Saturday, December 2, 2017

Inilah Langkah- Langkah Pengelolaan Tugas dari Guru ke Siswa dengan Google Classroom Pada Kelas Kolaboratif Anda

Kelas kolaboratif saat ini masih menjadi sebuah terobosan baru dalam dunia pendidikan. Kelas kolaboratif memungkinkan terjadinya interaksi- interaksi yang terjadi antara guru dengan siswanya atau bahkan dengan orang tua siswa berdasarkan daring online. Kelas kolaboratif memang cocok diterapkan saat ini karena guru bisa mengaplikasikan dan mengintegrasikan teknologi ke dalam kelas tanpa mengurangi esensi dari pembelajaran itu sendiri. Bahkan, manfaat yang diperoleh bisa lebih banyak daripada kelas konvensional yang biasa kita terapkan. 

www.ahzaa.net
kelas kolaboratif
Berbicara mengenai kelas kolaboratif, hal yang pertama ada dalam benak kita adalah Google Classroom. Google Classroom merupakan salah satu produk Google untuk dunia pendidikan dengan tujuan untuk membantu guru dalam mengelola tugas- tugasnya, misalnya, membuat tugas siswa, membuat kelas virtual, memberikan pemberitahuan, berkomunikasi dengan anggota kelas mengenai tugas- tugas yang diberikan, menerima feedback, dan masih banyak lagi. 

Nah, salah satu hal yang menarik dan aplikatif melalui Google Classroom adalah pengelolaan tugas siswa. Berkaitan dengan itu, berikut ini langkah- langkah pengelolaan tugas dengan Google Classroom untuk kelas kolaboratif anda. 

#Langkah 1
Membuat Kelas Virtual dengan Google Classroom
Google Classroom memungkinkan kita membuat kelas virtual untuk pembelajaran kita. Dengan mudah kita dapat membagikan tugas- tugas kepada siswa, memberikan pengumuman, memberikan feedback atas tugas siswa yang sudah dikerjakan, diskusi kelompok atau individu dan banyak lagi. Bila kita memiliki banyak kelas, kita bisa memberikan kode- kode tersendiri. Dengan kode tersebut bisa digunakan siswa untuk masuk ke dalam kelompok kelas masing- masing. 

#Langkah 2
Integrasi Google Drive
Saat kita membuat Google Classroom, maka secara langsung kita akan terintegrasi dengan Google Drive. Hal itu akan memudahkan kita dalam membuat dan menyimpan tugas- tugas untuk siswa kita. Google Drive akan secara otomatis membuatkan folder tersendiri khusus untuk Classroom kita.

#Langkah 3
Pengelolaan tugas
Seperti dibahas sebelumnya, Google Classroom memungkinkan kita membuat dan memposting tugas kepada siswa. Anda dapat memberikan penugasan dengan klik tab tugas dan berikan nama untuk tugas tersebut, berilah deskripsi singkat dan tanggal jatuh tempo. Selain itu anda dapat menyematkan dokumen melalui unggahan PC atau laptop, dokumen Google docs, dan video YouTube dalam tugas anda.

1. Unggah Tugas
Saat anda mengunggah dokumen anda, ada tiga opsi Google yang ditawarkan yaitu, siswa dapat melihat file, siswa dapat mengedit file, dan terakhir memberikan izin Google Class untuk membuat salinan setiap siswa di kelas. Kemudian saat siswa masuk ke Kelas Google mereka, mereka akan dapat melihat tugas yang tertunda langsung dari layar utama mereka. Untuk membuka tugas, siswa dapat mengeklik judul tugas atau mengeklik tautan di sampingnya untuk membukanya langsung di Google Drive. Sebagai alternatif, siswa dapat menemukan tugas di Drive mereka di bawah subfolder yang dibuat secara otomatis untuk tugas di folder classroom.

2. Pengumpulan Tugas
Saat siswa selesai mengerjakan tugas mereka, mereka bisa mengklik tombol "turn in" untuk mengirimkan pekerjaan mereka. Mereka juga bisa memberi komentar di bawah tugas yang bisa dibaca oleh guru. Setelah tugas diserahkan, siswa diberikan pilihan untuk membatalkan tugas mereka dengan mengklik tombol "unsubmit". Hal ini akan memungkinkan mereka untuk mengedit karya mereka sebelum mengirimkannya kembali ke guru. Bahkan setelah pekerjaan telah diajukan, siswa dapat mengirim komentar di bawah tugas mereka tentang masalah atau kendala yang mereka hadapi saat pembuatan tugas mereka.

3. Penilaian Tugas
Setelah tugas diserahkan, guru masuk ke Google Classroom dan melihat rekap berapa jumlah siswa yang sudah dan belum mengumpulkan tugas. Guru juga dapat menilai siswa bekerja dengan benar di Google Classroom dengan memilih salah saGoogle Classroom.
tu nilai angka yang disediakan di sana atau dengan memberikan nilai yang dibuat. Maka, secara otomatis, nlai akan muncul di akun siswa di

Selamat Mencoba....