Thursday, June 23, 2016

Berikut Ini Alasan Mengapa Mahasiswa Kuliah Sambil Bekerja

Pada jaman sekarang ini kerja sambil kuliah bukanlah hal yang asing dikalangan mahasiswa. Ada berbagai alasan yang mendasari banyaknya mahasiswa yang melakukan hal ini, apakah karena tuntutan ekonomi, mengisi waktu luang bahkan kadang- kadang hanya mencari pengalaman saja. Pertanyaannya disini adalah salahkah hal itu dilakukan? Tentunya hal tersebut tidak salah, asalkan memiliki komitmen, fokus dan konsistensi yang kuat dalam membagi waktu.
sumber gambar : http://www.thesouthafrican.com

Mahasiswa yang bekerja sambil kuliah harus berani menanggung resiko yang besar. Modal utama yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa yang ingin "nyambi" bekerja adalah harus memiliki komitmen terhadap apa yang dilakukannya dengan kembali kepada prioritas utama terlebih dahulu apakah kuliah atau bekerja. Banyak sekali kasus yang terjadi, mahasiswa yang kuliah sambil bekerja malah memporakporandakan tujuan utamanya. Lantas, bila tujuan utamanya adalah kuliah, maka fokus utamanya adalah kuliah sehingga bekerja merupakan sambilan dalam mengisi waktu luang selama kuliah sambil mendapatkan penghasilan. Jadi, komitmen atau fokus sebenarnya dalam perkuliahan adalah menyelesaikan kuliah dan mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin. 

Bila dilihat dari kenyataan sekarang ini, sebenarnya ada beberapa motif mengapa mahasiswa kuliah sambil bekerja,

Motif pertama ; Faktor ekonomi - Motif ekonomi adalah yang paling banyak dirasakan oleh beberapa mahasiswa yang melakoni kuliahnya sambil bekerja. Bila mereka tidak bekerja, maka mereka tidak mendapatkan penghasilan, alhasil, mereka tidak bisa membayar uang kuliahnya. Kadang- kadang mereka  rela menghabiskan waktunya dengan kuliah sambil bekerja misalnya pagi hari mereka kuliah, sore sampai dengan malam mereka akan bekerja dan atau sebaliknya. Mahasiswa yang merasakan kondisi seperti ini biasanya memilki motivasi yang tinggi dalam berkuliah karena mereka mempunyai tujuan yang jelas setelah mereka lulus kuliah nantinya. Mereka akan berfikir pasti akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau mendapatkan tingkatan yang lebih tinggi daripada pekerjaan sekarang ini dengan ijazah yang mereka peroleh setelah lulus. 

Motif kedua ; Mengisi waktu luang - Motif kuliah bekerja sambil kuliah yang kedua ini biasanya banyak dilakukan oleh mahasiswa yang sudah mencapai tingkat akhir atau mahasiswa yang sudah menginjak semester atas. Mahasiswa semester atas akan mempunyai waktu luang yang lumayan banyak. Nah, banyak dari mereka yang mengisi waktu luang dengan bekerja sambil menyelesaikan tugas akhir atau skripsi mereka. Namun ada hal  kontradiktif yang terjadi yaitu kadang- kadang sebagian dari mereka tidak menyelesaikan kuliahnya karena asyik dengan dunia kerja padahal hanya kurang selangkah lagi dalam tahap kelulusan yaitu penyelesaian tugas akhir atau skripsi. 

Motif ketiga ; Mencari pengalaman ; Banyak mahasiswa yang kuliah sambil bekerja hanya mencari pengalaman saja. Jadi mereka sebenarnya mampu dalam segi ekonomi namun karena melihat teman yang bisa berkuliah sambil kerja, mereka tertarik melakukannya. Kecenderungan mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja karena pengalaman, mereka akan mengabaikan tugas utamanya yaitu belajar. Sebagian dari mereka akan "terjerumus" kedalam dunia kerja yang menyibukkan dan akibatnya tugas kuliah mereka akan terbengkalai.

Nah, berdasarkan motif- motif diatas, kesimpulannya adalah kuliah sambil bekerja membutuhkan komitmen yang kuat sehingga harus dipastikan terlebih dahulu motif atau tujuan utamanya apakah kuliah atau bekerja dan jangan sampai fokus utama yaitu kuliah terganggu dengan aktifitas kerja. Jadi, menentukan keputusan memerlukan  pemikiran yang bijak dalam menyingkapinya. Bagaimana dengan sahabat Ahzaa tentang kuliah sambil bekerja? Bila mempunyai pendapat yang berbeda tentang alasan- alasan tersebut diatas, silahkan kemukakan melalui komentar di bawah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. 
Salam