Media Info Belajar

Wednesday, June 8, 2016

Berikut Ini Macam Tes yang Dilalui Saat Mendaftar SMK Negeri

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akhir- akhir ini menjadi salah satu pilihan utama siswa lulusan SMP yang ingin melanjutkan jenjang sekolahnya. Banyaknya pilihan jurusan dan kompetensi lulusan yang sesuai dengan situasi sekarang ini menjadi salah satu alasan mengapa SMK begitu banyak diminati. 
Pada penerimaan peserta didik baru tahun ini, setiap SMK mungkin memiliki aturan dan standar sendiri dalam penyeleksian calon siswa barunya. Namun pada dasarnya SMK yang favorit atau SMK negeri akan menyelenggarakan beberapa tahapan ujian atau tes yang hampir sama.
Proses penerimaan siswa baru di SMK akan terbagi menjadi beberapa tahapan tes. Hal ini mengacu banyaknya kalangan dunia industri yang menerapkan persyaratan ketat dalam penerimaan lulusan SMK pada dunia kerja. 
SMK bisa
SMK Bisa !
Salah satu bobot nilai dalam seleksi masuk SMK negeri atau SMK favorit akan diambilkan dari pertimbangan bobot nilai Ujian nasional (UN) dan nilai tes masuk SMK. Dalam tes masuk SMK akan ada tahapan tes yang harus dilalui.
Nah, apa saja tes atau ujian yang harus dilaksanakan, berikut ini kami rangkum beberapa ujian atau tes yang sering diujikan dalam seleksi masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri atau SMK yang difavoritkan. 

Tes Fisik - Tes fisik dalam ujian masuk SMK digunakan untuk melihat kemampuan fisik dari calon peserta didik. Biasanya calon peserta didik akan disuruh berlari keliling lapangan, push up, sit up, dan tes fisik yang lain. Namun tes fisik untuk setiap masing- masing sekolah mungkin saja berbeda sehingga tidak ada salahnya untuk mempersiapkannya sejak sekarang. 

Tes Kesehatan - Pada tes kesehatan ini calon peserta didik akan diperiksa dalam aspek kesehatan seperti pemeriksaan buta warna, mata minus maupun  pemeriksaan bila siswa memiliki tato dan tindik untuk laki-laki. 

Tes Akademik - Tes akademik berupa ujian materi pelajaran yang diujikan di ujian nasional SMP dan ilmu pengetahuan umum. Tes akademik berupa mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan pengetahuan umum. Bobot kesulitan soal akan disesuaikan dengan tingkatan SMP.

Tes Kompetensi Keahlian - Seperti halnya tes akademik, tes kompetensi keahlian akan menguji kemampuan calon peserta didik dalam bidang keahlian jurusan yang dipilih. Misalnya, ketika siswa memilih jurusan komputer, maka tes kompetensi keahlian yang diujikan adalah seputar dunia komputer dan bila calon peserta didik memilih jurusan otomotif, maka soal yang diujikan juga akan berkisar seputar otomotif.

Tes Wawancara - Dalam seleksi masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), tes wawancara akan dilaksanakan pada tahap akhir. Calon peserta didik dan orang tua akan diwawancarai oleh pihak sekolah dalam tahapan tes ini.   Untuk siswa biasanya akan ditanya tentang motivasi dasar masuk ke SMK tersebut dan mengapa mengambil jurusan yang dipilih. 

Dari beberapa macam ujian atau tes diatas, setiap SMK mungkin memiliki kebijakan sendiri dalam menerapkan tahapan seleksi masuknya. Namun tidak ada salahnya dengan waktu yang tinggal sedikit ini adik- adik memiliki gambaran tentang tes atau tahapan apa saja yang harus dilalui dalam pendaftaran di SMK. 
Demikian tulisan kami mengenai macam tes yang dilalui ketika masuk SMK negeri atau SMK yang difavoritkan. Semoga tulisan ini bermanfaat, bila ada pertanyaan, saran seputar tulisan diatas, silahkan kirimkan melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih. 
Salam.