Tuesday, September 27, 2016

Alasan Inilah yang Mendorong Pentingnya Teknologi dalam Pembelajaran

Sahabat Ahzaa, saat ini kita hidup di abad 21 dimana semua hal yang ada di sekeliling kita berhubungan dengan teknologi termasuk situasi pembelajaran di kelas kita. Sebagai guru abad 21, kita pasti tidak asing lagi dengan alat- alat seperti smartphone, tablet komputer, proyektor, video digital, serta game- game edukasi yang berkembang yang kita libatkan dalam pembelajaran di kelas. 
Nah, Berbicara mengenai teknologi dalam pendidikan, banyak dari kita pasti pernah bertanya- tanya, sebenarnya seberapa pentingkah sih teknologi dalam pembelajaran itu. Dan berikut ini alasan mengapa penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan itu penting.
Teknologi dalam Pembelajaran
Ilustrasi

1. Peserta didik kita lebih suka menggunakan teknologi dalam pembelajaran
Seperti yang kita ketahui, peserta didik abad 21 pasti tidak akan pernah lepas dari smartphone, laptop, tablet ataupun jenis gadget yang lain. Hal itu menunjukkan bahwa ketergantungan pada teknologi memiliki intensitas yang sangat tinggi. Dengan situasi tersebut, sebagai pendidik, kita bisa memanfaatkannya dalam dunia kependidikan kita yaitu memasukkan meode pembelajaran kita dengan pemanfaatan teknologi yang baik. Dalam penerapan teknologi pembelajaran di kelas ternyata lebih disukai peserta didik daripada tidak menggunakan teknologi sama sekali dalam pembelajaran.

2. Kekuatan kolaboratif
Salah satu hal yang menarik dalam pembelajaran kolaboratif  adalah adanya kesempatan bagi siswa untuk belajar secara berkelompok dalam mengerjakan tugas- tugas tertentu misalnya menganalisis video, membaca cerita, membuat karangan atau tugas yang lain. Dalam hal ini penggunaan teknologi bisa memaksimalkan aktivitas pembelajaran tersebut lebih menyenangkan dan efektif. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa menuntun kita untuk mengaktifkan pembelajaran kolaboratif.    

3. Komunikasi secara real-time
Dengan perkembangan teknologi khususnya media sosial memungkinkan komunikasi secara real- time antara peserta didik dengan guru, atau guru dengan orang tua peserta didik. Kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran bisa dikomunikasikan secara real time dengan penggunaan teknologi kapanpun dan dimanapun.

4. Mempermudah pekerjaan guru
Seperti yang kita ketahui guru memiliki tugas yang banyak selain mengajarkan materi kepada peserta didik seperti membuat perangkat pembelajaran, penilaian,  ataupun tugas administratif yang lain. Penerapan teknologi tentu akan membuat tugas - tugas guru tersebut diatas menjadi lebih mudah. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mempermudah pembuatan tugas- tugas guru.

5. Membuat Pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan
Penggunaan teknologi dalam pembelajaran akan membantu kita untuk membuat pembelajaran kita lebih menarik dan menyenangkan. Penerapan game edukasi dan pembuatan kuis secara online dalam pembelajaran ternyata lebih menarik bagi siswa daripada hanya dengan menggunakan metode pembelajaran secara konvensional.

6. Mengembangkan keterampilan guru dan siswa di masa akan datang
Secara tidak langsung teknologi dalam pembelajaran akan lebih mengasah keterampilan  peserta didik pada khususnya untuk bisa mengembangkan keterampilan mereka di masa akan datang. Hal itu juga berlaku bagi rekan- rekan guru karena penguasaan teknologi akan memberikan nilai tambah bagi guru yang bersangkutan.

Nah, sahabat Ahzaa, enam manfaat mengapa teknologi penting dalam pembelajaran yang saya uraikan diatas hanyalah sebagian kecil manfaat teknologi yang bisa kita terapkan. Poin utamanya adalah teknologi merupakan bagian dari hidup kita yang tidak bisa terpisahkan  sekarang ini khususnya dalam dunia pendidikan yang kita geluti.
Semoga artikel atau tulisan ini bermanfaat, jangan lupa kirimkan saran atau kritik terhadap tulisan atau topik ini melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah berkunjung di blog kami.
Salam.