Media Info Belajar

Tuesday, April 12, 2016

Yuk Jangan Pernah Merasa Minder Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta

Berbicara mengenai kelulusan, hal pertama yang paling umum dibahas oleh anak- anak SMA adalah rencana melanjutkan kemana setelah lulus. Sebagian siswa mungkin sudah mempunyai rencana yang matang tentang tujuan kuliah mereka nanti, namun masih banyak juga yang masih bingung harus memilih perguruan tinggi yang terbaik bagi mereka. Sebenarnya ada dua alternatif yang bisa dipilih apakah melanjutkan ke perguruan tinggi negeri atau swasta.
Berkaitan dengan kuliah di perguruan tinggi, beberapa orang berpendapat bahwa kuliah di perguruan tinggi negeri mempunyai kualitas, output lulusan, dan "nilai prestige" yang lebih tinggi dibandingkan dengan kuliah di swasta. Oleh karena itu mereka selalu berlomba- lomba untuk bisa masuk dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan setiap tahunnya. Dan tidaklah mengherankan bila penerimaan mahasiswa pada perguruan tinggi negeri melalui SNMPTN, SBMPTN , ataupun Ujian Mandiri  menarik antusiasme siswa yang sangat besar.
Kadang kuliah di perguruan tinggi negeri menjadi prioritas utama yang harus dicapai tanpa mempertimbangkan minat dan kemampuan mereka sendiri. Hal itu terlihat ketika pendaftaran perguruan tinggi negeri masih banyak siswa yang mendaftar dalam suatu program studi hanya berdasarkan kebutuhan "ingin kuliah" saja tanpa mempertimbangkan kemampuan diri sendiri apakah cocok dengan jurusan atau program studi tersebut. Hal inilah yang menyebabkan banyak mahasiswa kehilangan jati dirinya semasa kuliah atau yang bisa disebut dengan " salah jurusan". Tentunya hal ini sangat berbahaya sekali karena akan berpengaruh terhadap kesuksesan mereka sendiri di masa mendatang.
Sebenarnya kuliah di perguruan tinggi swasta adalah sebuah alternatif ketika kamu tidak diterima di perguruan tinggi negeri baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN ataupun UM.  Tentunya kamu juga harus memilih perguruan tinggi swasta mana yang berkompeten yang mempunyai standar yang baik dalam kurikulum pendidikannya. Namun ada  pandangan dalam masyarakat yang menyatakan bahwa terjadi perbedaan yang sangat jauh bila kuliah di perguruan tinggi negeri dan swasta.
Dalam perbincangan saya dengan beberapa teman, kadang- kadang mereka juga merasa kurang percaya diri bila menyatakan bahwa mereka adalah lulusan perguruan tinggi swasta atau sedang belajar di perguruan tinggi swasta. Apakah kuliah di negeri mempunyai nilai- nilai lebih dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta? Dan apakah faktor penentu keberhasilan seseorang itu berasal dari latar belakang pendidikannya?
Nah, dari pemaparan diatas, tentunya tidak sepenuhnya hal tersebut benar bila lulusan negeri atau swasta menentukan kesuksesan. Faktor penentu dalam kesuksesan kamu dalam dunia kerja adalah pribadi masing- masing bukan dari apakah mereka lulusan perguruan tinggi negeri atau lulusan perguruan tinggi swasta. Bila dilihat di berbagai media banyak mahasiswa pada perguruan tinggi swasta yang menorehkan berprestasi dan banyak pula lulusan perguruan tinggi swasta yang mengalahkan lulusan perguruan tinggi negeri dalam penerimaan di dalam dunia kerja. Keberhasilan akan segala sesuatu hanya berasal dari diri pribadi masing- masing bukan dari asal perguruan tinggi.
Suatu saat semua lulusan baik lulusan perguruan tinggi negeri atau swasta akan berbaur menjadi satu dalam tujuan yang sama yaitu memperoleh kesempatan kerja. Dan disitulah akan dilihat kemampuan dan keahlian kamu dalam dunia kerja tanpa dilihat dari perguruan manakah baik negeri atau swasta.
Dan sebagai penutup dari uraian ini adalah bahwa kualitas pribadi adalah hal yang utama dalam dunia kerja tanpa dilihat dari manakah kamu berasal. Baik negeri atau swasta mempunyai kekuatan dan kelemahannya masing- masing. Tentunya mulailah tetapkan pilihanmu secara mantap baik pada perguruan tinggi negeri atau swasta. Pilihlah perguruan tinggi yang bisa mengembangkan bakat dan kemampuanmu secara maksimal. Tidak lolos dalam SNMPTN, SBMPTN  atau UM bukanlah akhir dari segalanya dan masih ada alternatif lain yang bisa dipilih.
Salam Sukses.

Sumber Gambar : www.ultrasoundschoolinfo.com