Sunday, January 14, 2018

Penerimaan Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) Program Vokasi UNDIP untuk Siswa SMK Tahun 2018 Sudah Mulai Dibuka, Inilah Info Lengkapnya

Siapa yang bilang bahwa anak SMK tidak bisa melanjutkan kuliah, atau anak SMK hanya terbatas diarahkan untuk bekerja saja. Itulah anggapan klasik yang berkembang di masyarakat tentang anak SMK. Pada kenyataannya SMK merupakan sekolah vokasi, yang tentu saja mendidik dan mengarahkan siswa- siswinya untuk memiliki bekal keterampilan sesuai dengan jurusan yang diambil. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan bila sebagian besar dari lulusan SMK lebih banyak yang bekerja daripada melanjutkan kuliah. Tetapi zaman telah berganti, siswa SMK juga memiliki kesempatan yang sama seperti halnya siswa SMA yaitu bisa mengecap bangku perguruan tinggi negeri. Cuma untuk sistem penilaiannya agak berbeda dengan siswa SMA saat melalui proses seleksi masuknya. 
www.ahzaa.net
Foto praktik siswa SMK/ Dok Ahzaa

Jalur Penerimaan Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) merupakan jalur yang memberikan peluang anak SMK untuk masuk ke perguruan tinggi negeri dan salah satu perguruan Tinggi Negeri yang saat ini membuka penerimaan mahasiswa baru melalui program vokasi adalah Universitas Diponegoro (UNDIP).  Program untuk jenjang Diploma III tersebut dibuka melalui seleksi tanpa tes. Proses seleksi calon mahasiswa baru untuk program vokasi dilakukan berdasarkan prestasi akademik nilai rapor dari semester 1 sampai 5 dan prestasi lain yang mendukung. 

Adapun ketentuan pendaftarannya adalah :
  • Calon peserta seleksi adalah yang sedang menempuh kelas XII dan akan lulus dari SMK tahun 2018 ini. Pada saat registrasi setelah pengumuman penerimaan, siswa yang dinyatakan diterima harus menunjukkan ijazah kelulusan.
  • Calon peserta tidak pernah tinggal kelas
  • Calon peserta seleksi memiliki prestasi dengan masuk ranking 75% besar di kelasnya pada semester I kelas XII.
  • Calon peserta seleksi melakukan pendaftaran online
  • Calon peserta bisa memilih program studi sesuai dengan asal jurusan pada waktu SMK. 
Program studi yang bisa dipilih berdasarkan program keahlian SMK adalah sebagai berikut :



Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman um.undip.ac.id dengan jadwal pendaftaran PSSB jalur diploma III akan dibuka mulai 15 Januari sampai dengan 9 April 2018 

Mekanisme pendaftaran :

Yang dilakukan oleh Siswa Calon Peserta
  1. Calon peserta yang bisa mendaftar adalah calon peserta yang memenuhi syarat. PSSB D-III menerima calon mahasiswa baru yang memiliki potensi secara akademik. Persyaratan PSSB D-III adalah : a) termasuk 75% terbaik di kelas XII b) berasal dari SMA/SMK/MA atau yang sederajat negeri ataupun swasta yang memiliki minimal akreditasi B c) tidak buta warna untuk beberapa program studi tertentu.
  2. Calon Peserta mengambil PIN dari menu get PIN . PIN yang didapat digunakan untuk kunci pembayaran  biaya pendaftaran di Bank-bank yang ditunjuk oleh UNDIP. Biaya Pendaftaran PSSB DIII adalah Rp. 250.000,-. Ada 3 Bank yang melayani pendaftaran Online ini, yaitu Bank BNI ’46 (melalui teller dan ATM ), Bank BTN (melalui Teller) dan Bank Mandiri (Melalui Teller, ATM, dan Internet Banking). 
  3. Calon peserta yang sudah membayar biaya pendaftaran dipersilahkan login untuk mengisi formulir dengan menggunakan PIN dan passwordnya. Menu-menu formulir pendaftaran akan muncul jika biaya pendaftaran sudah dibayar. Menu login / isi formulir klik disini.
  4. Calon peserta mengisi semua data secara lengkap dan kemudian mencetak hasil isian formulir. Hasil isian formulir ini adalah form d3-1 dan form d3-2. Dua formulir ini di fotokopi dimana salah satunya untuk backup peserta dan yang asli dikirim ke panitia. Pengisian formulir harus teliti dan hati-hati, panitia tidak bertanggung jawab atas pengisian data, dan pengisian data yang salah dan tidak sesuai akan berakibat pada pembatalan menjadi peserta seleksi PSSB Diploma III Undip tahun 2018.
  5. Calon peserta kemudian wajib mengirimkan syarat-syarat berkas yang akan dijadikan bahan verifikasi oleh panitia. Berkas-berkas ini harus dikelola dan dikumpulkan oleh sekolah untuk dikirimkan ke panitia PSSB. 
  6. Berkas-berkas yang dikirimkan diantaranya:  
  • Form d3-1 dan form d3-2 hasil pengisian formulir. Jangan lupa peserta harus memiliki fotokopinya untuk backup dan yang asli bisa dikirimkan.
  • Foto kopi rapor dari kelas X sampai dengan kelas XII semester pertama yang dilegalisir oleh sekolah. Untuk kurikulum 2013, peserta seleksi harus mengirimkan 2 jenis rapor dengan nilai menggunakan skala 4 (0-4) dan skala 100 (0-100). Nilai rapor dalam skala 100 (0-100) wajib diisikan ke dalam sistem pendaftaran online.
  • Foto kopi bukti diri atau kartu tanda siswa.
  • Pas foto 4×6 sebanyak 3 lembar.
  • Foto kopi bukti-bukti lain seperti sertifikat prestasi yang didaftarkan dan lain-lain.
  • Lima berkas diatas di masukkan kedalam Map kemudian di berikan ke pihak sekolah untuk dikirimkan secara bersama dengan calon peserta lain yang satu sekolah secara kolektif. Warna map calon peserta adalah IPA berwarna merah, IPS berwarna kuning, dan bahasa berwarna biru. Bagian luar map ditempeli lembar alamat pelamar yang bisa di download disini.

Yang Dilakukan oleh Sekolah :
  1. Sekolah yang bisa mengikuti pendaftaran adalah sekolah-sekolah negeri  atau sekolah swasta yang terakreditasi minimal B.
  2. Sekolah mengkoordinir siswa yang memenuhi syarat untuk mendaftar pada program PSSB D-III.
  3. Sekolah membantu dan memonitor siswa calon peserta seleksi PSSB D-III dalam pengisian formulir.
  4. Sekolah mengumpulkan semua berkas dan syarat-syarat dari setiap calon peserta (yang sudah dalam map berwarna) menjadikannya satu bendel untuk kemudian dikirimkan ke panitia PSSB Undip secara kolektif.
  5. Sekolah mengisi formulir d3-3 tentang daftar peringkat dikelas tempat masing-masing calon peserta. formulir d3-3 bisa didownload disini.
  6. Sekolah memasukkan formulir d3-3 dan fotokopi akreditasi sekolah minimal B (untuk sekolah swasta) kemudian memasukkannya ke dalam map warna hijau. Map tersebut diluarnya ditempeli lembar tempel untuk sekolah. lembar tempel untuk sekolah bisa didownload disini.
  7. Pihak sekolah kemudian mengkolektif semua berkas pendaftaran calon peserta untuk dikirimkan secara kolektif ke panitia PSSB D-III Undip 2018.
Untuk lebih lengkap dan jelas berkenaan dengan pendaftarannya, bisa berkunjung ke laman resminya di https://um.undip.ac.id. Semoga tulisan ini bermanfaat dan ditunggu kunjungannya kembali untuk informasi kuliah lainnya.

Sumber Info :
https://um.undip.ac.id/info-pssb-d3