Wednesday, March 7, 2018

Berikut Ini Perbedaan TOEFL dan IELTS yang Perlu Diketahui

Kita mengenal IELTS dan TOEFL untuk mengukur kecakapan dalam berbahasa Inggris. Kedua tes tersebut biasanya digunakan sebagai salah satu syarat untuk dapat melanjutkan kuliah di luar negeri khususnya pada universitas yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka. Baik TOEFL dan IELTS memiliki karakteristik sendiri- sendiri meskipun semuanya mengujikan tingkat kecakapan bahasa Inggris kita.

Nah, sebelum memilih tes mana yang mesti diambil apakah TOEFL atau IELTS, berikut saya rangkum beberapa perbedaan dari kedua tes tersebut. 

Apakah TOEFL dan IELTS itu?

Tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan tes untuk menguji kemampuan anda dalam berkomunikasi bahasa Inggris di lingkungan akademis seperti universitas. Tes ini diterima oleh lebih dari 8.500 institusi di 130 negara, termasuk Inggris, Amerika Serikat dan Australia, serta semua 100 universitas di dunia. TOEFL dikelola oleh ETS (Education Testing Service) yang berbasis di Amerika. Oleh karenanya, TOEFL lebih cenderung menggunakan American English.

IELTS (International English Language Test System) merupakan tes bahasa Inggris yang diperuntukkan untuk tujuan pendidikan, imigrasi dan pekerjaan. Tes ini diterima oleh lebih dari 9.000 institusi di 130 negara di seluruh dunia. Berbeda dengan TOEFL, IELTS lebih cenderung menggunakan British English, dan banyak digunakan institusi atau universitas di negara-negara Persemakmuran Inggris seperti Selandia Baru dan Australia. 

Perbedaan Ujian TOEFL dan IELTS

Secara umum TOEFL dan IELTS memiliki perbedaan yang nyata. Selain penggunaan gaya bahasa Inggris (American English dan British English), Butir soal pada ujian TOEFL hampir seluruhnya berbentuk pilihan ganda, sedangkan IELTS mengharuskan anda merespons berbagai jenis pertanyaan yang berbeda seperti jawaban singkat, rumpang dan membuat esai pendek. Durasi waktu untuk IELTS lebih pendek yaitu selama kurang lebih tiga jam sementara pada ujian TOEFL, memakan waktu empat jam untuk menyelesaikannya.

Seperti disebutkan sebelumnya, IELTS dan TOEFL sama- sama diujikan untuk mengukur kecakapan bahasa Inggris. Kedua tes tersebut, sama- sama mengujikan empat keterampilan yaitu listening, reading, speaking dan writing.

#Listening
Pada ujian Listening, anda akan  mendengarkan monolog atau percakapan dengan topik tertentu kemudian menjawab serangkaian pertanyaan pilihan ganda setelahnya. Durasi waktu TOEFL adalah antara 40-60 menit. Sedangkan dalam bagian ujian listening IELTS, anda dapat menjawab pertanyaan saat  rekaman sedang didengarkan. Durasi tergantung pada panjang dan jenis pertanyaan yang didengarkan.

#Reading
Dalam ujian bagian reading, TOEFL terdiri dari tiga sampai lima bagian bacaan dengan durasi masing- masing selama 20 menit. Pemahaman yang baik akan konten atau isi dari bacaan dan pertanyaan menjadi hal yang utama menyelesaikan sesi reading ini. Sementara pada bagian reading ujian IELTS, ada tiga bagian dengan durasi masing- masing 20 menit juga. Pertanyaan dirancang untuk menguji seberapa baik pemahaman teks baik dalam penggunaan bahasa dan gagasan.

# Speaking
Pada ujian speaking TOEFL, Anda akan menjawab enam pertanyaan melalui mikrofon yang direkam dan kemudian dikirim ke kelompok yang terdiri dari enam pengulas sementara pada ujian IELTS dilakukan secara tatap muka dengan pemeriksa. Durasi ujian speaking pada TOEFL akan memakan waktu sekitar 20 menit dan berlangsung pada hari yang sama dengan ujian lainnya. Sedangkan durasi ujian IELTS akan memakan waktu antara 11-14 menit dan pelaksanaan ujian yang lain mungkin saja terpisah pada hari yang lainnya.

#Writing
Dalam ujian bagian writing, TOEFL mengharuskan anda menyelesaikan dua bagian. Pertama, anda membuat esai lima paragraf antara 300-350 kata. Kedua, Anda perlu membuat catatan dari bagian teks dan kutipan ceramah tentang topik yang sama, dan menggunakannya untuk menyusun respon yang terdiri dari 150-225 kata. Ujian writing pada IELTS juga memiliki dua bagian, yang pertama meringkas atau menjelaskan informasi yang disajikan dalam grafik, tabel atau diagram. Kedua,  anda harus menulis 200-250 kata respon yang menyatakan sudut pandang dan argumen tertentu.

Penskoran
IELTS dinilai dalam rentang 1-9, dengan keseluruhan skor anda menjadi rata-rata skor di keempat tes yaitu listening, reading, writing dan speaking. Sedangkan pada TOEFL, total skor adalah 120.

Nah, demikian perbedaan antara TOEFL dan IELTS, untuk informasi yang lebih jelas mengenai pendaftaran, biaya, tata cara ujian, dan sebagainya, anda bisa mencari tahu detailnya ke alamat website resmi mereka masing- masing.

Semoga bermanfaat.
Salam.

Sumber Referensi :
https://www.hotcoursesabroad.com/study-abroad-info/applying-to-university/ielts-toefl-differences/

Sumber Gambar :
https://www.studentuniverse.com/blog/study-abroad/why-studying-abroad-will-help-your-career