Media Info Belajar

Wednesday, June 1, 2016

5 Kiat Sukses Masuk Ke SMK Negeri Favorit

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sudah berakhir beberapa waktu yang lalu. Saat ini adik- adik lulusan SMP tinggal menunggu hasil pengumuman yang biasanya akan dilaksanakan sebulan setelah UN. Nah, pada jeda waktu tersebut saatnya menentukan pilihan melanjutkan kemana setelah lulus, SMA atau SMK. Memang sih, menentukan mau masuk SMA atau SMK kadang menjadi keputusan yang sulit. Namun bagi adik- adik yang berminat dengan pendidikan vokasi, tidak ada salahnya masuk SMK.
Dengan bergulirnya program pemberdayaan SMK oleh pemerintah sekarang ini menjadikan SMK sebagai sekolah pencetak lulusan yang siap menghadapi era global.  Bila dibandingkan dengan jaman dahulu, pandangan mengenai SMK saat ini sangat berbeda. SMK menjadi sekolah yang sangat populer dan  diminati oleh siswa lulusan SMP. Oleh karena itu, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akhir- akhir ini menjadi favorit bagi anak- anak lulusan SMP untuk melanjutkan sekolahnya. Hal itu bisa dilihat dari besarnya peminat dari tahun ke tahun. 
Kiat sukses masuk ke SMK negeri favorit
Hampir sebagian besar siswa SMP yang ingin mendaftar ke SMK pastilah ingin diterima masuk ke SMK negeri favorit. Hal itu dikarenakan mutu, fasilitas, dan kompetensi lulusan yang bagus. Selain itu banyak SMK negeri favorit yang sudah bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) sehingga peluang mendapatkan pekerjaan juga semakin besar. 
Namun, masuk ke SMK Negeri favorit bukanlah hal yang mudah. Selain persaingan yang sangat ketat, faktor nilai dan kesehatan menjadi pertimbangan utama bila ingin masuk ke SMK negeri favorit.  
Nah, Berikut ini kami rangkum 5 (lima) kiat sukses masuk ke SMK negeri Favorit.

Cari Informasi - Informasi adalah hal yang sangat penting yang pertama kali harus dilakukan. Biasanya pendaftaran SMK dibuka setelah pelaksanaan Ujian Nasional (UN), namun bila pendaftaran belum dibuka, adik- adik bisa mengumpulkan informasi dari kakak kelas  yang sudah berpengalaman mendaftar tahun sebelumnya. Informasi lain yang tidak kalah pentingnya adalah memilih jurusan. Pertimbangkan jurusan apa yang ingin dipilih. Utamakan jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat adik- adik.  

Kumpulkan Berkas - Pengumpulan berkas tersebut biasanya digunakan untuk seleksi administrasi. Oleh karena itu, pengumpulan berkas persyaratan seharusnya dilakukan sejak sekarang. Siapkan berkas berkas pendukung misalnya foto, surat kesehatan (kadang diperlukan), sertifikat, dan dokumen pendukung lainnya sambil menunggu ijazah resmi diberikan dari sekolah. 

Latihan Soal -  Biasanya untuk masuk dan diterima di SMK, siswa pendaftar harus melalui berbagai macam tes, salah satunya adalah tes kemampuan akademik. Dalam tes kemampuan akademik, siswa akan diuji kemampuannya adalm bidang akademik misalnya Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia,dan IPA. Untuk materi mungkin masih standar setingkat materi SMP, jadi adik- adik bisa mereview lagi materi SMP untuk dipelajari. Selain tes akademik, siswa akan melalui tes psikologi seperti tes bakat dan minat dan tes kepribadian. Untuk tes psikologi, usahakan jawab semua pertanyaan dengan jujur dan sesuai dengan keadaan diri adik- adik sendiri.

Latihan Fisik - Setiap SMK mempunyai kriteria sendiri- sendiri dalam sistem ujiannya khususnya uji fisik dan kesehatan. Namun untuk berjaga- jaga, silahkan berlatih fisik mulai dari sekarang seperti lari, sit up, push up, dan berenang. Biasanya penerimaan di SMK dalam jurusan tertentu menyertakan syarat tinggi badan, buta warna, tidak bertindik dan bertato bagi siswa laki- laki.

Latihan Wawancara - Wawancara biasanya menjadi salah satu bagian akhir dalam ujian masuk SMK. Bagi adik- adik yang mungkin mempunyai masalah dengan wawancara, alangkah lebih baiknya berlatih wawancara terlebih dahulu. Dengan banyak berlatih secara otomatis kemampuan untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan dalam wawancara akan terasah.

Dan demikian beberapa kiat sukses masuk ke SMK negeri favorit. Semoga artikel ini bisa membantu adik- adik yang ingin mendaftar ke SMK. Jangan lupa tinggalkan saran, kritik, komentar di kolom komentar dibawah. Semoga sukses.
Salam.