Wednesday, September 20, 2017

8 Fitur Baru Google Classroom untuk Mempermudah Guru Mengelola Kelas

Jaman teknologi serasa memanjakan kita- sebagai guru- dengan pelbagai hal yang mendukung metode atau cara pembelajaran berbasis teknologi untuk diterapkan di kelas kita. Bagaimana tidak, apapun yang kita perlukan dalam rangka mendukung teknologi pembelajaran yang akan kita terapkan, semudah hanya dengan mengusap jari- jari kita melalui layar smartphone atau dengan mengetikkan kata kunci melalui Google, baik itu berupa aplikasi, webtool, video, sistem pengelolaan kelas, bahkan sarana pembelajaran-pun, tersedia secara bebas melalui internet. Dan inilah saatnya motivasi, kreasi, dan inovasi diperlukan untuk kemajuan pembelajaran berbasis teknologi.

ilustrasi gambar
Ilustrasi gambar


Sehubungan dengan sistem pengelolaan kelas, kita pasti tidak asing lagi dengan yang namanya "Google Classroom". Sekilas mengenai Google Classroom memang sudah saya share pada post atau tulisan sebelumnya - Google Classroom untuk kelas Kolaboratif bagi Guru. Melalui Google Classroom, guru bisa membuat pengajaran secara kreatif dan inovatif. Selain itu,  Guru bisa menciptakan kelas kolaboratif dalam hubungan interaktif dengan siswanya. Sejak diluncurkan tiga tahun yang lalu, Google Classroom memiliki tanggapan yang positif baik dari guru maupun murid dalam menerapkan sistem pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya. Beberapa fitur baru pun diperbaharui untuk menyempurnakan sistem atau cara pembelajaran yang terkini.

Dan berikut ini beberapa fitur yang diperbarui oleh Google Classroom dalam mempermudah guru mengelola kelas mereka. Disitat dari Blog Google, berikut ini fitur Google Classroom untuk mempermudah guru dalam mengelola guru di kelas.

1. Single View untuk tugas siswa
Classroom memiliki halaman untuk setiap siswa yang menampilkan semua tugas siswa di kelas. Dengan tampilan ini, para guru dan siswa bisa melihat para guru dan siswa dapat melihat status setiap tugas, dan dapat menggunakan filter untuk melihat setiap penugasan, tugas yang hilang, atau tugas yang sudah dinilai dan dikembalikan.

2. Penyusunan Kelas
Melalui Classroom, guru bisa menyusun dan mengatur kelas berdasarkan kriteria kelas yang dimiliki. Misalnya mengatur berdasarkan jadwal harian, prioritas beban kerja.

3. Decimal Grading
Melalui Classroom, guru akan dapat secara mudah menggunakan penilaian yang membutuhkan kekuratan tinggi misalnya, penggunaan desimal dalam penilaiannya.

4. Transfer kepemilikan kelas
Dengan fitur ini, admin dan guru dapat mentransfer kepemilikan kelas Google Classroom ke guru yang lain, tanpa perlu membuat kelas yang baru. Secara otomatis, pemilik kelas baru bisa mendapatkan akses lengkap  tentang pekerjaan siswa melalui Google Drive.

5. Integrasi Kelas Baru
Fitur ini menawarkan integrasi antara guru dengan berbagai aplikasi lain yang mereka sukai dengan mudah. Misalnya saja Quizizz, Edcite maupun Code.org.

6. Kode kelas tampilan
engan fitur ini, guru sekarang dapat menampilkan kode kelas mereka di layar secara penuh sehingga siswa dapat dengan cepat bergabung dengan kelas baru.

7. Mengimpor skor Kuis Google Formulir ke Kelas
Menggunakan kuis melalui Google Formulir memungkinkan guru untuk melakukan penilaian real-time terhadap pemahaman siswa tentang sebuah topik. kemudian, guru akan dapat mengimpor nilai dari kuis yang dibuat tadi langsung ke Google Classroom.

8. Tambahkan gambar profil di ponsel
Dengan fitur ini, baik guru maupun siswa dapat dengan mudah mengganti gambar profil melalui ponsel yang dimiliki.

Demikian beberapa fitur baru Google Classroom untuk mempermudah guru mengajar di kelas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua khususnya rekan- rekan guru. Jangan lupa tuliskan komentar untuk kemajuan blog ini. Terima kasih.

Sumber :
https://www.blog.google/topics/education/10-ways-were-making-classroom-and-forms-easier-teachers-school-year/