Thursday, June 9, 2016

Inilah 9 Jurusan SMK yang Populer Saat Ini

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada dasarnya membekali siswa- siswa nya untuk siap dan berkompetensi dalam dunia industri sehingga diharapkan lulusan SMK mampu menghadapi tuntutan jaman sekarang. Oleh karena itu, di SMK terdapat macam- macam jurusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri sekarang ini.
Pemilihan jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan hal yang utama ketika mendaftar pertama kali. Siswa akan dihadapkan berbagai macam pilihan jurusan yang ada sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. 
Bagi siswa SMP, adalah hal yang baru dengan banyaknya jurusan yang tersedia di SMK. Pada tulisan berikut akan kami rangkumkan gambaran sepuluh jurusan di SMK yang populer saat ini.
Jurusan SMK terpopuler
smk bisa !
1. Teknik Kendaraan Ringan
Teknik Kendaraan Ringan (TKR) merupakan salah satu kompetensi keahlian bidang otomotif yang menekankan dengan penguasaan keterampilan dalam pemeliharaan kendaraan ringan misalnya mobil.
Adapun  yang dipelajari dalam jurusan ini adalah perawatan dan perbaikan motor otomotif, Perawatan dan perbaikan system pemindah tenaga otomotif,  Perawatan dan perbaikan chasis dan suspense otomotif, perawatan dan perbaikan system kelistrikan otomotif dan keterampilan yang lainnya.
Peluang kebutuhan lulusan dari dunia industri juga lumayan tinggi,  siswa lulusan dapat bekerja dalam industri otomotif yang sekarang ini kian berkembang.

2. Teknik Permesinan
Program keahlian Teknik Pemesinan (TP) membekali siswa tentang keterampilan dalam bidang perencanaan dan pembuatan mesin perkakas industri, baik menggunakan mesin manual maupun mesin berbasis komputer (CNC). 
Seiring dengan era industrialisasi saat ini, jurusan ini sangat pas dalam mencukupi kebutuhan dalam dunia industri. Dunia industri yang tumbuh secara signifikan akhir- akhir ini membutuhkan banyak tenaga ahli dalam bidang permesinan untuk merawat, memelihara ataupun menggunakan berbagai macam alat atau mesin yang tersedia.
Peluang kerja lulusan jurusan ini adalah pekerjaan sebagai teknisi mesin, dalam pelbagai bidang pekerjaan seperti memproduksi barang, dan melakukan pekerjaan jasa pembuatan barang baik di perusahaan atau secara mandiri. 

3. Teknik Komputer dan Jaringan
Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan salah satu dalam rumpun Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mempelajari tentang ilmu komputer. Teknik Komputer dan Jaringan menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati siswa mengingat era global sekarang ini yang semuanya berbasiskan komputer. Dengan penguasaan ilmu komputer tentunya akan lebih mudah dalam menghadapi tantangan jaman. 
Adapun yang dipelajari dalam jurusan TKJ adalah perakitan PC, perawatan PC, instalasi jaringan baik lokal maupun luas, merancang bangun dan administrasi sistem jaringan dan sebagainya. 
Lulusan SMK jurusan TKJ memiliki peluang yang luas baik bagi siswa lulusan yang ingin melanjutkan ke jenjang lanjut yaitu kuliah maupun bekerja setelah lulus SMK. Ada banyak universitas atau sekolah tinggi yang membuka jurusan yang sesuai dengan jurusan ini. Sedangkan bagi siswa lulusan yang ingin bekerja, karir kerja bisa dimulai dari teknisi komputer baik di perusahaan maupun perkantoran.

4. Tata Boga
Jurusan  SMK ini pastilah populer dikalangan kita. Dengan dunia pariwisata yang kian berkembang menjadikan dunia kuliner sebagai hal yang terpisahkan. Jurusan tata boga menjadi sebuah jawaban bagi tantangan jaman tersebut. 
Siswa lulusan SMK jurusan tata boga mempunyai prospek peluang kerja yang sangat luas. Mereka bisa bekerja di hotel atau restauran sebagai juru masak sambil mengembangkan ilmunya untuk bersekolah lagi ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu jurusan tata boga juga berpeluang menciptakan lapangan kerja sendiri dengan mengembangkan bisnis kuliner yang akhir- akhir ini marak sekali.

5. Tata Busana
Hal yang pertama kali ada di pikiran kita mengenai jurusan tata busana adalah menjahit pakaian. Sebenarnya jurusan tata busana di SMK tidak hanya menjahit pakaian saja, namun siswa dibekali keterampilan dari awal sampai akhir dalam prosesnya. Menggambar, membuat pola, menggunting pola, sampai pemilihan bahan menjadi bagian keterampilan yang diajarkan.
Prospek jurusan tata busana lumayan luas dengan banyaknya lapangan kerja yang berhubungan dengan jurusan ini. Siswa lulusan dapat bekerja di butik, desainer, atau perusahaan garmen. Bila ingin melanjutkan sekolah dan mengembangkan keterampilannya, sekarang banyak juga perguruan tinggi yang membuka jurusan fashion design.


6. Akuntansi
Jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan yang sangat populer di SMK. Dengan prospek pekerjaan yang terbuka lebar, jurusan ini menjadi pilihan utama siswa SMP ketika mendaftar SMK.
Berbicara mengenai jurusan akuntansi tentu tidak bisa terlepas dari hitung- hitungan atau kalkulasi keuangan. Dalam jurusan ini adik- adik akan mempelajari transaksi keuangan mulai dari pencatatan, mengklasifikasi jenis transaksi, meringkasnya, mengolah dan menjadikannya menjadi sebuah data.
Peluang kerja jurusan akuntansi juga sangat terbuka lebar karena setiap perusahaan pasti membutuhkan jenis keahlian pada jurusan ini. Selain itu siswa SMK jurusan akuntansi juga bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi untuk mengambil jurusan yang relevan seperti perpajakan, manajemen, ekonomi, atau akuntansi.

7. Multimedia
Perkembangan industri multimedia sekarang ini membuat salah satu jurusan di SMK ini banyak peminatnya. Bagi siswa yang suka dengan dunia pertelevisian, animasi, blog, grafis, penyuntingan video, animasi maka jurusan ini cocok untuk dipilih.
Ahli- ahli bidang multimedia sangat dibutuhkan sekarang ini mengingat era global yang menuntut keterampilan pada bidang yang satu ini. Industri periklanan, pertelevisian, game development adalah peluang kerja bagi ahli multimedia.
Bila adik- adik ingin melanjutkan kuliah selepas lulus nanti, adik- adik juga bisa memilih jurusan yang relevan untuk mengembagkan kemampuannya. kalau saya simpulkan, jurusan ini sangat menarik untuk dipilih dalam menghadapi tantangan global teknologi sekarang.

8. Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik
Jurusan ini bisa dibilang agak asing di kalangan kita, namun bila melihat data dari penerimaan peserta didik (PPD) tahun sebelumnya, jumlah peminat pada jurusan ini lumayan besar.
Jurusan teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik membekali siswanya dalam bidang perencanaan dan pembuatan instalasi listrik rumah, gedung bertingkat, maupun instalasi listrik industri. Tujuan dari jurusan ini adalah mempersiapkan tenaga kerja menengah yang terampil dalam bidang ketenagalistrikan khususnya dalam bidang instalasi penerangan listrik, instalasi tenaga listrik dan instalasi motor listrik.
Peluang kerja siswa lulusan jurusan teknik instalasi tenaga listrik adalah sebagai sorang teknisi listrik yang berkompeten.

9. Teknik Sepeda Motor
Jurusan Teknik Sepeda Motor sebenarnya adalah jurusan yang relatif baru di SMK. Dengan pengguna sepeda motor terbanyak ketiga di dunia setelah Tiongkok dan India pertumbuhan industri sepeda motor di Indonesia terbilang relatif tinggi maka bisa dikatakan bahwa hampir setiap keluarga di Indonesia pasti mempunyai sepeda motor. Oleh karena itu, seperti uraian tadi diatas, jurusan ini berkembang dengan sangat pesat akhir- akhir ini.
Lulusan dari jurusan ini diharapkan mampu melakukan perawatan dan perbaikan motor (engine) / tune up, Perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga/ transmisi, Perawatan dan perbaikan chasis dan suspensi, Perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan.
Peluang kerja jurusan teknik sepeda motor (TSM) lumayan terbuka lebar. Siswa lulusan yang berkompeten bisa mengisi lowongan kerja yang membutuhkan  teknisi atau mekanik pada bengkel sepeda motor, teknisi perakitan atau teknisi produksi pada industri sepeda motor. Selain dari hal tersebut diatas, siswa lulusan juga bisa menjadi wirausahawan dengan membuka bengkel sendiri.

Demikian 9 jurusan SMK yang populer saat ini, semoga tulisan ini bermanfaat bagi adik- adik yang membutuhkan gambaran dalam memilih jurusan saat mendaftar di SMK. Jangan lupa kirimkan saran mengenai tulisan diatas melalui kolom komentar di bawah.
Semoga sukses.
Salam.