10/17/2017

Inilah Software Terbaik untuk Membantu Guru Matematika dalam Mengajar

Menurut sejarah, matematika dipandang sebagai salah satu disiplin ilmu yang paling tua di dunia. Bagaimana tidak, banyak artefak, tulisan- tulisan kuno bukti - bukti fisik yang menunjukkan bahwa matematika sudah mulai digunakan sejak jaman dahulu kala. Keberadaan matematika memang tidak bisa dipungkiri  sangat intens dalam "mendampingi" kehidupan manusia dari dulu sampai dengan sekarang. Dari perhitungan yang sederhana sampai dengan perhitungan dalam kehidupan sehari- hari yang kompleks sekalipun, kita butuh ilmu matematika. Maka tidak heran bila kita mempelajarinya sejak dari sekolah dasar abhkan taman kanak- kanak sampai dengan perkuliahan.

Namun dengan kenyataan sejarah yang begitu rupa, ternyata matematika juga dipandang sebagai ilmu yang kompleks, sehingga matematika dianggap sebagai ilmu yang "susah" untuk dipelajari bagi sebagian besar dari kita. Dalam sebuah sekolah misalnya, perbandingan antara anak yang suka dengan matematika dengan pelajaran yang lain pasti berbanding terbalik. Tentu saja hal tersebut harus disiasati dengan baik oleh guru- guru jaman now.  

Kedekatan teknologi sekarang ini sebenarnya adalah faktor yang menguntungkan bagi guru untuk mengembangkan teknologi dalam kelas Matematika. Pada intinya adalah bagaimana caranya agar kita (sebagai guru) dapat menarik minat dari siswa- siswa dalam matematika. Penggunaan teknologi memang sudah banyak diupayakan dalam ilmu ini, salah satunya dengan penggunaan software, website, media, maupun alat bantu pembelajaran yang menarik siswa. 

Nah, pada tulisan berikut ini saya akan berbagi beberapa software matematika yang sangat berguna khususnya bagi rekan- rekan sebagai guru matematika. Tujuannya tidak lain adalah bisa menerapkan software atau aplikasi ini sehingga kita bisa mengajarkan matematika dengan baik dan menarik. Oke, langsung saja, berikut aplikasi- aplikasinya.

1. Microsoft Mathematics
Microsoft Mathematics merupakan perangkat lunak gratis yang ditawarkan oleh Microsoft yang membantu siswa matematika untuk dapat memecahkan masalah matematika yang kompleks dalam waktu singkat. 
Microsoft Mathematics
Secara keseluruhan, perangkat lunak ini membantu siswa dengan matematika dasar dan sains. Dengan Microsoft Mathematics, siswa dapat belajar memecahkan persamaan langkah demi langkah sambil mendapatkan pemahaman konsep dasar yang lebih baik dalam aljabar, aljabar, trigonometri, fisika, kimia, dan kalkulus. Microsoft Mathematics mencakup kalkulator grafik berfitur lengkap yang dirancang untuk bekerja seperti kalkulator. Versi terkini saat tulisan ini dibuat adalah Microsoft Mathematics versi 4.0

2. Maxima
Maxima
Maxima merupakan aplikasi untuk menyelesaikan aljabar yang bisa diinstal di komputer anda. Maxima yang dikembangkan oleh Massachusetts Institute of Technology,  memungkinkan untuk membantu Anda dengan bilangan bulat dan bilangan rasional atau bilangan. Tentu saja ini membantu menghasilkan kode dalam bahasa lain secara efisien. Namun untuk menjalankan program atau aplikasi ini, ana masih harus terhubung dengan internet.

3. xFunc
xFunc
xFunc adalah program memiliki tampilan sederhana dan mudah pengoperasian dalam membantu pengajaran Matematika anda. Aplikasi ini akan membantu menghitung ekspresi matematika secara otomatis. Kemuahan lainnya aalah bersifat portable, artinya anda tidak perlu menginstalnya, dan oleh karena itu bisa disimpan di harddisk dan cukup klik untuk menjalankannya. Dengan fitur antarmuka yang user-friendly anda akan dapat memecahkan masalah anda yang berkaitan dengan trigonometri, konstanta, aritmatika, bitwise, dan sebagainya.

4. SpeQ Mathematics
SpeQ Mathematics
SpeQ adalah program matematika yang sangat efektif untuk dijalankan. Ukuran dari aplikasi ini pun rekatif sangat kecil dan ringan. Selain itu fitur antarmuka yang simpel dan intuitif menjadikan aplikasi ini muah untuk dijalankan. Semua perhitungan dimasukkan dalam satu lembar. Di sana Anda bisa dengan bebas menambahkan, mengedit dan melakukan perhitungan. SpeQ mendukung semua fungsi umum, konstanta, dan unit. Kemudian, anda dapat menentukan variabel dan fungsi khusus, dan membuat grafik fungsi anda.

5. Universal Equation Algebra Solver
Universal Equation Algebra Solver
Bagi anda yang merasa kesulitan dalam menghadapi materi aljabar, Free Universal Algebra Equation Solver adalah solusinya. Aplikasi ini membantu anda melalui panduan langkah demi langkah untuk persamaan aljabar kompleks yang bervariasi dari nilai logaritma, nilai absolut, ransum, irasional, parameter atau eksponensial. 

6. Photomath
Photomath
Inilah aplikasi yang paling banyak ditunggu- tunggu oleh para siswa. Aplikasi ini sangat populer karena bisa menyelesaikan masalah hanya dengan pengambilan foto persamaan matematika di kertas. Namun tidak semua materi bisa diselesaikan dengan aplikasi ini, hanya pada bentuk persamaan matematika dan perhitungan lainnya. Aplikasi ini berbasis Android dan bisa diunduh melalui smartphone anda masing- masing. Tetapi, penggunaan secara ilegal sangatlah tidak disarankan melalui aplikasi ini. 

Demikian  software Matematika terbaik untuk membantu dalam memecahkan masalah matematika. Bila sahabat Ahzaa memiliki rekomenddasi lainnya, silahkan tulis melalui kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

2 comments: