Media Info Belajar

Wednesday, May 4, 2016

Mengenali Tipe Dan Cara Penyelesaian Soal Bahasa Inggris SBMPTN

Bila dilihat dari pola soal bahasa Inggris beberapa tahun terakhir ini, Materi SBMPTN mapel bahasa Inggris berupa soal reading comprehension dengan tingkat kesulitan soal yang hampir sama dengan TOEFL tes. Oleh karena itu, adik- adik harus mempersiapkan diri sebaik- baiknya dengan banyak membaca berbagai jenis teks dan menguasai kosakata (vocabulary) dengan baik agar sukses dalam menghadapi seleksi SBMPTN tahun ini. 
Mengenai cara memahami bentuk soal reading, kami pernah membahasnya pada beberapa waktu sebelumnya pada artikel cara memahami pertanyaan reading dalam bahasa Inggris. Namun, sebagai pelengkap untuk menghadapi SBMPTN tahun ini, akan kami jelaskan kembali meskipun pada intinya hampir sama. 
Gambar : Ilustrasi
Source : http://www.successpraxis.com
Sebelum mengerjakan soal- soal reading, tentunya ada beberapa strategi yang bisa adik- adik terapkan, antara lain :


  • Baca seluruh pertanyaan sebelum membaca teks
  • Cari dan pahami kata kunci yang terdapat dari masing- masing pertanyaan
  • Baca teks sambil menandai pernyataan di teks yang ada hubungannya dengan kata kunci setiap pertanyaan.
  • Jawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang paling sesuai dengan pernyataan yang ada di teks.
  • Dahulukan menjawab pertanyaan yang paling mudah.
Adapun teknik membaca yang bisa adik- adik pakai untuk mengerjakan soal- soal tersebut adalah dengan 
  • Metode Skimming (reading for the gist), yaitu preview untuk mendapatkan gambaran umum, judul, topik maupun ide utama bacaan.
  • Metode Scanning (reading for the detail) yaitu untuk memahami isi bacaan secara detail atau menyeluruh untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang berupa 5W +H , True or False Statement, Conclusion of The text, dan sebagainya.
Ada tiga bentuk tes bahasa Inggris reading comprehension yang diujikan dalam SBMPTN yaitu :
A. One full text comprehension - pada tes jenis ini seperti pada jenis tes reading comprehension lainnya, kamu harus menjawab pertanyaan seputar teks yang terdapat diatasnya, Dan pertanyaan - pertanyaan yang muncul adalah seputar topic, main idea, purpose, title, dan sebagainya. 
Nah, berikut ini beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam soal one full text comprehension SBMPTN dan cara menyelesaikannya.
1. Topik
Beberapa tipe soal yang menyatakan topik adalah sebagai berikut :
  • What is the topic of the text?
  • The topic of the test is ....
  • The text is about....
  • The text tells us about ....
  • What is the main information of the text?
  • What does the text mainly discuss?

Adapun cara penyelesaian soal- soal yang menanyakan topik (intisari/ gagasan umum bacaan ) adalah sebagai berikut :
Cari kata atau frase yang paling sering muncul di bacaan, kemudian pilihlah jawaban yang sesuai.
Baca kalimat pertama dan kedua setiap paragraf, kemudian simpulkan intisarinya dan pilihlah jawaban yang sesuai. 
2. Title
Beberapa tipe soal yang menanyakan "title " atau judul bacaan adalah "What is the best title of the text above?"
Cara menyelesaikan soal- soal yang menanyakan title atau judul adalah dengan mencari pilihan jawaban (A-E) yang paling sesuai dengan jawaban.
3. Main Idea/ main  information (pikiran utama/ kalimat utama dalam paragraf)
Main idea merupakan pengembangan topik bacaan, maka menyelesaikannya adalah dengan memilih jawaban (A-E) yang sesuai dengan topik bacaan. Bila main idea bersifat tersirat (implicit), maka mencarinya dengan :
untuk paragraf deduktif (umum - khusus) yaitu dengan membaca kalimat pertama, kedua dalam paragraf dan kemudian pilihlah jawaban yang sesuai.
Untuk paragraf induktif (khusus- umum) dengan membaca kalimat terakhir paragraf yang biasanya berupa kesimpulan, kemudian pilihlah jawaban yang sesuai.
4. Aim/ purpose the writer (tujuan utama penulis)
Untuk mengetahui tujuan utama penulis biasanya diketahui dengan membaca intisari gagasan paragraf pertama ( biasanya dinyatakan dalam kalimat 1,2) ataupun bisa dari kesimpulan bacaan (paragraf terakhir)
5. Reference (pronoun + refers to)
Kata ganti (pronoun) selalu menjelaskan kata benda yang telah disebut sebelumnya, sehingga cara mencarinya dengan membaca kata/ frase/ kalimat sebelum "pronoun" yang ditanyakan.
6. Conclusion
Bacalah kalimat terakhir  bacaan. Ciri-ciri yang digunakan adalah biasanya menggunakan konjungsi so that, accordingly, therefore, hence, ... 
7. Comprehensive question ( 5W + 1 H)
Pertanyaan dengan "Comprehensive Question" biasanya mencari informasi yang sesuai dengan kata kunci dalam setiap pertanyaan. Ada beberapa penanda dalam comprehensive questions seperti pemakaian what (apa) untuk menanyakan benda, who (siapa) untuk menanyakan orang, where (dimana) untuk menanyakan tempat, when (kapan) untuk menanyakan waktu, why (mengapa) untuk menanyakan alasan, dan how (bagaimana) untuk menanayakan cara / keadaan.
8 True/ false statement
Pahamilah pilihan jawaban (A-E) satu persatu, cari pernyataan di dalam teks yang sesuai untuk mengetahui apakah pilihan jawaban tersebut benar atau salah.
9. Vocabulary.
Untuk mencari jawaban pertanyaan vocabulary (kosakata), yang pertama adalah kuasailah kosakata kemudian cocokkan kosakata tersebut yang sesuai dengan konteks kalimat pada bacaan. Biasanya pertanyaan vocabulary memiliki ciri- ciri : meaning, synonym,antonym, and word definition.

B. Understanding and comparing two text- Dalam tes reading comprehension ini akan terdapat dua buah teks yang akan memiliki kesamaan dalam struktur maupun jenis teks-nya. Pertanyaan yang sering muncul sebenarnya hampir sama seperti pada one full text comprehension seperti topic, idea, conclusion, true or false dan sebagainya. Namun biasanya pertanyaan dari teks tersebut akan saling mengaitkan antara satu dengan yang lain. Contoh dari pertanyaannya adalah sebagai berikut :
  • The topic discussed in both passage is ....
  • The statement about Text A and Text B is true in that they both ....
  • Both passages are similar in that they ....

C. Cloze Procedure Text - Jenis teks ini disebut juga tes rumpang dimana ada sebuah teks atau paragraf yang terdapat rumpang yang harus dilengkapi dengan kata, frase, klausa atau bahkan kalimat yang terdapat pada opsi atau pilihan jawaban. Penguasaan kosakata dan juga grammar yang baik akan membantu adik- adik dalam menyelesaikan soal- soal dengan tipe ini. Dan ruang lingkup pertanyaan yang sering muncul meliputi :

  • Conjunction- Untuk mengetahui konjungsi yang tepat sesuai dengan konteks kalimat, adik- adik harus mengetahui kedua kalimat atau frase yang digabungkan kemudian pilihlah konjungsi yang tepat. Pelajari juga kelompok konjungsi yang memiliki kesamaan arti, pola penggunaan dalam kalimat dan fungsinya. 
  • Word order - Word order merupakan susunan kata, biasanya berupa Noun Phrase 
  • Derivation - Derivation merupakan bentukan kata. Untuk mengetahui jenis kata tertentu diperlukan pengetahuan tentang imbuhan baik (affixes) yang terdiri atas prefix dan suffix.
  • Phrase Construction - Phrase construction merupakan hubungan antar kata tertentu dengan rangkaian preposisi yang biasa mengikutinya. Pelajarilah materi materi yang berkaitan dengan ini seputar participle, gerund, infinitive, Dependent clause, conditional sentence, dangling modifier, dan sebagainya.
  • Related word- related word biasanya berupa kata tertentu yang ditentukan oleh konteks kalimat atau bacaan. 

Dan demikian tips kami mengenai cara mengenali tipe dan menyelesaikan soal bahasa Inggris SBMPTN, semoga bisa membantu adik- adik semua dalam mepersiapkan ujian SBMPTN yang tidak lama lagi akan diselenggarakan. Nantikan tips- tips mengerjakan soal dari kami kembali untuk mapel- mapel SBMPTN yang lain. Bila ada pertanyaan, silahkan isikan pada kolom komentar di bawah ini. Semoga sukses dan tercapai apa yang dik- adik cita- citakan.  

Sumber gambar :
http://www.successpraxis.com/thinking-differently-about-problem-solving/