Wednesday, November 9, 2016

Inilah Pentingnya Bahasa Inggris dalam Dunia Global Saat Ini

Bahasa adalah alat komunikasi. Dengan bahasa, kita bisa berkomunikasi, berbagi ide atau pikiran terhadap orang lain. Bila dicermati, ada berbagai macam bahasa yang ada dan jumlahnya bisa ratusan, ribuan bahkan puluhan ribu di dunia ini. Setiap negara kadang memiliki bahasa mereka sendiri yang digunakan untuk kalangan mereka namun banyak dari negara- negara lainnya memakai bahasa global misalnya Bahasa Inggris. 
gambar ilustrasi
Bahasa Inggris pada asalnya adalah bahasa yang digunakan oleh kalangan bangsa Inggris sendiri tetapi banyak juga negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka. Negara- negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama mereka biasanya adalah negara yang merupakan koloni dari negara Inggris seperti India, Kanada, Australia, bahkan Amerika Serikat. Dan saat ini bahasa Inggris merambah menjadi bahasa global yang sebagaian besar digunakan negara- negara di dunia. Malahan bisa dikatakan hampir semua negara menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi global mereka.  
Nah, berikut beberapa alasan mengapa bahasa Inggris penting untuk dipelajari dalam dunia global seperti saat ini. 

Berkomunikasi dalam level internasional
Bahasa Inggris adalah bahasa umum yang saat ini digunakan di banyak negara. Dalam tahapan komunikasi level internasional misalnya, bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa baku untuk berkomunikasi, mengemukakan pendapat, berbagi ide dan sebagainya. Sebagai contoh bila kita bertemu dengan orang- orang dari berbagai negara yang memiliki bahasa negara yang berbeda dalam sebuah seminar atau pertemuan internasional, pastinya kita akan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi agar kita lebih memahami pesan atau tujuan dari orang yang berbicara. 

Melakukan perjalanan ke luar negeri
Pemahaman dan penguasaan bahasa Inggris yang baik akan mempermudah segala urusan kita ketika berkunjung ke luar negeri. Kita akan dapat mudah saat memerlukan dan memberi bantuan saat berkunjung ke luar negeri. 

Mendapatkan pekerjaan di luar negeri
Kemampuan bahasa Inggris juga akan membantu kita dalam mendapatkan pekerjaan dan karir yang bagus di perusahaan- perusahaan luar negeri. Beberapa kantor dan perusahaan  menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama dan merekrut karyawannya dengan mempertimbangkan kemampuan calon karyawannya dalam penggunaan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Sebagai contoh bila kita ingin berkarir di perusahaan global misalnya Google atau Facebook tentu saja syarat utamanya adalah bisa berbahasa Inggris dengan baik dan benar.

Dalam Bidang Pendidikan dan Keilmuan
Inggris juga penting untuk bidang pendidikan. Di banyak negara, anak-anak diajarkan dan didorong untuk belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Bahkan di negara-negara di mana itu bukan bahasa resmi,  misalnya Belanda atau Swedia. Karena bahasa Inggris  adalah bahasa yang dominan dalam ilmu, sebagian besar penelitian dan studi ilmiah yang diberikan akan ditulis dalam bahjasa Inggris. Di tingkat universitas, siswa di banyak negara mempelajari hampir semua mata pelajaran mereka dalam bahasa Inggris untuk membuat materi lebih mudah diakses oleh mahasiswa internasional.

Informasi Global di Internet
Bila kita ingin mendapatkan informasi secara global di internet tentu saja kita akan menemukan hampir sebagian situs ditulis dalam bahasa Inggris. Meskipun kita bisa menggunakan fitur penerjemahan yang tersedia, namun dengan penguasaan bahasa Inggris yang baik, tentu saja lebih menguntungkan kita karena pemahaman akan kalimat dan bacaan akan menjadi lebih jelas.

Demikian artikel atau tulisan saya mengenai pentingnya bahasa Inggris di dunia global saat ini. Semoga bisa memberi nilai tambah bagi khususnya saya pribadi maupun sahabat Ahzaa semuanya. Terima kasih. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam kalimat ataupun bahasa. 


Sumber gambar :
https://owlcation.com