Tuesday, October 31, 2017

Aplikasi Ini Memudahkan Guru Bahasa Inggris Membuat File Audio Listening

Bila kita menanyakan pada siswa kita perihal bagian tersulit dalam soal ujian nasional, jawaban yang paling umum adalah  menjawab soal bagian mendengarkan (listening section). Benar sekali, listening section menjadi perhatian tersendiri dalam soal- soal ujian. Berbagai permasalahan muncul sehubungan dengan hal tersebut, apakah audio-nya kurang bagus
Ilustrasi gambar
alias tidak jelas,  suara yang terlalu pelan, atau bahkan ketidakpahaman siswa akan soal- soal yang diujikan. Alasan pertama dan kedua diatas, hanyalah masalah teknis belaka, yang kemudian dapat disiasati dengan memberikan kualitas lebih baik untuk sarana pendukungnya sedangkan untuk yang terakhir, membutuhkan keterampilan yang baik dalam menyelesaikan permasalahannya. 

Keterampilan listening  merupakan salah satu keterampilan yang mesti dikuasai selain keterampilan bahasa Inggris lainnya baik reading maupun writing.  Keterampilan mendengarkan (listening skill) membutuhkan pendengaran yang baik dalam artian tidak hanya mampu mendengarkan secara umum, namun juga mampu memproses informasi yang diperdengarkan. Banyaknya latihan menjadi poin utama untuk mengasah keterampilan mendengarkan. Oleh karena itu, pembuatan soal- soal sebagai bahan latihan listening untuk siswa sangat diperlukan untuk melatih siswa menguasai kompetensi tersebut.

Dalam membuat soal- soal dan latihan untuk listening, kita mungkin familiar dengan adanya aplikasi atau webtool yang membantu kita, sebutkanlah kita mengenal aplikasi Balabolka,  Yakitome!, atau program text to speech (TTS) yang lain. Aplikasi- aplikasi tersebut memang efektif membantu kita khususnya membuat media pembelajaran untuk listening. Namun sangat wajar bila banyak kekurangan, karena program- program tersebut dibuat untuk tujuan yang universal yaitu hanya mempermudah mengkonversi teks menjadi audio  (text to speech) saja. 

tampilan aplikasi
Nah, pada tulisan kali ini saya akan mereview aplikasi yang tepat untuk membuat pembelajaran untuk listening yaitu menggunakan aplikasi Listening Media. Aplikasi ini sangat membantu dan cocok untuk membuat media pembelajaran listening khususnya bagi guru- guru di sekolah. Aplikasi ini buatan anak bangsa dan peruntukannya disesuaikan dengan kebutuhan guru di sekolah misalnya untuk membuat dialog, soal listening ujian, pidato, dan sebagainya.

Beberapa fitur dari aplikasi ini adalah sebagai berikut,

Pilihan model suara
Aplikasi Listening Media menyediakan beberapa pilihan model suara, anda bisa memilih salah satu pilihan sesuai dengan kebutuhan anda. 

Pengulangan
Aplikasi ini memungkinkan kita melakukan pengulangan pada output audio yang kita buat meskipun hanya dengan satu script teks. 

Kecepatan
Kita bisa mengatur tempo suara yang akan dihasilkan apakah tempo lambat atau cepat sebelum menyimpannya ke dalam format MP3 atau WAV.

Sisipan suara eksternal
Kita juga bisa menambahkan suara eksternal, sebagai contoh keadaan di stasiun, bandara, dan sebagainya. 

Jeda diam
Aplikasi ini juga menyediakan fitur jeda diam, artinya bisa men-setting jeda antara satu kalimat dengan lainnya. 

Output file mp3 atau wav
Saat Anda selesai mengetik teks dialog, anda dapat mengubah teks sebagai file mp3 atau wav, sehingga Anda dapat mendengarkannya tanpa aplikasi.

Selain beberapa fitur diatas, masih banyak fitur yang bisa anda coba atau gunakan.
fitur yang disediakan
Tersedia versi demo dan full version. Fitur yang full tentu lebih lengkap misalnya pada pilihan model suara-nya. Untuk lebih lengkap dan jelas, anda bisa membacanya langsung melalui website  resminya di www.robiteacher.net. 

Demikian ulasan mengenai aplikasi untuk membuat file audio listening, semoga informasi ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.
Salam.


***Dalam hal ini Ahzaa.Net hanya memberikan ulasan yang bersifat informasi dan Ahzaa.Net tidak memiliki afiliasi atau hubungan dengan pihak manapun baik pembuat aplikasi atau website yang disebutkan diatas. Terima kasih.