOEFL Test, masa berlaku sampai dengan dua tahun sedang Institutional TOEFL Test masa berlakunya hanya enam bulan. 
Sampai dengan saat ini, ada tiga jenis tes TOEFL yang dikeluarkan oleh ETS yaitu PBT (Paper Based Test) TOEFL, CBT (Computer Based Test) TOEFL dan iBT (internet Based Test ) TOEFL. 
Dan bagi kamu yang ingin menguji keterampilanmu dalam bahasa Inggris melalui tes TOEFL, berikut struktur tes TOEFL yang harus kamu ketahui untuk mendapatkan skor yang maksimal.
Tes TOEFL terdiri dari tiga bagian (section) dengan pertanyaan sebanyak 140. Ada tiga bagian dalam tes TOEFL yang harus dilalui yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension.
Bagian Pertama ; Listening Comprehension
Dalam bagian yang pertama yaitu Listening Comprehension, akan didengarkan percakapan atau pidato pendek melalui media audio seperti CD atau tape. Jumlah soalnya adalah lima puluh butir soal dengan alokasi waktu empat puluh menit. pada sesi yang pertama ini, kemampuanmu dalam listening akan benar- benar diuji. Listening Comprehension terdiri dari tiga bagian yaitu :
  1. Bagian A (Part A) terdiri atas 30 pertanyaan
  2. Bagian B (Part B) terdiri atas 7 sampai 8 pertanyaan
  3. Bagian C (Part C) terdiri atas 11 sampai 13 pertanyaan

Pada Part A, kamu akan mendengar percakapan pendek antara dua orang dan setiap percakapan akan diikuti oleh satu pertanyaan. Sedang dalam part B, kamu akan mendengar sebuah percakapan panjang antara dua orang dan setiap percakapan yang panjang akan diikuti oleh beberapa pertanyaan. Pada part C, kamu akan mendengarkan ceramah pendek dan setiap ceramah pendek akan terdapat beberapa pertanyaan yang mengiringinya. 
Bagian Kedua; Structure and Written Expressison
Bagian yang kedua adalah Structure and Written Expression. Dalam bagian yang kedua ini akan menguji kemampuanmu dalam  bahasa tulis. Kemampuan grammarmu akan menentukan keberhasilanmu dalam bagian yang kedua ini. Structure and Written Expression terdiri atas dua bagian yaitu Structure dan Written expression
Pada bagian Structure, kamu akan menjawab pertanyaan yang jumlahnya lima belas soal dalam kalimat- kalimat yang tidak lengkap. Ada 4 pilihan atau opsi dalam soal tersebut yaitu A,B,C, dan D yang berupa kata atau frase. 
Bagian Written Expression terdiri dari 25 pertanyaan yang berupa kalimat dimana setiap kalimat tersebut terdapat kata atau frase yang digaris bawahi yang ditandai dengan huruf A, B, C, dan D. Dari keempat kata atau frase tersebut kamu akan memilih salah satu kata atau frase yang salah.  
Bagian Ketiga ; Reading Comprehension
Reading Comprehension adalah bagian yang ketiga dalam tes TOEFL dengan jumlah 50 butir soal dan dikerjakan dalam waktu 55 menit. Pada bagian ini akan mengukur kemampuan kamu dalam hal menganalisis, memahami suatu teks atau bacaan. Materi dalam tes reading adalah seputar tema, topik, ide utama, vocabulary, rujukan, bahkan kesimpulan. 
Tema -tema dalam teks reading yang diangkat adalah sangat beragam, mulai dari bahasan biologi, geologi, seni, politik, sejarah, kesehatan, sastra, dan sebagainya. Hal yang bisa kamu lakukan untuk sukses dalam bagian reading adalah latihlah kemampuan membacamu baik membaca artikel, teks atau bacaan bahasa Inggris. 

Nah, pada intinya tes TOEFL dalah mengujikan kemampuan kamu dalam bahasa Inggris. Salah satu cara yang terbaik yang bisa kamu lakukan adalah berlatih dan berlatih. Dan semoga informasi diatas bisa membantumu dalam mempersiapkan tes TOEFL yang akan kamu ambil. Semoga sukses.