Wednesday, February 7, 2018

Inilah Informasi Umum Pendaftaran SBMPTN 2018

SBMPTN merupakan seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan oleh PTN pada lingkungan Kemenristekdikti dan Kemenag secara bersama dengan koordinasi Panitia Pusat. Seleksi SBMPTN 2018 dilakukan berdasarkan hasil dari UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), atau kombinasi keduanya serta ujian keterampilan calon mahasiswa. 

UTBC dan UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai aturan akademik pengembangan tes. Ujian tulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek), serta bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain dengan UTBC atau UTBK, peserta yang memilih program studi tertentu seperti Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan (UK).

Untuk mendaftar, calon peserta harus memenuhi syarat berikut ini yaitu 
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2016 dan 2017 serta harus memiliki ijazah.
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2018 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru dengan dibubuhi cap/stempel yang sah.
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studinya.

Pendaftaran dan cara pendaftaran secara lengkap dapat dilakukan dan dilihat  secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id yang akan dimulai pada tanggal 5 April 2018 pukul 08.00 WIB sampai dengan 27 April 2018 pukul 22.00 WIB. Bila kuota pendaftar telah terlampui, maka pendaftaran online UTBK akan ditutup. Oleh sebab itu penting kiranya untuk bisa me-manage waktu yang tepat untuk mendaftar.

SBMPTN 2018 dilaksanakan dengan sistem UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) serta Ujian Keterampilan (UK). Materi pada Ujian Tulis meliputi :
  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural.
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
Sedangkan pada Ujian Keterampilan (UK) yang diperuntukkan pada program jurusan bidang seni dan keolahragaan, meliputi :

  • UK Seni Rupa, Kriya, dan Desain berupa Tes Menggambar, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan. Soal tes dibedakan dalam 3 (tiga) kategori sesuai bidang studi yaitu UK Seni Rupa, UK Kriya, dan UK Desain. 
  • UK Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas, Imitasi Gerak, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara).
  • UK Musik, Seni Karawitan dan Etnomusikologi berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara). Soal tes dibedakan dalam 2 (dua) kategori sesuai bidang studi yaitu UK Musik atau UK Seni Karawitan dan Etnomusikologi.
  • UK Teater dan Seni Pertunjukan berupa Tes Praktik Monolog, Tes Pantomim/Baca Puisi, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara)
  • UK Fotografi berupa Tes Praktik Fotografi serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara).
  • UK Film dan Televisi berupa Tes Praktik Membuat Storyboard serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara).
  • UK Olahraga berupa Tes Kesehatan dan Tes Keterampilan Motorik.
Dalam ujian keterampilan, peserta wajib mengikuti ujian keterampilan di PTN pilihan, tidak diperkenankan mengikuti ujian di PTN yang bukan menjadi PTN tujuan dan peserta wajib mengikuti jenis ujian keterampilan sesuai dengan ketentuan prodi pilihannya. 

Pada kelompok ujian tulis dibagi menjadi tiga jenis yaitu,
  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.
Untuk mendapatkan info update tentang SBMPTN 2018, Jangan lupa untuk selalu memantau laman resminya melalui  http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. 

Nah, untuk memperoleh hasil yang memuaskan dan diterima di perguruan tinggi impian, persiapkan mulai sejak sekarang materi- materi soal pada ujian tulis SBMPTN. 

Semoga sukses.