Yuk Persiapkan Ujian Semesteranmu dengan Enam Tips Ini

Halo Sahabat Ahzaa, masing bingung menghadapi ujian semesteran ini? Berikut ini ada enam tips yang sangat berguna bagi adik- adik sahabat Ahzaa yang sedang mempersiapkannya. Semoga dengan enam tips ini bisa menambah semangat adik- adik dalam belajar dan mempersiapkan ujian semestereannya.  Oke, langsung saja berikut kiat- kiatnya.

1.  Berikan waktu yang cukup untuk belajar
Hal yang terpenting dalam mempersiapkan ujian adalah meluangkan waktu yang cukup untuk belajar. Jangan pernah membudayakan belajar dengan sistem kebut semalam (sks). Jadi, persiapkan waktu dengan baik, berapa jumlah mapel yang akan diujikan, dan atur waktu belajar. Mungkin adik- adik akan memerlukan waktu yang lebih lama pada mapel- mapel tertentu misalnya mapel eksak atau mapel yang dipandang sulit. 

2. Atur lingkungan belajar senyaman mungkin
Lingkungan belajar merupakan pendukung belajar yang sangat penting. Dengan lingkungan belajar yang nyaman, adik -adik akan lebih fokus dalam menyerap ilmu saat belajar. Lingkungan belajar meliputi tempat belajar, penerangan, dan pendukung lainnya. Cobalah untuk menghilangkan rintangan- rintangan saat belajar misalnya kebisingan, games, penggunaan media sosial yang tidak perlu, dan sebagainya. Beberapa orang mungkin berbeda dalam cara belajar mereka, ada yang lebih suka belajar sambil mendengarkan musik, radio atau yang lebih umum ada orang yang hanya bisa fokus belajar dalam kesunyian. 

3. Latihan Soal tahun sebelumnya
Salah satu hal yang tidak kalah penting dari dua hal diatas adalah berlatih soal- soal tahun sebelumnya. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui pola soal dan tingkat kesulitan soal yang dihadapi. Biasanya pembuat soal juga akan merujuk penggunaan soal tahun- tahun sebelumnya. Bila ada soal tahun sebelumnya yang muncul, tentu saja itu bonus kan?

4. Mulailah belajar kelompok
Tidak semua hal bisa kita selesaikan sendiri, saat sahabat ahzaa menghadapi kesulitan dalam pelajaran, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan melalui kerja kelompok. Buatlah kelompok dari teman- teman terdekat dalam satu kelas atau seangkatan. Disana sahabat bisa berdiskusi tentang materi yang sulit dan saling berbagi akan solusi dalam pemecahan latihan soal. Menurut saya, belajar kelompok adalah cara yang efektif dalam pemecahan permasalahan soal ataupun latihan. 

5. Jaga kesehatan
Ujian membutuhkan stamina dan pikiran yang siap, dalam artian, ujian akan menguras pikiran dan tenaga kita sehingga tubuh kita harus tetap fit. Usahakan beristirahat yang cukup dan makan secara teratur. Tambahkan dengan olahraga serta makan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah- buahan. Hindari banyak makanan junk food atau siap saji. Banyak minum air putih juga akan menjadikan sahabat Ahzaa lebih sehat. 

6. Persiapkan sebelum hari ujian
Hal yang terakhir yang mesti dilakukan sebelum menghadapi ujian semester adalah persiapkan hal- hal teknis dengan baik seperti  alat tulis dan kartu tes.  Jangan sampai karena kesalahan kecil dalam hal- hal teknis seperti lupa membawa alat tulis atau  kartu tes dapat menghambat ujian adik- adik. Usahakan persiapkan hal - hal tersebut sebelum hari ujian berlangsung. Selain hal- hal teknis, yang sangat penting dari semuanya adalah jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan limpahan rahmatnya semoga ujian semester akan berjalan dengan lancar dan sukses. Amin 

Demikian beberapa tips dalam mempersiapkan ujian semester tahun ini, semoga bisa menambah semangat adik- adik dalam belajar.

Semoga Sukses,
Salam.

Yuk Persiapkan Ujian Semesteranmu dengan Enam Tips Ini Yuk Persiapkan Ujian Semesteranmu dengan Enam Tips Ini Reviewed by Ayunara Bahar on 12:12:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.