Media Info Belajar

Wednesday, May 11, 2016

Berikut Ini Hal- Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Setelah Lolos Seleksi SNMPTN 2016

SNMPTN merupakan salah satu dari tiga jalur masuk perguruan tinggi negeri selain melalui SBMPTN dan Jalur Mandiri. Adapun komponen dasar penilaian kelulusan peserta SNMPTN 2016 adalah merujuk nilai rapor sekolah dan prestasi selama siswa menjadi pelajar sekolah menengah atas. Hasil SNMPTN tahun 2016 memang sudah diumumkan pada Senin tanggal 9 Mei 2016 yang lalu mulai pukul 13.00 WIB. Bagi adik- adik yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2016, Ahzaa ucapkan selamat ya. Bagi yang belum keterima, jangan pernah menyerah kaarena masih ada kesempatan lagi baik melalui SBMPTN maupun jalur madiri.
Nah, bagi adik- adik yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN,ada beberapa hal yang harus dicermati lagi antara lain sebagai berikut :
1. Cetak kartu tanda peserta 
Bagi adik- adik yang sudah lolos, maka harus melakukan pemberkasan proses administrasi salah satunya adalah cetak kartu tanda peserta. Pencetakan kartu bisa dilakukan melalui laman resmi SNMPTN pada tanggal 24 Mei sampai dengan 31 Mei 2016. 
Suasana sebelum Try Out
2. Daftar Ulang
Peserta yang dinyatakan lolos pada jalur SNMPTN 2016 ini wajib untuk melakukan daftar ulang. Daftar ulang akan dilakukan di perguruan tinggi dimana adik- adik diterima. Daftar ulang akan dilakukan pada 31 Mei 2016 dengan memperhatikan beberapa syarat data akademik yang harus diverifikasi antara lain rapor dan portofolio yang asli. Ingat, bahwa kehadiran adik- adik untuk melakukan daftar ulang menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta PTN sebagaia mahasiswa PTN. Setelah Peserta SNMPTN dinyatakan lolos verifikasi, maka status peserta SNMPTN ditetapkan diterima sebagai mahasiswa di PTN tersebut.
3.  Cermati pengumuman PTN masing- masing
Hal yang penting dan tidak kalah penting dari kedua hal diatas adalah jangan pernah ketinggalan informasi dari perguruan tinggi tempat adik- adik diterima. Perhatikan pula pada  ketentuan, syarat, jadwal, dan tempat daftar ulang (registrasi). Rajin- rajinlah membuka website atau laman PTN tujuan masing- masing agar tidak tertinggal informasi, karena syarat, ketentuan dan jadwal registrasi (daftar ulang) harus dilihat di website/laman PTN tujuan masing-masing.
Dan bagi adik- adik peserta SNMPTN yang merupakan peserta Bidikmisi, selain dilakukan verifikasi terhadap data akademik, PTN tujuan juga melakukan verifikasi data ekonomi dan kunjungan ke alamat tinggal peserta SNMPTN untuk menetapkan status penerimaan Peserta SNMPTN sebagai mahasiswa. 
Demikian informasi ini tentang hal- hal yang harus diperhatikan setelah lolos SNMPTN, semoga bisa menambah informasi bagi adik- adik peserta SNMPTN yang lolos untuk melakukan tahapan berikutnya. Semoga bermanfaat. Salam.
(Dari berbagai sumber)