Thursday, March 22, 2018

Web Tool ini Perlu Dicoba untuk Diterapkan di Kelas Kolaboratif Anda

Membahas kelas kolaboratif memang tidak ada habisnya. Setelah pada posting sebelumnya saya mengulas mengenai web tool untuk kelas kolaboratif khusus untuk Matematika, ada satu lagi tool yang menarik untuk mengakomodir kelas kolaboratif anda. Tool ini bersifat gratis dan tanpa memerlukan pendaftaran atau sign up  untuk menggunakannya. 
sumber gambar : https://pixabay.com

Kita bisa menggunakan Witeboard. Witeboard merupakan papan tulis virtual yang dapat anda pergunakan untuk berkolaborasi dengan siswa anda dalam kelas. Keunggulan dari tool ini adalah kolaborasi baik guru dengan siswa atau siswa dengan siswa lainnya secara real time, gratis dan tanpa melakukan pendaftaran atau sign up. Selain itu tool ini juga tersedia di desktop, tablet, dan ponsel cerdas. Oleh karenanya tidaklah mengherankan bila tool ini begitu populer untuk digunakan.

Sebagai guru kita dapat menugaskan siswa dalam kelompok dan mereka dapat menggunakan alat ini untuk berkolaborasi satu sama lain di proyek-proyek kelas. Mereka dapat melihat kontribusi satu sama lain. 

Sistem kerja dari Witeboard relatif sederhana dan mudah. Sekilas saat anda membuka website-nya, akan muncul tampilan menyerupai kanvas atau papan tulis putih (whiteboard). Dari sini anda bisa mulai menulis, menggambar, atau membuat sketsa. Selain itu dalam kanvas tersebut anda akan menemukan alat-alat seperti pensil, teks, penghapus, dan warna sesuai dengan kebutuhan anda. 

Witeboard juga menawarkan fitur lain seperti deteksi bentuk dan juga plugin Slack. Anda cukup menge-klik tombol bagikan di sudut kanan atas dan membagikan tautan dengan kolaborator Anda setelah tulisan, sketsa, dan gambar anda siap. 

Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba.