Tuesday, January 9, 2018

Mengenal Tes Marlins, Bentuk Soal dan Kegunaannya bagi Para Pelaut

Bahasa Inggris merupakan bahasa global yang digunakan hampir semua penduduk di dunia. Hal itu dikuatkan oleh banyaknya penggunaan bahasa Inggris dalam semua lini kepentingan baik pendidikan, ekonomi, sosial, politik, dan masih banyak lagi.  Dalam dunia pendidikan misalnya, kita mempelajari bahasa Inggris dari semenjak zaman sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Kemampuan bahasa Inggris banyak diukur melalui tes untuk menguji seberapa mahir siswa dalam bahasa Inggris. Hal itu tidak lain dimaksudkan untuk mempersiapkan mereka menghadapi era global saat ini.
gambar ilustrasi
Selain itu, dalam urusan dunia pekerjaan, berbagai perusahaan juga menempatkan kemahiran bahasa Inggris sebagai tolak ukur kemampuan karyawan atau calon karyawannya. Kemajuan dan kebutuhan global akan komunikasi antara orang- orang diseluruh dunia menuntut kemampuan akan bahasa Inggris yang baik. Pengujian kemampuan dalam bahasa Inggris tersebut biasanya dilakukan melalui tes. Seperti yang kita kenal, ada banyak tes bahasa Inggris yang berkembang saat ini, seperti TOEFL, TOEIC, dan IELTS. Ketiganya memiliki peruntukan yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Namun, tahukah kita ternyata ada satu lagi bentuk tes yang diperuntukkan untuk profesi tertentu khususnya seorang pelaut yaitu Marlins English Language Test atau yang dikenal dengan tes Marlins.

Apakah Tes Marlins itu?
Tes Marlins merupakan sebuah tes yang mesti dilalui oleh seorang calon pelaut saat mereka ingin mengembangkan keprofesionalannya. Seorang pelaut memang dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik karena bisa saja setiap saat mereka akan bertemudalam kesempatan yang tidak terduga dengan beragam orang diseluruh dunia yang tentu saja pengetahuan dan keterampilan akan bahasa global sangat begitu diperlukan.

Kategori Tes Marlins
Dalam tes marlins, ada tiga kategori tes yang membedakan peruntukan berdasarkan pekerjaan dan profesi pelaut, yaitu seafarers, cruise ship staff dan  offshore workers

#1.  The Marlins English Language Test for Seafarers
Tes ini ditujukan untuk pelaut untuk  menguji kemampuan mereka untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Untuk kategori tes ini, setiap tes terdiri dari total 85 pertanyaan yang dipecah menjadi beberapa bagian sebagai berikut:

  • Listening comprehension (25 pertanyaan)
  • Grammar (30 pertanyaan)
  • Vocabulary (15 pertanyaan)
  • Different sounds and pronunciation (9 pertanyaan)
  • Reading (1 pertanyaan)
  • Time and numbers (5 pertanyaan)

Jumlah skor akhir dihitung sebagai persentase keseluruhan dan waktu maksimal yang disarankan adalah 60 menit.

#2.  The Marlins English Language Test for Cruise Ship Staff
Tes ini dimaksudkan bagi mereka yang bekerja untuk industri pelayaran. Tes ini berlaku untuk semua posisi hotel laut di kapal pesiar dan dapat diambil oleh warga negara manapun di lokasi manapun di seluruh dunia. Pertanyaan uji menekankan secara khusus pada interaksi staf atau tamu dan layanan pelanggan dalam situasi yang beragam.

Jumlah soal terdiri atas 50 butir soal dengan pembagian sebagai berikut :
  • Listening comprehension (14 pertanyaan)
  • Grammar (19 pertanyaan)
  • Vocabulary (12 pertanyaan)
  • Reading (1 pertanyaan)
  • Time and numbers (4 pertanyaan)

Jumlah skor akhir dihitung sebagai persentase keseluruhan  dan waktu maksimal untuk mengerjakan tes ini adalah 30 menit. 

#3. The Marlins English Language Test for Offshore Workers
Tes ini dirancang untuk konteks industri minyak dan gas bumi lepas pantai. Terapannya, tes ini lebih berfokus pada kemampuan untuk memahami bahasa Inggris daripada menguji keterampilan teknis khusus. Tes kategori ini sangat cocok untuk semua negara dan posisi terlepas dari apakah mereka berbasis di luar negeri atau di darat.
Jumlah soal adalah 85 dengan pembagian sebagai berikut :
  • Listening comprehension (28 pertanyaan)
  • Grammar (28 pertanyaan)
  • Vocabulary (17 pertanyaan)
  • Reading (1 pertanyaan)
  • Time and numbers (6 pertanyaan)
Jumlah skor akhir dihitung sebagai persentase keseluruhan  dan waktu maksimal untuk mengerjakan tes ini adalah 60 menit. 

Ketiga tes diatas dikerjakan secara online melalui platform tes Marlins, dengan cara mendaftar terlebih dahulu dan membayar kode lisensinya. Dari informasi pada website resminya, biaya per test the Marlins English Language Test for Seafarers and Cruise sebesar USD 14 per test, sementara the Test for Offshore Workers yaitu USD 25 per test. Lebih jelasnya, bisa dibuka pada laman https://marlins.co.uk/important-news-price-increase

Bentuk Soal Marlins Test
Untuk mengetahui contoh dan materi yang muncul, saya screenshot-kan bentuk contoh soal latihan tes Marlins untuk seafarer. Semoga bisa menjadi gambaran.

Soal Listening
a. Memilih kata
Pada bentuk soal listening bentuk ini, akan tampil sebuah kalimat rumpang, kemudian penutur akan mengatakan sebuah kata, lalu anda bisa memilih kata yang tepat dalam pilihan jawaban yang tersedia.
b. Mendengarkan percakapan
Pada soal listening bentuk ini, anda akan mendengarkan percakapan lalu pilih jawaban yang benar sesuai dengan maksud dari apa yang dikatakan oleh penutur.

Soal Grammar
a. Soal Preposition
b. Menjelaskan gambar

c. Mengisikan rumpang sesuai grammar
d. Menyusun kata menjadi kalimat

Soal Vocabulary
a. Mengelompokkan kata
b. Menempatkan kata sesuai dengan gambar
c. Menempatkan kata sesuai kategori

Time and Numbers
Memilih bagaimana mengucapkan waktu dan nomor

Pronounciation
Memilih kata dengan suara yang berbeda

Reading
Membaca teks kemudian mengisikan rumpang dalam teks tersebut


Selain untuk kategori kebutuhan seafarer, anda bisa mencoba terlebih dahulu soal- soal sesuai dengan kebutuhan yang anda perlukan melalui website resminya di 
https://www.marlinstests.com, 

Semoga tulisan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk menuliskan komentar anda melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.
Terima kasih.

Sumber referensi tulisan:
https://marlins.co.uk

Sumber gambar latihan soal :
https://www.marlinstests.com