5/23/2016

Berikut ini Lima Fakta Menarik Tentang Matematika yang Perlu Diketahui

Bila kita membicarakan tentang mata pelajaran matematika, hal yang pertama ada di benak kita adalah sulit, rumit, ribet, dan penuh hitung- hitungan. Memang sih sebagian dari kita pasti berpendapat hal yang sama bila membandingkan maapel tersebut dengan mata pelajaran yang lainnya.
Salah satu alasan yang mendasari bahwa matematika itu sulit adalah anggapan yang menyatakan matematika itu terlalu banyak dalam perhitungan yang membutuhkan kerja keras dalam berfikir.
Sebenarnya bila dilihat lebih jauh, matematika itu sebenarnya menyenangkan dan mempunyai banyak kegunaan dalam kehidupan. Dengan metode yang baik, Matematika akan menjadi pelajaran yang mengasyikkan bagi siswa karena akan melatih  siswa menyelesaikan tantangan dalam soal- soalnya sehingga mereka akan terbiasa menyelesaikan masalah - masalah yang akan mereka hadapi di masa depan.

matematika itu menyenangkan
Ilustrasi
Nah, pada tulisan artikel berikut ini saya akan mengemukakan beberapa fakta menarik tentang matematika yang perlu anda ketahui.

1. Matematika itu sebenarnya indah dan menarik
Seseorang yang sangat menyukai Matematika pasti berfikir bahwa matematika itu adalah mata pelajaran yang sangat menarik karena berisikan  angka, bentuk, teori dan simbol- simbol tertentu yang saling terhubung dengan  masalah dan penyelesaian. Dengan seringnya latihan berbagai bentuk soal maka akan terbentuk suatu kebiasaan yang baik dalam mempelajari matematika dan lama kelamaan matematika itu adalah bagian dari kita.

2. Matematika selalu berhubungan dengan subjek lain
Dalam setiap aspek kehidupan pasti kita tidak akan pernah terlepas dari matematika. Dalam perkuliahan misalnya, jurusan apapun yang kita ambil, apakah komputer, teknik informatika, fisika, biologi bahkan bahasa sekalipun pasti memasukkan unsur matematika di dalamnya. Dalam kehidupan sehari- hari, kita juga tidak akan pernah terlepas dari perhitungan matematika baik dalam perhitungan sederhana, angka, maupun uang.

3. Matematika itu logis
Matematika itu bukanlah ilmu untuk membuat pernyataan yang abstrak, namun matematika menekankan ke dalam dasar- dasar pembuktian yang benar. Dalam hal ini sebagian orang beranggapan bahwa matematika merumuskan hal- hal yang logis.

4. Matematika itu membuat segalanya lebih mudah
Terbiasa belajar matematika akan melatih kita untuk lebih berfikir logis dan tepat dalam menyelesaikan setiap permasalahan dalam hidup kita. Karena ada sebuah persamaan di dalam ilmu matematika dan kehidupan kita yaitu permasalahan dan solusi. Dalam matematika, kita diajarkan untuk menemukan setiap jawaban secara logis dari semua pertanyaan yang diberikan, begitu pula dalam kehidupan, kita juga akan dituntut menemukan jalan keluar dari setiap permasalahan yang kita hadapi.

5.Jurusan Matematika punya peluang yang bagus
Saya pernah membaca sebuah buku menarik berjudul Tujuh Jurusan Bergaji Besar karya Ina Liem, beliau mengemukakan dalam buku tersebut bahwa Matematika adalah pemuncak dari tujuh jurusan dengan gaji besar di dunia. Dengan  masuk ke jurusan Matematika justru membuka peluang untuk dapat bergabung dengan perusahaan besar kelas internasional.

Nah, demikian fakta- fakta menarik tentang mata pelajaran matematika yang perlu anda ketahui. Memang sekarang ini Matematika masih dianggap sebagai momok bagi sebagian siswa, namun dengan mengetahui kelebihan- kelebihan yang bisa didapatkan ketika mempelajari Matematika, maka mudah- mudahan terjadi perubahan cara pandang terhadap mata pelajaran tersebut dan siswa akan lebih tertarik dalam mempelajari Matematika. Sekian semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.
Salam sukses.

No comments:

Post a Comment