Monday, January 15, 2018

Rekruitmen Khusus Program D3 Kerjasama PLN - UNDIP tahun 2018, Berikut Informasinya

Bekerja di sebuah lembaga BUMN yang bergengsi seperti PT.PLN (Persero) adalah sesuatu yang begitu diimpi-impikan. Dengan sistem kerja yang profesional, kesejahteraan yang memadai dan jenjang karir yang terjamin membuat perusahaan tersebut menjadi primadona bagi para pencari kerja. Sebuah pemandangan yang biasa saat lowongan kerja  BUMN plat merah ini dibuka, berbondong- bondong ribuan bahkan puluhan ribu orang bersaing untuk memperebutkan posisi untuk bergabung di dalamnya. Pada intinya, hanyalah orang- orang yang terpilih dan mampu saja yang bisa menempati posisi kerja bergabung dengan perusahaan tersebut.  
www.ahzaa.net
Ilustrasi menggapai impian

Nah, kabar gembira bagi adik- adik siswa lulusan SMA/ MA jurusan IPA dan SMK memiliki peluang untuk bisa bekerja di PT. PLN (Persero) dengan menempuh kuliah terlebih dahulu di perguruan tinggi. Keuntungannya, mahasiswa yang lulus pendidikan dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh PT. PLN (Persero) akan langsung diterima menjadi pegawai PT PLN (Persero). salah satu perguruan tinggi yang bekerja dengan PT. PLN (Persero) adalah Universitas Diponegoro (UNDIP). 

Pada tahun 2018 ini,  Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro bekerjasama dengan PT. PLN (Persero) memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/MA jurusan IPA/yang sederajat dan SMK setara IPA untuk melanjutkan studi di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro.

Adapun ketentuan program kerjasama ini adalah sebagai berikut:
  1. Program pendidikan jenjang Diploma III dengan pilihan program studi Teknik Elektro (akan menangani sistem kontrol, distribusi, transmisi, gardu induk, dll). Jumlah mahasiswa yang diterima 50 orang.
  2. Pendidikan dilaksanakan maksimal 7 semester dengan sistem gugur, evaluasi dilaksanakan secara periodik.
  3. Bagi mahasiswa yang tidak lulus evaluasi dinyatakan gugur haknya sebagai mahasiswa program kerjasama dan dapat disertakan di kelas/perkuliahan reguler dengan ketentuan tidak ada pengembalian biaya pendidikan yang telah dibayarkan.
  4. Mahasiswa wajib melaksanakan praktek kerja (OJT) di instalasi milik PT. PLN (Persero) maksimal selama 6 bulan dengan memperoleh uang saku Rp.850.000,- per bulan.
  5. Biaya seluruh program pendidikan ditanggung oleh mahasiswa.
  6. Diberikan Beasiswa dan bantuan penyusunan Tugas Akhir untuk Mahasiswa berprestasi.
  7. Mahasiswa program ini setelah lulus pendidikan, langsung DITERIMA SEBAGAI PEGAWAI PT.PLN (Persero) dengan jabatan Junior Engineer / Operator di seluruh unit PT. PLN seluruh indonesia setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh PT. PLN (Lolos tes kesehatan, IPK lebih besar atau sama dengan 2,75 dan lain-lain) serta menjalani Diklat Prajabatan.

Sedangkan persyaratan yang harus dipenuhi mencakup :
  1. Lulusan SMA/MA jurusan IPA dan SMK setara IPA tahun 2017 atau yang akan lulus pada tahun 2018.
  2. Tahun kelahiran tahun 1998 dan sesudahnya sesuai dengan Akte Kelahiran.
  3. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
  4. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna total maupun sebagian dan bebas narkoba.
Tahapan seleksi yang akan dilaksanakan meliputi tes akademik (Matematika, Fisika, Bahasa Inggris) oleh Undip, Tes Psikotest oleh PT PLN, Tes Fisik oleh PT PLN, Tes Kesehatan dan Wawancara oleh PT PLN.

Jadwal kegiatan pendaftaran dimulai tanggal 6 Maret sampai dengan 16 April 2018 secara online dan tes akademik tanggal 21 April 2018 serta pengumuman hasil akademik tanggal 2 Mei 2018. Setelah itu akan dilanjutkan oleh tes selanjutnya yang diselenggarakan oleh PT. PLN (Persero) yaitu 
  • Ujian Seleksi Psikotest
  • Pengumuman Tes Psikotest
  • Tes Fisik
  • Pengumuman Tes Fisik
  • Tes Laboratorium dan Penunjang
  • Pengumuman Tes Lab dan Penunjang
  • Wawancara
  • Pengumuman Hasil Wawancara


***Jadwal kegiatan pendaftaran bisa saja berubah sewaktu- waktu, untuk lebih jelasnya bisa memantau di laman resminya di https://um.undip.ac.id/informasi-umum-d3-pln )

Demikian informasi rekruitmen khusus program D3 Kerjasama PLN - UNDIP tahun 2018, semoga memberikan manfaat bagi adik- adik semua yang berminat untuk berkuliah di UNDIP sekaligus setelah lulus bisa langsung bekerja di PT. PLN (Persero).