Media Info Belajar

Monday, October 19, 2015

Cara Memahami Tipe Pertanyaan Reading Dalam Bahasa Inggris

Pada tulisan berikut ini saya akan berbagi bagaimana memahami pertanyaan seputar reading dalam soal- soal bahasa Inggris. Kadang kita merasa malas dalam menjawab soal apakah karena teks nya yang terlalu panjang atau kadang kita tidak tahu arti dari kata- kata yang ada dalam teks. Dalam menjawab soal soal reading ternyata memerlukan strategi tertentu dalam menjawab soal reading. 
Nah, di bawah ini merupakan cara yang bisa kita gunakan khususnya untuk memahami tipe- tipe pertanyaan seputar reading dalam bahasa Inggris. Ada beberapa jenis pertanyaan dalam teks bacaan reading seperti menanyakan topik, judul, ide utama, tujuan teks, reference, kesimpulan, informasi bacaan, pernyataan benar atau salah, dan juga pertanyaan seputar vocabulary.  Berikut ini akan saya bahas  beberapa trik untuk menjawab pertanyaan berdasarkan dengan jenis pertanyaannya.

Topik
Topik utama merupakan subjek utama bacaan, tentang apa bacaan itu, atau topik bisa berupa  inti isi tulisan atau judul tulisan. Pada jenis pertanyaan seputar topik dalam teks,

  • Baca kalimat 1 -2  setiap paragraf
  • Temukan kata kunci
  • Simpulkan intinya
  • Cari pilihan jawaban yang sesuai
Atau
  • Cari kata atau phrasa yang sering muncul dalam bacaan kemudia cari pilihan jawaban yang sesuai.
Berikut contoh pertanyaan Topik
  1. What is the topic of the passage?
  2. What is the main topic of the passage?
  3. The text tell us about …
  4. The passage is about …
  5. The text mainly talks about …
Title ( Judul)
Judul merupakan ringkasan dari main idea, judul bisa berupa kata, frasa atau kalimat yang sangat pendek.
Contoh pertanyaan seputar judul
  1. What is the best title of the passage?
  2. What is the best suitable title of the text?
Main idea / main information ( gagasan utama)
Main idea merupakan pokok pikiran dalam sebuah paragraf yang memuat keterangan, penjelasan, uraian, pendapat penulis tentang topik.

Cara mencari main idea
  • Silahkan cari jawaban yang paling dekat hubungannya dengan topik bacaan, karena main idea merupakan pengembangan dari topik bacaan. Bila main idea bersifat implicit atau tersirat, gabungkan gagasan pada kalimat 1- 2 paragraf  atau gabungkan gagasan pada kalimat awal dan kalimat akhir , kemudian simpulkan inti dari kalimat tersebut.
Contoh pertanyaan main idea
  1. What is the main idea of the passage?
  2. What’s the author main idea on paragraph 2?
  3. What is the main idea of the article?
Jawaban dari main idea bisa berupa kalimat lengkap yang terdiri atas subjek dan predikat
Aim atau purpose of the writer
Merupakan tujuan utama penulis menulis bacaan atau artikel tersebut. Cara untuk menjawab tipe pertanyaan ini adalah silahkan baca intisari gagasan paragraf pertama dan paragraf terakhir.
Contoh pertanyaan seputar aim/ purpose
  1. What is the aim of the text?
  2. What is the purpose of the passage?
Reference
Pertanyaan seputar reference biasanya menggunakan kata ganti/ pronouns sebagai intinya, maka silahkan baca kalimat/ frase/ kata sebelumnya yang berhubungan dengan pronoun tersebut.
Contoh pertanyaan seputar reference
The word them in line 9 refers to …
Conclusion
Gabungkan intisari dari kalimat paragraf pertama dan terakhir. Biasanya menggunakan beberapa kata hubung seperti so, accordingly, therefore, hence, etc)
Contoh pertanyaan conclusions
  1. It can be concluded that …
  2. It can be inferred that …
  3. What is the conclusion of the text?
  4. We can conclude that …
Detailed Information
Pertanyaan ini mengemukakan hal- hal yang berhubungan dengan bacaan misalnya mengenai who, what, where, why, when, and how. Adapun cara menjawab pertanyaan ini adalah carilah pernyataan yang sesuai dengan kata kunci setiap pertanyaan.
Beberapa contoh  pertanyaan informasi rinci

  1. Where did it happen?
  2. What time did the meeting begin?
  3. Who has attended the meeting?
  4. How could it happen?
True- false statement
True – false statement merupakan jenis pertanyaan yang menanyakan pernyataan yang benar ataupun yang salah. Caranya dengan memahami pilihan jawaban satu persatu, dan carilah pernyataan di bacaan apakah benar / salah.
Contoh pertanyaan true- false statement
  1. Which of the following statement is not true based on the text?
  2. According to the passage all of the following statements are true, except …
Vocabulary
Biasanya pertanyaan seputar vocabulary mempunyai ciri-ciri menggunakan Sysamsiclor  ( Synonim, , same meaning, similar meaning, closest meaning dan related meaning), word definition dan antonym. Menebak kata atau phrasa yang sesuai atau cocok dengan konteks kalimat bisa dilakukan apabila kosakata kita masih terlalu sedikit.
Contoh pertanyaan synonim
  1. What is the same meaning of the word “ estimated”?
  2. The underlined word has the synonim …
Namun disamping hal- hal diatas, yang terpenting dalam menjawab pertanyaan seputar reading adalah penguasaan kosakata kita dalam bahasa Inggris. Penguasaan kosakata dan juga penguasaan konteks kalimat  bisa dibilang sebagai merupakan faktor utama dalam menjawab pertanyaan reading. Maka dari itu perbanyaklah kosakata anda dengan banyak membaca bacaan dalam bahasa Inggris.
Demikian tips dari saya tentang Cara Cepat memahami Tipe Pertanyaan Reading dalam soal bahasa Inggris. Semoga bisa membantu anda yang ingin meningkatkan kemampuan anda dalam bahasa Inggris. Terima kasih.