Thursday, November 2, 2017

Berikut Ini Tool Google yang Cocok untuk Kelas Kolaboratif

Siapa yang menyangka perkembangan pesat dunia internet mulai abad ke-21 ini membawa perubahan besar dan dampak yang luar biasa terhadap kehidupan manusia. Dalam hitungan perdetik, berjuta- juta informasi tersebar ke seluruh penjuru dunia. Perubahan yang besar tersebut mencakup hampir semua lini masa, demikian halnya dalam dunia pendidikan. Era teknologi memperkenalkan kita kepada hal- hal yang baru yang mungkin saja tidak pernah kita pikirkan sebelumnya. Salah satu contohnya adalah kelas kolaboratif. Kelas kolaboratif memang sedang menjadi trending saat ini, karena memang cocok diterapkan pada zaman teknologi ini, juga memiliki banyak sisi positif bila diterapkan. Salah satu penyedia alat yang mendukung kelas kolaboratif ini siapa lagi kalau bukan Google. Memang Google terkenal dengan inovasi- inovasi baru teknologi termasuk dalam pendidikan. 
kelas kolaboratif

Nah, berkaitan dengan Google dan kelas kolaboratif, berikut ini kami rangkum tiga tool Google yang cocok untuk kelompok kelas kolaboratif, diantaranya,

1. Google Drive


Google Drive

Salah satu kelebihan Google dibanding lainnya adalah satu akun untuk semua produk google termasuk yang selalu kita gunakan yaitu Google Drive. Google Drive tidak hanya digunakan untuk media penyimpanan online saja, namun juga dilengkapi dengan fitur- fitur lain seperti pengeditan dokumen, pengolah data (spreadsheet) atau presentasi layaknya menggunakan Powerpoint. Lebihnya lagi ketiga- tiganya bisa diintegrasikan secara kolaboratif baik mengedit, menambahi maupun mensinkronisasikan dokumen. Kita bisa menerapkannya dengan baik di kelas kita dengan mengajak siswa- siswa kita untuk terlibat dalam projek atau tugas yang diberikan.

2. Google Hangout
Google Hangout
Google Hangout memungkinkan anda terhubung dan berkolaborasi dengan siswa maupun orang tua secara real-time. Hampir mirip seperti penyedia layanan serupa lainnya, dengan Google Hangout, anda dapat melakukan panggilan suara atau video dalam sebuah kelompok di kelas. Selain itu anda, sebagai guru, juga bisa menggunakannya untuk melakukan obrolan berkelompok tentang tugas atau projek yang sedang anda tugaskan. Beberapa fitur yang ditawarkannya yaitu meliputi menyimpan rekaman percakapan, membagikan foto, peta, video, stiker, dan sebagainya. 

3. Jamboard
Jamboard
Jamboard merupakan versi digital dari papan tulis yang kita gunakan di kelas. Dalam hal ini Jamboard memungkinkan kita untuk berbagi ide secara real-time dan menciptakan kreatifitas pada siswa-siswa kita. Jamboard juga dilengkapi dengan banyak fitur menarik yang dapat membuat mereka menjadi lebih produktif. Selain itu, Jamboard memungkinkan pengguna untuk bekerja sama satu sama lain dimanapun mereka berada. Mereka dapat mengakses Jamboard dengan smartphone atau tablet masing- masing. Dengan Jamboard, kita dapat dengan mudah menarik konten dari aplikasi web atau Drive seperti Documents, Spreadsheet, Slide, foto kemudian menambahkannya langsung ke dalam Jamboard. Untuk menggunakan Jamboard, anda harus membayar dengan harga sekitar $4,999 yang tentunya sepadan dengan fasilitas yang ditawarkan.

Demikian ulasan mengenai tool Google yang cocok untuk kelas kolaboratif di kelas. Bila sahabat Ahzaa memiliki alternatif lain tool kelas kolaboratif, silahkan share di kolom komentar ya?
Semoga bermanfaat.