Tuesday, September 12, 2017

Cara Mudah Membuat Kuis untuk Website atau Blog Anda

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat kuis interaktif baik secara online maupun offline. Kedua cara tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing. Nah, melalui posting ini, untuk melengkapi tulisan tulisan mengenai pembuatan kuis sebelumnya, kali ini saya akan membahas mengenai pembuatan kuis secara mudah untuk diterapkan pada blog atau website anda. Bagi sahabat Ahzaa, khususnya teman- teman guru yang memiliki blog, dan ingin memberikan assessment kepada peserta didiknya melalui blog yang dikelola tersebut, cara ini terhitung sangat tepat dilakukan bahkan tanpa keahlian coding sekalipun


Untuk bisa membuat kuis yang bisa diterapkan pada blog atau website, anda bisa membuatnya melalui QuizBox. QuizBox merupakan sebuah web yang menyediakan macam- macam tes misalnya tes kepribadian, teka- teki (riddles), horoskop, jokes, dan masih banyak lainnya. Pembuatan kuis juga salah satu fitur dari QuizBox. Seperti dikutip dari website-nya, membangun kuis di web tidak harus mahal dan sulit. Tanpa kemampuan koding sekalipun, pengguna dimungkinkan untuk menyampaikan dan mengelola berbagai kuis, survei, survei, dan penelitian melalui web mereka. 

Oke, langsung saja, berikut langkah- langkahnya.
  1. Masuk ke QuizBox  lalu pilih menu QuizBuilder
  2. Pada halaman pertama Quiz Builder, isikan form yang tersedia, seperti jumlah soal, pilihan jawaban, maupun skor nilai per soal lalu Klik "Here to Make your Own Quiz"
    Membuat  kuis untuk website
  3. Buatlah pertanyaan, pilihan jawaban dan skor soal sampai dengan selesai
    Membuat  kuis untuk website
  4. Pilih "email me the HTML source" untuk memperoleh kode HTML.
    Membuat  kuis untuk website
  5. Pada halaman berikutnya, akan muncul HTML source, copy kode tersebut.
    Membuat  kuis untuk website
  6. Masuklah pada Dashboard Blog anda, dan pada halaman Posting, pilih HTML
    Membuat  kuis untuk website
  7. Paste-kan kode tadi pada halaman HTML tersebut.
    Membuat  kuis untuk website
  8. Anda bisa mencoba melihat hasilnya melalui Pratinjau blog anda. Publish postingan tersebut dan Selamat, kuis anda sudah jadi.

 Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.