Wednesday, September 7, 2016

Tekno Guru; 8 Macam Platform E- Learning Berbasis Media Sosial dalam Pembelajaran Abad 21

Pendidikan dan teknologi adalah dua unsur yang tidak dapat terpisahkan. Guru mempunyai peran yang penting dalam mewujudkan sistem pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa- siswanya.  Dengan berkembangnya teknologi, guru juga harus bisa menyesuaikan dengan situasi yang ada. Tentunya dalam dunia pendidikan, teknologi harus juga masuk dalam sistem pembelajaran yang ada. Teknologi media sosial misalnya, menjadi hal yang sangat familiar akhir- akhir ini.
Nah, sahabat Ahzaa, menyinggung tentang media sosial dalam pendidikan, kali ini saya akan mencoba menulis artikel yang berhubungan dengan teknologi pendidikan khususnya mengenai macam- macam platform pembelajaran berbasis media sosial yang saat ini mesti guru ketahui sebagai pendidik di abad 21. 
media sosial
Ilustrasi gambar media sosial
Dengan berbagai macam platform berbasis media sosial tersebut, tentunya akan membantu guru dalam mengajar dan memudahkan jalinan komunikasi dan keterlibatan antara guru dan murid. Selain itu juga akan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan lagi. 
Dan berikut daftar dari platform media pembelajaran berbasis media sosial yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini.

1. Edmodo
Edmodo merupakan jaringan media sosial yang bisa menghubungkan dan berkolaborasi antara siswa, guru, orang tua, dan antara satu dengan yang lain. Pada prinsipnya, Edmodo hampir sama dengan media sosial yang sangat familiar sekarang ini yaitu Facebook.
edmodo
Berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Edmodo adalah guru dapat membuat kelas pembelajaran campuran, bergabung dengan komunitas pembelajaran global, serta bisa menemukan dan mendapatkan bahan ajar yang berharga. Selain itu bagi orang tua, Edmodo membantu untuk mengawasi belajar anak- anak mereka, mengetahui pemberitahuan guru, melihat pelajaran, quiz, dan jadwal kegiatan. Bagi yang tertarik untuk mendaftar, gratis kok, silahkan saja kunjungi websitenya di www.edmodo.com

2. Edublogs
logo edublogs
Edublogs merupakan salah satu layanan blogging yang dikhususkan untuk dunia pendidikan. Dengan fitur- fiturnya yang menarik seperti tampilan dan desain yang mudah, membantu guru dalam pembelajaran. Edublogs memungkinkan kita untuk membuat dan mengelola blog khususnya dalam dunia pendidikan. Kita bisa dengan gampangnya memasukkan teks, foto, video maupun podcasts.
Untuk mendaftarnya sangat mudah dan gratis, silahkan sign up saja ke website resminya di www.edublogs.org.

3. Skype
skype

Dalam dunia pendidikan, Skype dapat pula dimanfaatkan untuk sarana komunikasi juga antar pelaku pendidikan seperti guru, siswa, dan antar guru satu dengan yang lain. Selain itu Skype dapat juga dimanfaatkan untuk menghadiri pertemuan secara online.

4. Wikispaces
logo wikispaces
Wikispaces merupakan sebuah platform media sosial untuk dunia pendidikan. Dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya, guru dapat berkomunikasi dengan siswa , memberi penilaian serta mengukur kontribusi dan keterlibatan siswa secara real -time. Sekarang ini ada lebih dari 10 juta guru dan siswa yang terdaftar didalamnya. Tertarik untuk mendaftar juga? Silahkan mendaftar ke www.wikispaces.com

5. Schoology
Schoology merupakan salah satu situs sosial yang memasukkan sistem pembelajaran dalam jejaring sosial, dengan kata lain Schoology menggabungkan Learning Management System (LMS) dengan jejaring sosial layaknya facebook.
Berbagai fitur menarik yang terdapat dalam Schoology antara lain membuat kelas mapel, kelompok belajar maupun sumber belajar. Dengan beragam fitur dan fungsi yang menarik tersebut, Schoology menjadi salah satu platform e-learning yang menarik dan menyenangkan dalam pembelajaran. Nah, bagi yang tertarik, silahkan kunjungi www.schoology.com.

6. OpenStudy
OpenStudy merupakan situs sosial yang memungkinkan para anggotanya untuk menemukan solusi atas permasalahan belajar yang dimiliki misalnya dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Dengan kata lain, OpenStudy adalah situs sosial untuk belajar bersama.
Setiap anggota OpenStudy bisa membuat topik tertentu yang kemudian mengundang beberapa teman atau anggota yang lain untuk bergabung dalam topik tersebut untuk sarana belajar bersama. Bagi yang tertarik, silahkan saja kunjungi www.openstudy.com, dan jangan lupa siapkan email terlebih dahulu untuk mendaftarnya. 

7. Quora
Quora merupakan sebuah platform tanya jawab yang tentunya sangat cocok bagi para pendidik. Dalam pembelajaran, Quora dapat digunakan untuk membuat diskusi antara guru, siswa ataupun orang yang berkompeten diluar jam pelajaran. Siswa akan dapat bertanya mengenai topik mata pelajaran yang belum mereka pahami ketika di kelas dan guru atau anggota lain yang berkompeten dalam bidangnya dapat memberikan timbal balik atas pertanyaan siswa tersebut.
Silahkan kunjungi websitenya di www.quora.com untuk menggunakan platform ini untuk tujuan pembelajaran.

8. Pinterest
Dengan Pinterest kita dapat mengunggah foto atau material yang dimasukkan dalam kategori- kategori tertentu. Dalam pembelajaran, guru dapat menggunakannya sebagai tempat untuk mencari rencana pembelajaran (lesson plan), tugas atau material yang lain. Untuk mendaftarnya sangat mudah, setelah masuk ke www.pinterest.com, anda dapat mendaftar memakai akun facebook atau email yang anda miliki.  

Demikian 8 (delapan) macam platform e-learning berbasis  media sosial yang bisa saya share pada kesempatan ini. Semoga tulisan saya ini bisa memberikan tambahan pengalaman bagi kita semua. Bila ada pertanyaan dan komentar, silahkan isikan pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Terima Kasih.