Monday, May 9, 2016

Lolos SNMPTN 2016, Salah Satu Kesempatan Masuk Ke Perguruan Tinggi Negeri

Pengumuman seleksi SNMPTN menurut jadwal akan diumumkan pada tanggal 9 Mei 2016, atau hanya tinggal beberapa jam saja saat tulisan ini dibuat. Bagi adik- adik yang mendaftar ke perguruan tinggi negeri melalui jalur ini, tentunya ini adalah salah satu kesempatan untuk bisa diterima ke perguruan tinggi negeri selain SBMPTN. Sebagian siswa menganggap penerimaan SNMPTN lebih mudah dibandingkan dengan  SBMPTN karena memang harus mengerjakan ujian yang murni. 
Lolos SNMPTN
Foto : ilustrasi
Source : www.collegeexperts.net
Pola dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun dan atau nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik. Selain itu ada beberapa pertimbangan lain seperti nilai Ujian Nasional.
Berdasarkan jadwalnya, pengumuman akan dapat dilihat pada jam 13.00 WIB melalui laman resmi http://pengumuman.snmptn.ac.id. Selain laman resmi SNMPTN, ada sebelas laman masing- masing universitas negeri di Indonesia yang bisa dibuka untuk melihat pengumuman SNMPTN diantaranya http://snmptn.unand.ac.id, http://snmptn.unsri.ac.id, http://snmptn.ui.ac.id, http://snmptn.ipb.ac.id, http://snmptn.itb.ac.id, http://snmptn.undip.ac.id, http://snmptn.ugm.ac.id, http://snmptn.its.ac.id, http://snmptn.unair.ac.id, http://snmptn.untan.ac.id, dan http://snmptn.unhas.ac.id.
Nah, dari banyaknya siswa yang mendaftar ke perguruan tinggi negeri, pastinya tidak semua akan diterima melalui jalur SNMPTN ini. Buat adik- adik yang lolos dalam seleksi SNMPTN tahun ini, perasaan yang puas pasti akan dapat dirasakan karena sudah mengantongi tiket diterima ke perguruan tinggi negeri. Dan bagi adik- adik yang belum diterima, kesempatanmu belum tertutup kok, masih ada kesempatan lain untuk diterima di perguruan tinggi negeri impianmu, yaitu dengan jalur SBMPTN. 
Penerimaan jalur SBMPTN akan memberikan kesempatan luas bagi adik- adik untuk bisa diterima di perguruan tinggi negeri meskipun adik- adik harus melaksanakan ujian seleksi baik tertulis maupun keterampilan. Nah saat pengumuman SNMPTN ternyata nama kamu tidak masuk dalam kategori siswa yang diterima maka segeralah mendaftar SBMPTN karena ini adalah kesempatan adik- adik untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Selain itu persiapkan diri adik- adik untuk menghadapi ujian dengan baik karena ujian SBMPTN terdiri dari ujian tulis dan ujian keterampilan yang sistemnya sangat berbeda dengan seleksi penerimaan SNMPTN.

Sumber gambar : 
www.collegeexperts.net