Wednesday, March 28, 2018

Inilah Web Tool untuk Membantu Membuat Majalah atau Koran Digital Kelas Menjadi Lebih Menarik dan Profesional

Salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan saat ini adalah pada rendahnya minat baca siswa. Rendahnya minat baca secara tidak langsung akan menempatkan Indonesia terpuruk dalam pendidikan dan pengetahuan. Pemerintah pun tidak hanya diam saja, yaitu salah satunya dengan gencar menggalakkan program literasi yang dimasukkan ke dalam pembelajaran di sekolah- sekolah dalam semua tingkatan. 

Program literasi di sekolah  tidak hanya dimaknai sebagai aktifitas membaca sebelum pelajaran yang hanya berlangsung beberapa menit saja, akan tetapi lebih ke menumbuhkan minat siswa untuk membaca sumber bacaan selain mata pelajaran dalam waktu senggang atau dimanapun. Hal ini bisa disebut langkah awal untuk mengakomodir keterampilan berbahasa lainnya seperti menulis. Dalam mengasah keterampilan menulis, salah satu media yang berkembang saat ini khususnya dilingkungan sekolah adalah adanya majalah atau koran sekolah yang diterbitkan secara berkala. Era digital pun menyambut, majalah atau koran sekolah sudah mulai berubah dalam format digital. 

Pembuatan majalah atau surat kabar digital tidak hanya dikhususkan untuk pembelajaran bahasa saja, tetapi subjek lain dapat memanfaatkannya untuk menjelaskan konsep- konsep yang diajarkan melalui artikel yang relevan. Guru meminta siswa bekerja bersama dan berkolaborasi dalam proyek bersama melalui majalah atau koran kelas mereka. Sebagai contoh dalam penentuan tema atau topik yang akan dibahas di majalah atau koran kelas. Selain itu guru dapat menyertakan siswa dalam pengambilan keputusan dan memilih topik yang ingin mereka tulis. 

Selain konten, ada hal lain yang diperhatikan dalam majalah atau koran digital yaitu memiliki tampilan yang menarik agar enak dan mudah dibaca. Penggunaan template menjadi hal yang utama untuk menunjang hal tersebut. Dengan desain yang bagus dan profesional akan lebih menarik minat siswa lain untuk membaca majalah atau koran digital yang dibuat.

Nah, Berkaitan dengan hal tersebut berikut ini dua web tool yang membantu membuat majalah atau koran digital kelas anda menjadi lebih menarik dan profesional. 

1. LucidPress

Lucidpress merupakan tool untuk merancang berbagai kreasi digital yang mencakup surat kabar, selebaran, brosur, buletin dan banyak lagi. Lucidpress memungkinkan anda dapat mengintegrasikan berbagai jenis materi multimedia termasuk gambar, video, dan teks langsung dari Google Drive, Dropbox, Flickr, dan YouTube. Selain ittu terdapat fitur kolaborasi yang mendukung beberapa siswa bekerja dalam saat yang sama di tempat yang berbeda dengan cara berinteraksi dengan kolaborator melalui obrolan dan komentar. hal tersebut akan mempermudah dalam pengeditan naskah.  Saat selesai, anda tinggal mempublikasikannya secara online melalui tautan yang dibuat atau mengunduhnya untuk dicetak dalam format PNG, JPG, atau PDF. 

2. Canva
Selain template yang disediakan oleh Lucidpress diatas, saat kita membutuhkan fitur -fitur desain untuk mempercantik tampilan majalah atau koran digital, Canva adalah pilihan yang tepat. Canva merupakan opsi gratis dan mudah untuk pembuatan desain grafis selain aplikasi berbayar seperti CorelDraw. Canva menyediakan berbagai tools atau alat editing untuk membuat berbagai macam grafis seperti poster, flyer, infografis, banner, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga alat editing untuk foto, diantaranya ada photo editor, photo filters, photo frame, stickers, icon dan desain grid. Cukup mudah penggunaannya sekalipun oleh pemula. Jangan lupa buatlah akun lebih dulu untuk memulainya.