Saturday, July 23, 2016

Berikut Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Menjalani kehidupan sebagai seorang mahasiswa sangatlah tidak mudah, terutama bagi mahasiswa yang tinggal berjauhan dengan orang tua. Masalah ekonomi kadang menjadi hal yang utama dalam kehidupan mahasiswa apalagi bagi mereka yang membiayai kuliahnya sendiri. Tidak jarang banyak mahasiswa yang nyambi kuliah sambil bekerja untuk mencukupi kebutuhannya sehari- hari. Namun konsekuensi yang muncul apabila mahasiswa kuliah sambil bekerja adalah tersita waktu kuliahnya untuk bekerja, dengan kata lain terbengkalainya kuliah mahasiswa yang bersangkutan baik dari segi belajar maupun tugas- tugasnya. Alternatif lain bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa banyak menyita waktu kuliahnya adalah melakukan pekerjaan atau usaha kecil- kecilan namun bisa mendapatkan hasil yang lumayan untuk tambahan uang saku.
Gambar Ilustrasi 

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang tentunya tidak menyita waktu kuliah.

1. Bisnis Pulsa
Bisnis pulsa bagi mahasiswa bisa dilakukan dalam waktu senggang kuliah, artinya tidak mengganggu aktivitas utama yaitu belajar. Tentunya, keuntungan yang diperoleh tidak sedemikian besar bila dibandingkan dengan bisnis atau usaha yang lain. Namun, bila ditekuni maka lumayanlah buat tambahan uang saku khususnya untuk mencukupi kebutuhan pulsa sendiri.

2. Jasa Les
Usaha atau pekerjaan sambilan yang bisa dilakukan yang kedua adalah dengan memberikan bimbingan les atau jasa les. Jasa les yang dibuka tergantung dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa itu sendiri, misalnya bagi yang hobi dan punya keterampilan menggambar, maka bisa membuka jasa les gambar, atau bagi yang bisa berbahasa Inggris atau pintar matematika juga bisa membuka les bahasa Inggris atau les matematika. Selain mendapatkan tambahan penghasilan, membuka jasa les akan memperkaya pengetahuan mahasiswa terhadap keterampilan yang dimiliki. Sebagai contoh mahasiswa bahasa Inggris memberikan les siswa SMA, maka secara tidak langsung mahasiswa tersebut akan belajar materi- materi bahasa Inggris. Hal itu akan mendongkrak kemampuan bahasa Inggrisnya juga. 

3. Jasa Ketik
Bila melihat banyaknya tugas mahasiswa yang berhubungan dengan ketik- mengetik, seperti makalah, proposal, bahkan skripsi, tentunya usaha jasa ini mempunyai prospek yang sangat bagus sebagai usaha sambilan. Tinggal bermodalkan semangat, komputer, laptop dan printer, usaha ini pasti bisa dijalankan dengan mudah. 

4. Dropship
Usaha dropship biasanya banyak dijalankan oleh mahasiswi. Dengan hanya menjual produk yang sudah tersedia, dan mengambil keuntungan dari produk yang dijual tadi, maka keuntungan akan dapat dihasilkan. Kelebihan usaha ini bagi mahasiswa adalah tidak terlalu menyita waktu dalam kuliah serta hanya membutuhkan modal yang minimal dan dapat dilakukan dimana saja, apalagi sekarang ini teknologi berkembang dengan pesatnya yang tentunya akan membuat aktifitas ini menjadi lebih mudah dan aman.

5. Menulis Artikel
Usaha sampingan ini sangat cocok dijalankan bagi mahasiswa yang suka menulis. Menulis artikel bisa dikerjakan dalam waktu senggang yang tidak terlalu mengganggu dengan aktifitas kuliah. Artikel- artikel yang ditulis kemudian bisa dikirimkan ke berbagai media yang tentunya akan mendapatkan imbalan. Selain ke media cetak, di internet juga banyak lowongan penulis artikel untuk blog. 

Baiklah demikian peluang usaha sampingan mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Semoga artikel ini bisa membantu adik- adik mahasiswa yang sedang ingin mendapatkan tambahan penghasilan.  
Sekian. Terima kasih.

Sumber Gambar :
https://www.learnvest.com/2014/08/weekend-jobs